Merdeka!

Merdeka

Pengibaran Bendera oleh Santri Tahfidz di Pesantren Darul Quran

Bismillahirrahmanirrahim …

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, jangan juga merasa kelewat merdeka jadi orang. Biar bagaimana kita ini masih menjadi hamba Allah. Slave of Allah, yang dalam bahasa arab disebut abdullah, hambanya Allah, budaknya Allah.

Kita punya mata, jangan kelewat bebas, karena ada Allah yang memiliki mata ini. Alhamdulillahnya ya … Allah sebagai our master, Allah sebagai kita punya majikan, Allah sebagai kita punya pimpinan, Allah sebagai kita punya penguasa, Allah sebagai Tuhan yang kita hambain, gak mentang-mentang dan sangat teramat baik. Allah tuh buaaanyak sekali memudahkan, meringankan dan memberi semua apa yang kita butuhkan dan kita perlukan. Tidak sama dalam posisi antara majikan dan budak, di kehidupan manusia pada umumnya. Tidak sama dengan urusan pemimpin dan bawahan, atasan dan bawahan di kehidupan manusia pada umumnya. Beda … sangat beda …

Allah memenuhi betul kehidupan kita dengan segala fasilitas yang membuat kita bisa hidup, dan memberi pilihan buat kita, hidup sebagai orang-orang yang terhormat, atau hidup sebagai orang-orang yang mulia. Kita juga bisa milih hidup sebagai orang-orang yang hina … dan, tetap bisa makan juga. Kita bisa memilih jalan hidup menjadi orang-orang yang susah, karena nafsu kita, karena syahwat kita, karena pikiran pendek kita, karena pikiran kotor kita, karena tindakan dan laku kita yang salah dan akhirnya bukan cuma susah di kita sendiri tapi juga jadi kesusahan orang banyak. Sudah begitupun, Allah masih menyediakan dirinya menjadi Tuhan yang Maha Pengampun. Allah buka pintu ampunnya selebar-lebar mungkin. Ampunannya lebih besar, maafnya lebih banyak, daripada segala maksiat dan dosa manusia.

Seperti yang saya bilang tadi … punya mata jangan kelewat kemudian kita bebas, ngerasa kitalah pemilik mata kita, sehingga kita merasa, yaudah mata mata punya gue ini. Gue mau liat apa kek, gak bener kayak gitu …

Jangan kelewat bebas kita punya telinga, merasa telinga ini punya kita karena nempel di badan kite. Jangankan telinganya, badannya aja bukan punya kite. Gak ada kemerdekaan yang sebener-benernya merdeka dalam pengartian bebas, sehingga akhirnya yang terjadi bukan hak asasi manusia, tapi, pengen bebas gitu … pengen gamau diatur. Freedomnya bener-bener freedom total … gak ada control sama sekali …

Ustadz2Ingat, agama adalah Panglima. Kita jadiin Quran sebagai panglima, sebagai imam. Hati yang baik kita jadikan juga panglima, sebagai imam. Sehingga akhirnya kebebasan yang Allah berikan, untuk kita memilih freedom tidak membahayakan kita.

Kita punya kaki, kita mesti inget siapa yang ngasih, apa iya, karena kita bisa ke kanan dan ke kiri melangkahkan kaki ke depan dan ke belakang lalu kita seenak-enaknya, jangan datang ke tempat yang Allah gak ridha. Kita punya tangan punya siapa emang. Sehingga kita boleh mengambil barang siapa saja yang menjadi milik orang lain dan bukan milik kita karena kita bisa menggerakkan tangan ini.

Kalau Allah bikin mati kita punya syaraf, Allah shutdown kita punya otak … Wah wah, wassalam … bukan cuma lumpuh, tapi kita udah kayak gedebung pisang. Gedebung pisang masih bisa berguna kali, kalau kita nyusahin orang sekitar.

Selamat hari kemerdekaan negeriku  … ingatlah Allah Penguasa Alam pemilik negeri ini. Yuk kita syukuri, jangan kemudian ga di syukuri. Terutama buat kaum muslimin, sebelum akhirnya kita teriak-teriak masjid banyak digusur, karena kekalahan kita baik di dunia politik, maupun di dunia ekonomi, ya kan bisa aja. Masjid di gusur, karena orang sekampungnya di bedol, di pindahin, ya mesjidnya di gusur lah.

Nah sebelum masjid pada di gusur …. gimana kita mensyukuri kemerdekaan ini? Ya jalan lah ke masjid, sebelum kemudian kita jalan ke masjid di tembak-tembakin. Berpuasalah, sebelum puasa itu di larang. Baca quran lah, sebelum baca quran yang pake speaker itu dilarang. Sebelum jika kita merayakan hari raya islam dipersulit. Bersyukurlah, kalau kita gak mensyukuri itu semua nanti ketika kita bener-bener dipersulit, kita marah-marah sendiri.

Semoga Allah SWT memberikan kita kemerdekaan, kemerdekaan yang Allah ridhoi.

InsyaAllah kita masih berbicara tentang kompetensi. Meningkatkan syukur adalah salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi. 

Jazakumullahu ahsanul jaza, saling doa mendoakan dan Insya Allah mudah-mudahan Allah SWT memberikan peluang banyak buat negeri kita, Insya Allah berjaya bukan cuma di tingkat lokal di dalam negeri sendiri, tapi di tingkat dunia internasional. Ramalan Price Waterhouse Coopers (PWC) bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan peringkat ekonomi ke-7 besar dunia di tahun 2030 rasanya kelamaan. Kelamaan kalau memang kita menjadi negeri yang penduduknya beriman dan bersyukur. Kita jangan terpancing juga dengan provokasi – provokasi yang dilakukan oleh orang-orang yang menghendaki perpecahan lalu menjadikan kita anarkis. Kita sebaiknya kuatin betul internal kita, kita banyakin istighfar, kita banyakin aja doa kepada Allah SWT sambil meningkatkan kompetensi yang saat ini sedang dibicarakan di RegularTwit, di website www.yusufmansur.com.

Salam,

Yusuf Mansur

 

You may also like...

17 Responses

  1. Alhamdulillah Ustadz,,semoga kita semua tetap bersyukur dan menikmati anugerah yang Allah berikan…Dan semoga gak semena2 juga memperlakukan badan2 kita ini ke arah yang Allah tidak ridho…
    Doain saya ya tadz,,doain kami juga ya tadz Mitra PayTren, doain juga umat ini ya tadz…Semoga hidup ini semakin berkah untuk kita semua. Amin…

    Salam dari saya Mitra PayTren..
    (Buat teman-teman yang belum tau tentang paytren bisa klik nama saya)
    Semoga bermanfaat.amin..

  2. alindamay says:

    Aamiin.
    Insyaalloh ustadz.

  3. Ratna Ayu says:

    Subhanalloh, betul ustadz kita hrs mengisi. Kemerdekaan ini dngn hal baik. Alhamdulillah mulai istiqomah menjalankan nasihat2 ustadz… sehat sll ustadz

  4. Adnan says:

    Amin.Amin.Amin Ustadz….
    Semoga tetap Istiqomah,,doain kami semua ya tadz….
    Kami pun Insya Allah akan slalu mendoakan Ustadz, Umat ini, SYM, Mitra2 PayTren, dll…Semoga Allah selalu memberikan keberkahan untuk kita semua.Amin ya Rabb

  5. Wiwin says:

    Subhanallah… Ngena banget, Ustadz. Ga seharusnya kita memahami kemerdekaan sebagai kebebasan yg sebebas-bebasnya. Biar gimanapun, kita milik Allah. Punya batasan dan aturan yg mesti ditaati. Kemerdekaan yg diridho’i.

  6. Sonny says:

    Inshaalloh ustadz, kita tetep berusaha menghargai ke-merdeka-an karena Alloh, saat kuliah subuh tadi ada yang nyampein apa arti “17” dan memang bener juga a kalo ada tiga “17” yang berkaitan dengan kemerdekaan kita yaitu sbb;
    – 17 Agustus dimana hari kemerdekaan Indonesia,
    – 17 Ramadhan dimana hari Nuzulul Quran (turun-nya panglima).
    – 17 Rakaat dimana ini yang harus selalu gak boleh kelewat kalo kita mau merdeka bersama Alloh.
    dan satu lagi jangan lupa untuk kita nantikan episode RTHYM ke-014……

  7. satria dewi says:

    Aamiin

    Merdeka di jalan Allah

  8. tatyajee says:

    Aamiin
    Insyaa Allah sllu d ridhoi Allah

  9. noeraini says:

    Sesungguhnya manusia penuh kehilafan . Makasih banget buat ustad yang udh banyak kasih pencerahan ga di kuliahonline ga di web ini dan di media lain. Semoga kita semua tetap merdeka di jalan allah aminn

  10. Budi Supriatna says:

    MERDEKA !!!

  11. merdekaa ustad…
    ..

  12. ian says:

    Baca nya kayak merasa ustadz sedang ceramah di depan saya, terasa banget semangatnya

  13. zulfadri says:

    Ustad, sy mw nanya.
    Skrng ini kn bnyk org mengaku sebagai hamba Allah,
    Tp kn blm tntu allah mengakui kita sbgai hambanya,,,,
    Gmn tuh ustad????
    Agar Allah mengakui kita???
    Apa cukup hnya berbuat kebaikan???
    Tntu smua hrs ada ilmunya,
    Krna dg ilmu kita mudah. . .
    Trmksh ustad, barakallah

  14. iffah qoimatun says:

    selama kita senantiasa di jalan Allah itulah.kemerdekaan yg hakiki kita bebas merdeka dr segala rasa yg menjajah hati dan jiwa kita.

  15. Dikatama says:

    aamiin …
    insya allah ustadz . . .

    merdeka !!!

  16. suparmi says:

    Aamiin…
    Assalamu’alaikum saudara ku,

    Paytren itu bisa dipake buat Pemakaian Pribadi (isi pulsa utk sendiri dan orang rumah, bayar2 tagihan,dll)

    Bisa juga dipake buat mengembangkan bisnisnya dgn potensi income ratusan ribu sampai jutaan per hari..
    (referensikan paytren ke teman kerabat kita)

    atau bisa juga dua2nya dijalanin. utk pribadi sambil kembangin bisnisnya..

    Enak bgt deh jalanin Paytreenn.
    Ga perlu repot2 stok barang, gx da tutup poin, dll. bahkan sebetulnya kita bs Berbisnis sekaligus mencari ilmu..

    Ayoooo gabung PAYTREN..
    Info pendaftaran:
    http://www.leadersuksespaytren.com/VP29121
    WA/SMS : 08562882676

    Pesen ustadz YUSUF MANSUR:
    “Gabung aj dulu insyaAllah tau manfaat nya”

  17. tarto says:

    Assalamu allaikum
    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur.
    Inshaa Allah berkah.
    Info klik http://leadertreni.net/anita
    Wa.085777441410
    Hp.085777441410
    Bb.5972eee2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like