Yusuf Mansur

Menjaga Aqidah

aqidah

Menjaga Aqidah via www.afiyah.com

 

Persoalan jangan ngucapin selamat Natal, asli. Ini soal akidah. Kawan-kawan jangan anggap enteng. Juga tentang pemakaian atribut-atribut Natal. Beberapa ulama yang hati-hati, malah menghukumnya bukan haram, tapi sudah jatuh kepada kafir. Nah, untuk yang masih debatable, bukannya sebaiknya kita hindari?

Orang Kristiani, Budha, Hindu, dan lain-lain adalah kawan kita, saudara kita, yang mereka pun ga akan disebut tidak toleran, gara-gara ga ikut shalat Jum’at.

Kenapa? sebab udah jelas bedanya. Dan oke-oke aja. Oke banget jika kawan-kawan yang beda agama, lalu ga ikutan shalat Jum’at dan ibadah-ibadah Islam lainnya.

Ketika apa? ketika mereka ga ngucapin selamat hari raya Idul Fitri. Ya. Ketika mereka ga ngucapin selamat hari raya Idul Fitri, kan ya gapapa juga. Maka demikian pula kita. Itu tidak akan jatuh kepada merusak kerukunan umat beragama, gara-gara ga ngucapin dan ga pake atribut. Jika sebaliknya? Justru akan menyakiti dan menodai. Dalam jangka panjang, ga bagus untuk banyak hal.

Andai kawan-kawan adalah pimpinan perusahaan, jangan paksa mereka pake jilbab. Padahal mereka bukan muslimah. Apalagi kalo dia laki-laki, he he he. Jangan.

Tapi bila saudara pimpinan perusahaan, atau kawan dari kawan yang non muslim, boleh ga dakwah ke dia? Boleh banget. Dengan kesantunan dan etika. Dengan akhlak.

Baca selanjutnya.

Exit mobile version