Mata Air

2,352 Views
#Mataair 1. Seorang anak muda naik bus… Dia lupa bawa duit. Tapi dia ga sadar, sampe kenek nyamperin 1-1, dan sampe ke bangku dia duduk…

#mataair 2. Ketika kenek minta uang sama dia, baru dia tahu dia ga bawa duit. Dengan muka ga enak, anak muda ini bilang, “Ya Allah, maaf…

#mataair 3. “Ya Allah, maaf ya Bang… Saya lupa bawa duit…” Katanya. Sambil tangan stil mereksa kantong. Kali2 aja ada duit…

#mataair 4. Kenek udah sebel… “Hmmm… Pura2 dah. Kebiasaan… Pake nyebut2 nama Allah… Bilang aja kalo bokek…”. “Bener Bang…”

#mataair 5. “Iye… Bener bo-ong Luh…”, samber si kenek sebel… Saat itu, ada bapak di belakang yg nepak bahu si anak muda itu…

#mataair 6. “Ketinggalan duit ya De…???” Dijawab sama anak muda ini… “Iya Pak…” Bapak ini ngomong lagi, “Sama…”, he he he…

#mataair 7. Anak muda ini mesem, “Ah Bapak… Tepukannya udah nyenengin…”, katanya sambil mesem. Kenek tambah kesel… Hhhh ada lagi…

#mataair 8. Si Bapak ini gantian mesem. “Saya bercanda…” Sejurus kemudian, dia merogoh kantong. 100rb-an keluar dari kantongnya…

#mataair 9. “Nih, buat bayar saya dan dia,” kata si bapak itu sama ni kenek. “Kembaliannya, buat pak kenek sama anak muda ini, bagi dua…”.

#mataair 10. Anak muda ini kegirangan, makasih Pak. Makasih Pak. Tidak ketinggalan si kenek juga girang bener. Makasih Pak.

#mataair 11. Sekarang kita belajar tentang mata air. Mata air di balik anak muda dan kenek ini. Jreng jreng jreng… Iklan dulu… Hu hu hu

#mataair 12. Tentu saja cerita di atas adalah rekaan. Anda ga usah berkernyit. Ini namanya story-telling. Ada yg berdasar pd real-stories.

#mataair 13. Atau berdasar cerita rekaan kayak anak muda, kenek, sama bapak ini. Namun ini adlh kejadian sehari2 saudara semua. Crita kita2.

#mataair 14. Saya memakai kisah ini u/ mengisahkan ttg mata air kehidupan sdr2 semua. Gini ya. Kita2 ini suka muncul sombongnya, “aku nya”.

#mataair 15. Bhw keberhasilan, kesaksesan, kejayaan, kemenangan, sebab diri kita. Ga ada tuh orang lain. Apalagi Allah

#mataair 16. Seperti anak muda dan kenek ini. Darimana berkah yg didapat sama dia berdua? Dpt sisa kembalian 100rb yg
dibagi dua?

#mataair 17. Kalau saya mau memberi bobot lebih kisah ini misalnya, saya katakan, bhw 2-2nya bukan ahli shalat. Kacau dah ibadahnya.

#mataair 18. Tapi dlm keadaan bgitu sj, dia ber-2 msh dpt berkah, msh dpt kenikmatan hidup. Trnyata mmang ada orang lain, di luar dia ber-2.

#mataair 19. Anak muda ini “nyimpen” seorang ibu yg snantiasa mendoakan dia. Sdg kan si kenek ini menyimpan istri yg jg mendoakan.

#mataair 20. Ngomong pedesnya mah, sebab ga ada ibadahnya, maka Allah sejatinya “ga ngitung” si anak muda ini, dan si kenek ini.

#mataair 21. Tapi sebab ada orang istimewa di belakang mereka berdua, Allah msh ksh pertolongan. Nah, sebab itu lah
kita ga boleh sombong…

#mataair 22. &Sbb itu pula qt kudu berbagi, kudu bersedekah. Agar air yg qt dpt dari mata air yg hanya Allah yg tau, bs dinikmati yg lain.

#mataair 23. Dlm konsep SpiritualCompany, SpiritualBisnis, yg sbntr lg akan dilaunch sama sy, mas sandiaga uno, masmono, masjoddie, ismal,

#mataair 24. Mas Hendy, Mas Bedi, Mas Robert, dkk pengusaha, a/ Izin Allah, senantiasa menekankan, bhw bs jd sbb doa orang2 di bwh lah,

#mataair 25. Sabab doa staff di bawah, perusahaan jd jln. Atau malah, sbb doa istri2nya staff, anak2 atau orang2 tua mereka.

#mataair 26. Kita coba menafikan peran kita sendiri. Bkn u/ melemahkan. Melainkan u/ mnjg jgn sampe jatuh kpd sombong, takabbur, lupa diri.

#mataair 27. Dan tentu saja, The Great Mata Air, selain orang tua, mertua, suami/istri (baca: keluarga), adalah Allah dan Rasul-Nya…

#mataair 28. Bisa apa kita kalau ga ada Allah? Bisa apa pula kita kalau tidak Allah utus Rasul-Nya u/ mengingatkan kita akan Allah..

#mataair 29. Karena itu, ibadah adalah sesuatu yang juga mutlak dilakukan. Ini contoh nih ya. Kita bisa tidur, sebab siapa?

#mataair 30. Panjang tuh mata rantai mata air sampe kita bisa tidur… Ada peran tukang kasur, ada peran tukang ini tukang itu. Panjang dah.

#mataair 31. Maka sudahkah qt brdoa buat mrk yg brperan u/ qt bs tidur? Qt hadiahkan doa u/ mereka. Rasanya, ga ya? Trmasuk saya. Hmmm…

#mataair 32. Saya juga bljr loh ketika ngajar. Ya, saya coba akan doakan mereka2 yg ada di balik smua nikmat.

#mataair 33. Dan tentu saja, Allah ada di balik tidur kita banget2… Namun siapakah juga yang dilupakan…? DIA juga.
Allah ikut dilupakan.

#mataair 34. Saking enaknya tidur, maka ktika Raja Dunia, yakni Allah, turun ke langit dunia, &lsg ke kamar qt, qt asyik dg tidur qt!!!

#mataair 35. Bangun shubuh pun kesiangan… Lihat… Siapa yg dilupakan? Allah. Tidur qt trnyt qt bs brsyukur dg shalat shubuh di masjid.

#mataair 36. Parah kan? Nanti kalau kita dibiarkan tidur tanpa bisa bangun lagi, baru deh nyesel… Kenapa begini kenapa begitu…

#mataair 37. Duh duh duh… Poko’e puanjang deh. Saya brharap, kulwtit ini hanya permulaan saja. Silahkan merenung sendiri ya… Silahkan…

#mataair 38. Saya ngultwit, sambil mereksa CD Murottal Juz 30. Mau? Buat mendampingi situ&anak2 menghafal Juz 30. Smua a/ izin Allah.

#mataair 39. Tar kalo udah siap, saya broadcast via twitter siapa yg mo jadi agennya…. Hhhmmm si mansur neh… Jualan teruuuusss… He he.

#mataair 40. Sorry ya. Saya bukan cuma jualan. Tapi ngajak situ2 juga jualin juga, hua ha ha ha ha… Ga apa2 lagi. Kita ini kudu dagang…

#mataair 41. Dan kemudian keuntungan dagang itu dikembalikan kepada alam ini, kepada sekitar, dan buat Allah dan Rasul-Nya. Sedddaaappp…

#mataair 42. Oke deh. Tar yg versi lengkapnya, di www.kuliah-online.com. Ikut dah tuh. Ikutan jd mahasiswa saya. Alllaaaaahhhhh.. Jualan lg.

#mataair 43. Iya iya. Saya ga malu koq. Saya jualan ayam kayak @masmono08 kayak masjoddie waroeng steak&shake. Saya jualan ini itu.

#mataair 44. Mending jualan, daripada pake TARIF. Berlindung di balik manajemen. Ga lah. Mending saya dagang. Hidup dagang…!!! He he he.

#mataair 45. Sebelom melebar jd kultwit #dagang, sy pamit dulu yaaa… Baca al Mulk sblm tdr ya, istighfar, niat tahajjud, &doa u/ yg lain.

#mataair 46. Ya Allah, dg kaki yg mana aku hrs menuju kpd-Mu? Apkh dg kaki yg sll brjln menuju kemurkaan-Mu & lari dari rahmat-Mu…

#mataair 47. Ya Allah, dg mata apa aku hrs memandang-Mu? Apkh dg mataku yg sring menikmati apa yg haram&tak Kau sukai? Atau…? Ah…

#mataair 48. Ya Allah dg mulut apa aku hrs brmunajat kpd-Mu? Apkh dg mulut yg senantiasa brzikir, snantiasa brkata baik, brkata benar. Atau?

#mataair 49. Ya Allah… Makin kutulis, makin terkuliti diri ini… Ampuni diriku&sahabat2ku semua, brikut keluarga&anak2 keturunan kami.

#mataair 50. Ampuni kami ya Allah, sebelom tidurnya kami. Bukakanlah rizki yg halal, yg bukan meminta kpd manusia, tp lwt perniagaan yg hll.

#mataair 51. Dan jadikanlah pekerjaan dan usaha kami sbg ibadah kami kpd-Mu. Rabb… Izinkan kami menukar mataair dg airtahajjud&airshubuh..

#mataair 52. Walaupun kami tahu, ga bakal pernah tertukar dan tertebus… Rabb…


Article written by

5 Responses

  1. mahfudz hilman
    mahfudz hilman June 19, 2012 at 1:15 pm | | Reply

    Asyik banget pembhasan ust.ym

  2. Muhammad yusuf al mansur
    Muhammad yusuf al mansur March 4, 2013 at 7:56 am | | Reply

    YA ALLAH, LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH, tiada daya dan kekuatan melainkan kekuatan Mu YA ALLAH, maka kami memohon jadikanlah kami orang-orang yang selalu bergantung hanya pada Mu YA ALLAH. amin

  3. Theraskin
    Theraskin June 16, 2014 at 6:48 am | | Reply

    subhanallah… inspirasi yang luar biasa ust,……. jadi berfikir siapa diri ini jika tanpa Rabb semesta alam,,,,,, aku bukan lah apa2 dan siapa2, ya allah amuni segala khilaf dan salah ku………….

  4. Cream HN Original
    Cream HN Original June 20, 2014 at 6:46 am | | Reply

    Kisah yang luar biasa,, dan dapat diambil pelajarannya,,, menyadarkan diri ini untuk tidak sombong berjalan di muka bumi ini dan harus senantiasa saling mencintai terhadap sesama muslim agar Allah pun cinta kepada kita…

  5. Guru Les Privat
    Guru Les Privat July 8, 2014 at 4:35 am | | Reply

    subhanallah cerita yang bisa membuat orang terinspirasi , terima kasih ustad

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like