#MLM

89mlm-indonesia#MLM 1. Seorang penulis buku, menulis buku. Diterbitkan oleh penerbit. &dipasarkan melalui perdagangan yg dikenal umum: Toko Buku.

#MLM 2. Setelah buku itu diterbitkan, si penulis buku ini diberitahu, bhw bukunya sudah ada di toko2 buku. Utamanya di toko2 buku bsr.

#MLM 3. Maenlah dia ke toko bk bsr di kotanya. Apa daya, “sistem” toko bk, tdk mngenali pnulis buku. Ia hny mngenali pmbeli buku.

#MLM 4. Pmbeli yg “dikenali” pun, hny yg bnr2 beli, &byr. Yg hny liat2, apalagi yg buka2 plastik, malahan ditegor.

#MLM 5. Jika si toko buku tdk pny sistem Customer Service yg excellent, maka bnr2 hny pembeli yg beli buku, yg niscaya bkl diwongke.

#MLM 6. Diwongke tuh maksudnya, diorangkan. Disenyumi, diterimakasihi, dilayani.

#MLM 7. Si penulis melihat2 bukunya, membolak2in bukunya, senyumnya berkembang. Alhamdulillaah, buku saya terbit, katanya dlm hati.

#MLM 8. Seorang pelayan melihatnya. “Ga jadi beli Pak?” Kata pelayan itu, sambil berusaha senyum.

#MLM 9. Jawab si penulis, “Oh engga. Saya yg nulis koq malahan.” Jawaban si pelayan, “Ooooohhh… Bapak yang nulis…”.

#MLM 10. Segitu doang. Bnr2 segitu doang. Ga lebih. Ga ada tawaran teh manis bagi penulis buku. Sbg ungkapan trm ksh, sbb…

#MLM 11. … Sbb dg izin Allah, buku2 penulis lah yg mmbuat pelayan itu bs kerja, toko bs buka…

#MLM 12. Tp itulah… Ga dikenal si penulis itu, oleh sistem jual beli biasa. Aplg 1 toko yg mrs diperlukan, bukan dia yg diperlukan.

#MLM 13. Bruntung, alhamdulillaah, mayoritas penulis buku, ikhlas2. Mrk menulis u/ Allah. Dan menulis u/ menulis. Tdk brharap lbh.

#MLM 14. Episode berikutnya, seorang pembeli. Ini seorang pembeli. Bukan lagi penulis. Ini pembeli.

#MLM 15. Ada orang yg membeli buku si penulis tsb. Dan trnyata bagus. Dia senang bacanya. Bahkan dia referensikan kpd yg lain.

#MLM 16. Dia aja ketika beli, g dpt diskon. Kcuali “seadanya”. Aplg ktika “merefrensikan”. Tmbh g bkl dpt apa2 dari transaksi itu.

#MLM 17. Memang penulis dpt royalti. Tp itu dari penerbit. Dari percetakannya. Bukan dari toko buku.

#MLM 18. Semakin banyak yg trjual, akan semakin banyak royalti yg didapat. Tp ini ttp ga akan sebanding dg “pendapatan” toko buku.

#MLM 19. Penulis biasanya dapat royalti 5-10% dari harga buku kotor. Sdg toko buku, dpt 40-50%. Agen2 kecil bs dpt 20-30%.

#MLM 19. Suatu hari, ia bahkan bukan cuma mempromosikan. Tp mengajak kawannya ke toko buku besar. “Yuk, saya temenin beli buku saya…”

#MLM 20. Sampe di kasir, ia yg nemani, ga beli, berdiri sejajar dg kawannya yg pegang buku dan mau bayar. Posisinya, jelas bukan ngantri.

#MLM 21. Si penulis buku ini, yg mempromosikan, yg mereferensikan, bahkan nemani sampe ke kasir, malah ditegor kasir…

#MLM 22. Apa kata kasir? “Pak, ngantri ya, maaf.” He he he, disangkanya, nyelang. Padahal nemenin.

#MLM 23. Begitulah. Sistem toko biasa, seperti toko buku tdk mengenal “terima kasih”. Apalagi bagi2 bonus, buat yg merefrensikan.

#MLM 24. Beda dg MLM. Beda dg MultiLevelMarketing. Beda konsep&prinsip. Dibanding penjualan retail, yg kdg dikuasi grup bsr.

#MLM 25. Dan dunia retail pun, sdh terkuasai pula oleh segelintir grup besar saja. Pasar yg demikian banyak, besar, jd skdr pasar.

#MLM 26. Bukan pelaku. Tidak diajak ikut mencicipi. Seperti kasus penulis dan pembeli yg merefrensikan tadi.

#MLM 27. Sayang, bnyk MLM bodong. Yg memanfaatkan situasi&keadaan. Pdhl sesungguhnya ia MoneyGame. Gak lbh dari skdr penipu.

#MLM 28. Kalo bnr ia MLM murni, maka ia akan menguntungkan, menyejahterakan, memberi manfaat, di semua jenjangnya.

#MLM 29. Ga ada yg cuma jd korban.

#MLM 30. Bahkan, ketika membernya hanya member, ia akan mendapatkan banyak kemudahan mendapatkan produk.

#MLM 31. Dunia MLM banyak cacat dengan kehadiran MLM money game. Tanpa ikhtiar, tanpa kerja. Hanya rayuan belaka.

#MLM 32. Dari tweet contoh hari ini, andai buku tsb di-MLM-kan, maka kisahnya ga akan jadi begitu. Tp syaratnya, ya MLM yg bnr.

#MLM 33. Sbnrnya, MLM itu sederhana. Pay-out/rabat, yg diberikan ke toko buku tsb, misal 40-50% tadi, dijadikan sistem berjenjang.

#MLM 34. Skdr merefrensikan saja, aplg bs jd stokis, jd agen, maka ia akan dpt bahagian dari rabat yg tdnya “hny” didpt oleh 1 toko sj

#MLM 35. Tntu ada pro kontra. Dan itu ya wajar saja. Bukan saja awal Ramadhan, &Lebaran, he he he. Di bnyk hal, bnyk emang perbedaan.

#MLM 36. Krn itu, saya santai aja ketika memutuskan mendirikan, &mngembangkan MLM e-Miracle. Air Miracle. Air kesehatan.

#MLM 37. Ini bukan miracle yg selebaran loh ya. Itu mah penipuan. Ini saya produksi air kesehatan. Dg izin Allah, jd obat&mnjg kesehatan.

#MLM 38. Sistem penjualannya, saya bikin berjenjang, dg sistem MLM. Saya punya pandangan&dasar prinsip yg berbeda. It’s not a moneygame.

#MLM 39. Maka ketika pula saya munculin MLM lain, yg bergerak di bidang payment, yakni VSI, saya pun ttp pd pendirian saya.

#MLM 40. Skrng, dunia pembayaran2/payment, listrik, dll., dah keliatan, ditelen pula oleh grup retail besar. Ga kebagian dah kita mah.

#MLM 41. Blm lama, ada seorang ustadz cerita. Dia ngantri di loket kereta api. Bahkan di customer service. Ga dpt tiket.

#MLM 42. Disarankan u/ beli di salah 1 toko ritel. Eh, hanya bbrp menit, dapet. Lsg diprint. Luar biasa.

#MLM 43. VSI, MLM yg bergerak di bidang payment. Semua orang bs jd agen pembayaran. Hanya dg gadget yg dia pegang&punya.

#MLM 44. Keuntungan yg sy dpt, dari porsi persentasi yg didapat dari pembayaran2 tsb, itu yg saya MLM-kan. Jd pendapatan brjenjang.

#MLM 45. Baik e-Miracle, maupun VSI, bukan money game. Saya mencoba menjalankan MLM yg bnr, yg lurus, yg ga maen2&bercanda.

#MLM 46. Sekali lg, kwn2 boleh berbeda pendapat. Fastabiqul khairat saja.

#MLM 47. Hasil dari MLM e-Miracle, saya wakafkan 100%. Dan saya pengen, semua menikmati potensi jualan air&macam2 produk kesehatan nantinya.

#MLM 48. Saya malah berharap, air yg sdh dikuasai asing, bisa direbut kembali. Kalau besar, e-Miracle saya amanahin u/ take-over air asing.

#MLM 49. Balik lagi akhirnya soal niat, &proses. Niat bener, proses bener, kenapa engga? Bnr2, jgn ampe salah di niat&proses.

#MLM 50. Kl prl, kecap,garam,cabe/bumbu2,beras,sayur,buah, di-MLM-kan. Spy pasarnya ga dikuasai&dikendalikan segelintir orang.

#MLM 52. Kembali ke buku, sbg contoh awal produk. Ssungguhnya, penulis, brsm pmbaca, bs menikmati jg smua potensi ekonominya. Salam.

#MLM 51. Apalagi bisnis2 yg skrng ini telanjang diliat oleh mata, dikuasai bnr oleh segelintir sj. Bangsa Indonesia, jd pekerja saja.

#MLM 52. Tidak ikut menikmati potensi keuntungan, dan potensi ekonomi. Bahkan tdk jarang, dunia retail, nginjek2 supplier.

“@arie_mahardika: #MLM itu ada brg & omset. Kl pmbagian bonus cm dr uang p’daftaran angg: money game (Yap. Ini yg bikin cacat dunia #MLM).

#MLM 53. Bikin dah dari hulu ke hilirnya. Mulai dari proses tanam, hingga jual, #MLM punya. Allahu akbar dah kalo emang bnr jadi.

#MLM yg baik, ga akan nambah beban ke pembeli. Yg di-pay-out-kan, memang keuntungan yg wajar. Seperti contoh buku tadi, bila dijadikan #MLM.

Dunia #MLM juga, dunia silaturahim, belajar, mengajar, saling membesarkan. Bukan antara penjual&pembeli, yg kering tanpa ruh.

You may also like...

64 Responses

  1. imang says:

    MLM antara pro dan kontra,. selama ada produk dan harga yang wajar itu nda masalah,. cuma terkadang produk gak jelas, manfaat “samar”, jadilah dia money game,,walaupun dengan sales later yang mumpuni, mengklaim bahwa itu bukan money game dan sistem piramid,,salam..

  2. Yah yang namanya usaha ya harus berusaha, Di VSI juga Gitu…
    yah wajarlah kalau dia berusaha dia menuai hasil. VSI hanyalah Prasarana untuk memulai usaha untuk menambah penghasilan dengan cara berusaha juga. bukan berarti setelah gabung di VSI duduk manis dapet duit itu baru money game menurut saya. tapi kalau dia dapat duit karena usahanya untuk mencari downline dan berhasil maka yang diabayrkan VSI itu merupakan imbalan atas hasil usahanya.
    Kalau saya mah Percaya Sama orang yang amanah Insya Allah Ust kita orang yang amanah. VSI sebuah kendaraan untuk membantu kita biar bisa mengurangi dari himpitan ekonomi. lah kalau semua org indonesia bergabung di VSI dan makmur semua. Bangsa kita kan bisa jadi bangsa yang makmur juga karena rakyatnya makmur. terlebih dipimpin sama orang yang amanah. Salam

  3. Arif says:

    Mohon maaf sebelumnya ustad

    Saya baru join dg VSI, tp masih ada keraguan apakah ini nnt menjadi money game atau seperti apa.
    Disini salah satu nilai jual yang saya lihat adalah v-pay nya itu sendiri.
    Seandainya saya tidak berfikir untuk merekrut orang dan hanya ingin menggunakan untuk transaksi pribadi saya belum bisa melihat seperti apa faedahnya.
    Seandainya saya merekrut orang tanpa bisa menjadikan produk ini sebagai nilai jualnya sehingga nnt nya orang yang saya rekrut itu merasa dirugikan apakai itu nantinya tidak menjadi seperti sebuah money game. Hasil yang diperoleh hanya berdasarkan seberapa besar kemampuan merekrut orang lain, seperti bisnis MLM yang lainya.
    Seandainya seluruh org sudah join dengan VSI atau sudah tidak ada lagi yang bisa di rekrut, otomatis yang bisa di andalkan adalah produk v-pay nya itu.
    Apakah v-pay hanya sebagai alat pembayaran dr sebuah transaksi atau bisa memerikan faedah lainya?

    Mohon pencerahannya.
    4rifmulya@gmail.com

    • widha says:

      Bismillah, sy ingin ikut jawab sedikit ya akhi..
      Tidak mungkin di VSI itu ada merugikan membernya. Karena vsi tidak menjual barang2 konsumtif yg tidak diperlukan. Yang kudu tutup poin pula.
      VSI adalah pengalihan pembayaran yg pasti kita lakukan setiap bulannya.
      Kita jadi ndak bayar admin di PPOB, bank, dan isi pulsa dgn harga yg lebih murah daripada counter.

      Pada akhirnya nanti, seluruh member vsi akan bisa membeli ulang Indonesia. Akan memiliki saham dari aset bangsanya sendiri..

  4. saya sangat suka cerita nya, walaupun sederhana tapi inti nya kita ngerti

  5. amie says:

    assalamu’alaikum admin…sekedar masukan…utk yg bisnis #VSI bgmn jika tidak terlalu menitikberatkan di rekruitmen utk bonus yg besar,utk pembayaran via vpay juga dilebih besarkan…Krn byk kekhawatiran seseorang yg tdk bs merekrut/mengembangkan jaringannya merasa kecil hati/kecewa…mksh,wass

  6. amie says:

    Karena setelah saya join,justru sepertinya semua member berlomba2 saling sikut/rebut utk merekrut calon mitra krn bonus yg dijanjikan…Belum lagi utk upline terkesan meninggalkan gt saja, walaupun ada fasilitas manfaat lain yg bs digunakan utk jangka panjangnya…mksh admin

  7. Dono Santosa says:

    Konsepnya bagus, tujuannya bagus, sistemnya juga bagus…! Tapi sukar mengembangkannya, sukar merekrut orang utk jadi member karena kebanyakan orang Indonesia bawaannya curiga melulu, shg susah percaya dg hal-hal kayak gini…! mereka takut rugi dg kehilangan uang pendaftaran…!

    • Pardi says:

      MLM yg benar menitikberatkan pd produk, member hrs mengerjar omset untuk dpt uang banyak, bukan mengejar rekrut. Jika produk tdk lagi diperdulikan o/ member maka ada 2 kemungkinan.
      1. Bisnis ini bukan MLM tapi Money Game
      2. MLM yg dimanfaatkan o/ member untuk bisnis money game.

      Ciri MLM :
      1. Hanya memberikan bonus rekrut langsung sbg upah tlah melakukan promosi/peresentasi. Yg berhak hny 1 orang saja yg mereferensikan saja.
      2. Bonus2 lainnya dihitung dari omset penjualan produk. Disinilah masing2 MLM pny keunikan masing2 dlm membagi omset usahanya..

      • widha says:

        Maaf akhi,, di vsi kita justru menitik beratkan pada produk. Produk jasa yang mana kita bisa mengalihkan pembayaran setiap bulan yg pasti kita keluarkan. Listrik, pulsa.. dll bisa kita bayar sendiri tanpa kudu ke bank/ ppob/ counter.

        Ketika kita sdh merasakan manfaatnya, disitulah kita ingin mengajak orang lain utk ikut memanfaatkannya. Jadi ada nilai manfaat yg pasti dirasakan oleh masing2 member.

  8. momnaj says:

    maaf tad, dgn iming2 bonus 50rb, jika dpt merekrut anggota baru, kynya tlalu besar. jadinya stiap org akan tmotivasi merekrut anggota baru hanya karena bonus tsb. utk jasa paymen, pendaftaran 275rb, apakah tidak terlalu besar?

  9. Kang Aan says:

    Mohon bantuanya untuk bukti bahwa bisnis ini benar-benar Halal yg berbentuk sertifikat / semacamnya, agar mampu memberikan keyakinan bagi saudara muslim yg masih ragu2. jika ada mohon dishare / dikirimkan ke email saya, terima kasih

    Salam dari Team VSI Istimewa Jogja ” Orang Biasa Bisa ! ”
    Pin:22C5668
    Hp: 085228622777

  10. Ahmad sugita says:

    Asskm ust. Yusuf . . . .sy kpengen sembak0 j yg MLM kan . . .knp slma ni MLM tu pr0dakny bkan pr0dak biasa . .yg 0bat cm brp sachet j dhargain 150 rb . . . . .apakah tu hrga wajar . . ?

    • widha says:

      Maka dari itulah kenapa MLM diharamkan. Mereka menjual barang yang kadang2 juga tidak terlalu kita perlukan dengan harga yg sgt tidak wajar ( mahal banget ).

      Udah gitu, kudu tutup poin juga. Sehingga ‘memaksa’ kita utk keluar uang lagi.
      Beda dgn vsi, yang mana memang ini membayar keperluan kita sehari2 ( pulsa, listrik, dll ). Ga ada produk yg sia2 . Salam : )

  11. Asslmkm… izin share ustadz.

  12. Pardi says:

    Assalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh…

    Terlebih dahulu saya mohon maaf jika pesan saya ini kurang berkenan.

    Tidak ada niat apapun selain didasari atas kecintaan saya pada Ustadz dan dukungan sepenuhnya atas perjuangan Ustadz.

    Saya terpanggil untuk sedikit mengoreksi atau barangkali mempertanyakan sistem VSI. Terutama pd bonus pasangan.

    Berdasarkan pemahaman saya yg msh dangkal thd MLM, maka mhn maaf sekali lagi bahwa saya berpendapat bahwa bonus pasangan adalah sistem money game.

    Dlm sistem MLM (apalagi MLM Syariah) maka yg dihalalkan adalah hanya bonus rekrut dan bonus2 lain berdasarkan omset penjualan produk.

    Jika bonus2 lainnya sampai beberapa level didasarkan rekrut member baru itu sama saja memutar-mutar uang pendaftaran member. Dan itulah money game.
    Sederhananya, jika produk VSI dicabut, maka sistem msh bisa jalan. Terlihat bahwa produk hny tempelan semata sehingga money game seolah2 mlm..

    Saya yakin benar Ust. tdk bermaksud mendirikan money game, tapi barangkali kita perlu share agar kita sama2 terjaga dari perniagaan yg harom..

    Mohon maaf, saya merasa malu menyampaikan ini krn saya begitu awwam akan ilmu ini, namun jika Ustadz menanggapi ini positif, maka saya bersedia berdiskusi lebih lanjut akan hal ini. Namun jika pesan saya ini tidak berguna dan mengganggu, saya mohon maaf yg sebesar-besarnya.

    Terima kasih.. Wassalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

  13. Kang Edday says:

    memang sungguh luar biasa MLM, mengalir terus wush wush…….

  14. siti says:

    Ust afwan, gmana klo MLM itu yng pnya perusahaan luar (amerika,malays). Boleh gaa kita ikut gabung , klo gabung sma aja kembangkan mereka dong, boleh gaa si ust, produk’aa si bagus . Syukron ,,,,,

  15. kita harus merebut indonesia dari tangan orang-orang barat, jangan biarkan orang barat berkembang di negara kita..

  16. siti says:

    Berarti kita gaa boleh ikut mlm yng milik luar negri gtu, apa lagi mereka gaa Suka samaa muslim,

  17. Assalammualaikum Wr. Wb.
    Salam Buat Seluruh Mitra Vsi Indonesia, saya membaca beberapa komentar teman-teman dan sahabat network di atas, saya juga ingin sedikit berkomentar, Simple saja, Menurut Info yg saya ketahui, Vsi Ini adalah sarana untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yg tujuannya membeli kembali aset-aset indonesia yg di miliki oleh asing dan kaum kapitalis, coba pahami dulu visi dan misinya VSI. Saya hanyalah org awam dalam bisnis MLM, saya join Vsi itu karena saya ingin berpartisipasi dalam gerakan “Beli Ulang Indonesia”, Saya Ulangi Beli Ulang Indonesia, Bonus yg diberikan Vsi Itu adalah daya tarik untuk mempersatukan masyarakat Indonesia.

  18. Coba Baca Deh Ilustrasi Cerita di atas, atau tonton video” ustad yusuf mansur mengapa vsi ini didirikan, misal video softlaunching veritra network, atau seminar vsi wonosobo, search aja di youtube, insya allah di video pa ustad Yusuf Mansur tersebut ada alasan mengapa PT. Veritra Sentosa International didirikan.

  19. teti sumiati says:

    assalamualaikum pak ustad,
    gmn caranya sy ikutan vsi ini.
    wassalam, terimakasih

  20. almutsiria says:

    assalamu’alaikum…@ibu teti sumiati…jika berkenan utk gabung dengan saya member VSI VP5751692…bisa sms 08990876456, wass

  21. assalamu’alaikum, bagi anda yg ingin tahu lebih jauh ttg marketing plan VSi silahkan kunjungi http://facebook.com/ayobisnisvsi

  22. vsi-hebat says:

    Semua orang insya Allah beli pulsa dan bayar listrik dll.
    Saat bayar, keluar biaya admin, ongkos dll..
    Jumlahnya gak sedikit, Apalagi berlangsung seumur hidup.
    Jika dikalkulasi, jumlah biaya admin & ongkos, fantastis sekali untuk biaya hidup yang lainnya

    Kalangan perbankan, minimarket, perusahaan ritel & pelayan konvensional jasa pembayaran2 saat ini benar2 banyak.
    Mereka menawarkan kemudahan & hadiah2.

    PERTANYAANYA

    Kenapa mereka mau dijadikan tempat pembayaran kebutuhan kita sehari-hari???

    Karena mereka dapat FEE dari biaya admin yang kita keluarkan

    Coba saja kita bisa melihat peluang ini,
    Segala pengeluaran bisa menjadi sumber pendapatan kita seumur hidup,
    Yang tadinya cuma dinikmati oleh bank , perusahan ritel dll. Sekarang bisa jadi peluang utk anda.

    Sebab ada cashbacknya.
    Kita hanya menggunakan gadget / HP buat melakukan transaksinya.

    Sekalian jadi bisnis rumahan, atau kelasan, atau kampusan, bagi pelajar & mahasiswa.

    Setiap ada peluang, pelajari dulu, dengan hati adem, pikiran tenang.
    Sehingga gak ada su-udzonnya.

    Yang mau tahu lebih jelas tentang bisnis online VSI Ust. Yusuf Mansur
    klik http://www.vsi-hebat.com

  23. Ga Cho An says:

    Tidak ada yang salah dengan produknya, bahkan bagus jika digunakan untuk bisnis jual pulsa atau menjadi PPOB. Tapi sayang dalam marketing plan yang lebih ditekankan adalah bagaimana mendapat keuntungan dari merekrut anggota baru. Dengan iming-iming 50ribu per orang yang direkrut, ditambah dengan bonus pasangan, dan reward lainnya, maka berlombalah anggota untuk mendapat keuntungan dengan mencari “sedekah” (=merekrut) anggota baru.
    Jelas ini adalah skema piramida berkedok bisnis. Para anggota yang berada di sisi terbawah piramida memberikan “sedekah” bagi anggota di atasnya. Seperti halnya skema-skema piramida lainnya, jika telah mencapai titik jenuh, maka anggota yang yang berada di sisi bawah akan menderita kerugian demi memberi “sedekah” para uplinernya. Jumlah anggota yang rugi ini lebih banyak daripada mereka yang mengecap keuntungan……….
    Silahkan saja jika anda benar-benar ingin fokus berbisnis jual pulsa atau menjadi PPOB, tapi jika anda berfokus pada perekrutan, berarti keuntungan yang anda dapat adalah hasil dari pengumpulan “sedekah” para downliner………………

  24. Ga Cho An says:

    Episode berikutnya adalah tentang pemilik toko yang kurang laku penjualannya.
    Pemilik toko itu berpikir penjaga toko yang hanya menunggu pembeli sangat tidak efektif. Alangkah baiknya kalau karyawan toko ini yang aktif mencari pembeli, bukan hanya menunggu, istilahnya “jemput bola”.
    Karena itu si pemilik berkata pada pada karyawan nya, “Mulai sekarang, kamu akan saya jadikan mitra bisnis saya. Kamu cukup bayar 275ribu untuk ikut “memiliki” toko ini.”
    Tugas si karyawan yang sudah naik pangkat menjadi mitra bisnis, adalah aktif mencari calon pembeli. Jika si calon pembeli tertarik membeli buku, si mitra mendapat komisi seribu perak. Tapi kalau si calon pembeli tidak membeli buku pun, tapi tertarik jadi mitra bisnis dengan membayar 275 ribu, si mantan karyawan akan mendapat “komisi” 50ribu.
    Wah, ternyata “komisi” (dalam tanda petik) mencari mitra bisnis lebih besar dari komisi (tanpa tanda petik) jual buku.
    Karena itu lah si partner bisnis lebih giat mencari calon mitra bisnis baru daripada jualan buku.
    Demikian pula si mitra barunya, giat pula mencari mitra-mitra usaha lainnya.
    Mitra hasil rekrutannya disusun lapis per lapis (level) sehingga berbentuk model segitiga (atau bentuk PIRAMID).
    Apalagi ada banyak “komisi” lainnya yang dijanjikan si owner, dari hasil merekrut mitra usaha, apalagi kalau bentuk segitiganya seimbang antara sisi kiri dan kanan.
    Bahkan ada “komisi” berupa super car senilai 5 milyar, jika si mitra dan mitra-mitra dibawahnya berjumlah 2,5 juta orang di sisi kiri dan 2,5 juta orang.
    Sebagai referensi, jumlah penduduk kota Tangerang kurang dari 2 juta orang.
    Alhasih, toko buku itu berkembang besar, walaupun ternyata penjualan buku nya tetap rendah
    Karena jumlah penduduk kota (atau bahkan negara atau dunia) terbatas, pembentukan segitiga sampai pada tahap titik jenuh. Ternyata mitra-mitra usaha di lapisan paling dasar segitiga, kesulitan mencari mitra usaha baru.
    Dengan membayar 275ribu dan mendapat mimpi meraih supercar, mitra usaha itu mengais seribu perak demi seribu perak demi meraih mimpi yang mustahil diraihnya
    Dan ternyata mitra usaha di lapisan tersebut, yang gagal meraih mimpi, jumlah nya beribu kali lipat lebih banyak daripada mitra yang berhasil sukses.
    Mitra yang sukses harus mengorbankan banyak saudara dan rekan-rekannya………….

  25. semar says:

    Assalammualaikum Wr. Wb.
    apa benar MLM V-pay termasuk program dari pak ustad yusuf mansyur???
    verita PAY

  26. mifmsi says:

    Dear ustad n penggiat MLM,
    Sepertinya banyak yg menerka, menduga tentang money game dan MLM dg keterbatasan ilmu masing2 ibarat org buta mendefinisikan apa bentuk gajah. Nah ada wadah/badan resmi yg bisa menfilter dan standar definisi/kriteria MLM murni atau money game yaitu APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) dan APLI akan mengeluarkan ijin resmi bagi perusahaan MLm murni, bukan money game.

  27. tia says:

    assalamua’laikum, saya pingin mpelajari ttg vsi ini, apa y situs resmi vsi? soalny sya cari google ada banyak sekali. makasi banyak

  28. tia says:

    assalamu’alikum, sya sdh baca ttg vsi di situs klikvsi.com. dari yg saya tau, MLM itu halal asalkan sesuai syariat islam.
    1. untuk uang pendaftaran 275rb, sya blm paham apakah itu sepenuhnya masuk ke debit atau hanya untuk digantikan dengan buku.klo sndainya hany digantikan dg buku/produk hasbpro, sementara anggap saja seseorang itu tidak ingin membeli buku/produk tsb tapi hanya ingin jd member vsi, sya rasa itu jg pemaksaan.
    2. sya pernah baca bahwa MLM yg membernya (si A) mendapatkan bonus atas usaha downlinenya menjual produk/mencari anggota tanpa ada bimbingan dari upline (si A), itu tidak dibolehkan. kalau di vsi, saya ragu pd bonus pasangan itu. si A yg dapat downline 2 orang lalu berdiam diri. dari downlinenya mendapatkan downline lgi masing2 2 orang. dan setiap transaksi yg dilakukan downline si A, si A mendapatkan poin/bonus. mnrt sya itu sama dg yg sya katakan diatas karena si A tidak ada usaha terkait transaksi dan pencarian anggota baru yg dilakukan downline2 nya.
    jka sya salah memahami, mohon penjelasannya. makasi

  29. silviawati ahmad says:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Saya pengen gabung,tapi blm mengerti apa itu vsi,apa keuntungan yg akan sy dpt dan bgmn cra nya.??? Insyaallh mudah2an ini bkn langkah yg salah.

  30. brosyid says:

    sama aja dg moneygame….katanya syariah transfernya kok di bank konvensional riba….bisnis pulsa dll untungnya berapa????

    • citra says:

      husnudzon/ baik sangkalah, tujuan ustadz sangat baik untuk membeli kembali Indonesia, saya rasa bukan masalah ribanya, tp tidak semua orang punya rekening bank syari’ah, jd harus kerjasama dgn bank konvensional untuk memudahkan transaksi

  31. Fitri hendrani says:

    Saya mitra VSI per 31 des ’13. Saya minat masuk memang karna saya btuh produk vpay tsb.
    Saya hanya ingin mengutarakan keluh kesah saya soal VSI. Syukur alhamdulillah jika mendapat respon yg mencerahkan. Awal masuk VSI transaksi lancar. Tp lama ke lamaan jd lambat, no center terlalu bnyak. Ga efektif. Ga efisien,karna bnya no tp respon lambat.
    Sementara produk promo (habspro/buku,dsb) tak kunjung sampai.
    Malah menambah promo yang lain (ATM BRIS). sementara harga produk yg di tawarkan (pulsa) cenderung mahal,ya walaupun ada cashbak. Lum lagi soal perekrutan mitra lain,yg cenderung lbh cepat mengembalikan modal 275rb,daripada produk vpay sendiri.
    Lalu bagaimana jika saya hanya menjual produk vpay tp tidak menjual nama VSI sendiri? Apakah itu berarti modal saya tidak cepat kembali?

  32. Faidzal says:

    Assalamu’alaikum ustad mau saran ya
    Klo menurut sya ga usah ada paket2 nya lah, buat byar ini itu untuk sndri mah 1 member ja udah cukup. Jdi sudah mnyimpang dr fungsi vpay nya. trus tujuan dftar pket yg mhal bkan krena fungsi vpay nya itu tp mndekati money game atau income yg lbih besar. Dan itu hnya org klangan atas ja yg dftar pket yg mhal spaya untung nya lbih besar. Klo gtu sma ja yg kaya mkin kaya yg biasa jalan d tempat. Kan tujuan nya untuk org mnengah dan pdagang klontong. Terima kasih

  33. Asdy Ingbagio says:

    Hukum dari MLM itu haram, sialhkan buka disini http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/hukum-mlm.html didalamnya lengkap dengan dalil & alasannya, syukron.

  34. Muhammad says:

    maju terus………….sambil membenahii kekurangan yg ada

  35. Akhwan says:

    “Sesungguhnya yang halal itu jelas,
    dan yang haram itu jelas, tetapi ada di
    antara keduanya perkara-perkara yang
    samar (syubhat) yang kebanyakan
    manusia tidak mengetahuinya. Maka
    barangsiapa yang menjaga dirinya
    dari perkara yang syubhat itu maka ia
    telah membersihkan agama dan
    kehormatannya, dan barangsiapa yang
    melakukan perkara syubhat itu maka
    ia telah terjatuh dalam perkara yang
    haram, seperti penggembala di
    sekeliling tanah larangan (milik orang
    lain), yang lambat laun ia akan masuk
    juga ke dalamnya. Ingatlah, setiap raja
    itu memiliki larangan. Ingatlah bahwa
    larangan Allåh adalah apa-apa yang
    diharamkan-Nya. Ingatlah, bahwa
    dalam jasad itu ada segumpal daging,
    jika ia baik maka baiklah keseluruhan
    jasadnya, dan jika ia rusak maka
    rusak pula keseluruhan jasadnya.
    Segumpal daging itu adalah hati.”

    Bab Akhdzul Halal wa Tarkusy
    Syubuhat (XI/22-Syarah al-Nawawi).

  36. aba says:

    Bolehkah minta ID sponsor pak ustadz langsung, agar terjamin dan ingin ada di bawah downline pak ustadz di VSI, terimakasih

  37. Nofrizal says:

    assalamu’alaikum pak Ustad, mohon bantuannya bagaimana cara mendaftar langsung dari web resmi pak Ustad (klikvsi.com) karena saya sangat ragu mendaftar melalui web support.mohon bantuan dan penjelasannya karena formulir pendaftaran untuk calon mitra di situs resmi PT Veritra Sentosa Internasiona sudah tidak ada (linknya tidak bisa dibuka dengan alasan perbaikan,perbaikan atau monopoli sponsor dari web support) tolong diluruskan ya Pak Ustad. Terima kasih.

  38. Nofrizal says:

    saya mau bergabung dgn VSI karena kegunaan V-Pay nya,
    tapi klo untuk mencari anggota dan mejual produk pasti saya tidak mau bergabung.
    pak ustad klo ada anggota vsi yg kecewa apa kah itu jadi dosa,dan bagaimana klo banyak dari penduduk indonesia yg kecewa/merasa tertipu dgn vsi,dosa ngak pak ustad. berapa besar dosa yg harus pak ustad tanggung klo sampai ada sebagian yg kecewa dgn vsi. ini baru mencari dunia nya saja dan melupakan akhirat.

  39. tdk ada hukum yang melarang untuk berbisnis secara halal, kecuali mereka yang berbisnis secara bid’ah utk kesuksesannya…

    Mau ikut pelatihan membuat website support vsi secara instan dan mudah
    tdk bisa membuat dapat panduan dan belajar online/langsung dengan admin

    kunjungi http://www.rahasiabisnisweb.com

  40. Akhwan says:

    Fakta dilapangan banyak sponsor yang fokus mencari downline untuk mendapatkan bonus, sedangkan bonus dari penjualan produk tidak ada. Ketika permasalahan dengan transaksi saling lempar tanggung jawab. Mayoritas juga dalam pemasarannya tidak jarang berbohong agar dapat menarik anggota baru.
    Fatwa ulama-ulama mengharamkan MLM Money Game seperti yang saudara Asdy Ingbagio sampaikan melalui link di atas.
    Sungguh sudah banyak korban-korban MLM Money Game yang menyengsarakan umat Islam, dan masyarakat Indonesia pada umumnya dengan kedok penjualan produk dan investasi.
    Bagi anda yang sudah bergabung ataupun belum, silahkan menyimak diskusi di grup VSI WATCH ( https://m.facebook.com/groups/469486413162909 )
    Tujuan group ini untuk edukasi agar masyarakat awam tidak terjebak dalam MLM Money Game.

    Terima kasih.

  41. Bersama Kita Bisa..!!
    Pelajari detail menu marketing plan, Lihat video, dan segera bergabung bersama kami. Daftar Aktivasi/Upgrade member 275ribu (berlaku seumur hidup)
    klik menu daftar sekarang di:

    http://www.TeamWorkVSI.com

    Team yang membantu dalam mengembangkan jaringan mitra anda di Bisnis VSI. Team Work VSI..

  42. Ana says:

    Aduh . . . ustadz
    Sadar tad . . tad sadar
    Kumaha atuh

  43. saya says:

    kayaknya ini hanya sekedar moneygame sm sistem piramida kayak mlm lain. coba sj gabung dan jadi pengguna pribadi spt yg dijelaskan.
    sy dan teman sy pernah transfer utk ngisi deposit langsung dari atm. sy salah format kirim yg katanya harus ditambah 3 digit terakhir, sampe detik ini tidak ada solusi konkrit. teman sy sdh benar tp tetap ga masuk depositnya. blm lagi sistem trx yg sangat dodol. apa yg bisa diharapkan.
    sampai sy berpikiran kotor klo banyak orang yg nyetor 275rb dan setengahnya kabur krn buruknya pelayanan dll. lumayan kan duitx?.
    sadarlah yusuf mansur ???

  44. dewiif says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Maaf sebelumnya ustadz, sebenarnya saya sangat tertarik dengan ide membeli ulang Indonesia, tapi saya kurang setuju dengan bisnis MLM
    kenapa kita membeli ulang Indonesia tidak dengan cara seperti Patungan Usaha saja??

  45. Jono says:

    Buat yang mau gabung VSI, silahkan lihat fatwa-fatwa ulama yang disampaikan pada komentar diatas. Dan sangat jelas sistem di VSI termasuk dalam MLM yang diharamkan.
    Apakah karena seorang ustadz sebagai owner lalu menganggap dan menjadikannya “halal”. Sehingga para jamaah sedekah banyak yang ramai-ramai bergabung dan parahnya dengan cara-cara berbohong untuk merekrut member baru demi bonus dan bonus. Salah satu yang aktif mempromosikan adalah pemain money game VGMC yang berkedok investasi emas yang sekarang sudah SCAM. Silahkan anda cari nama Yopan Prihadi di google.
    Kepada saudara-saudaraku muslim harap jangan bertaqlid buta. Ustadz juga bisa salah, bisa khilaf.

    Belum lagi kekecewaan para member yang benar-benar ingin jualan pulsa harus kecewa karena harga mahal dan banyaknya masalah dengan transaksi serta deposit. Salah satunya anda bisa baca disini https://m.facebook.com/komunitasvsi/posts/492383237538710

    Wallahu’alam

    Terima kasih

  46. WD.Ciraq2 says:

    asal hukum mu’amalah kan halal,sampai mantap ditemukan dalil yang mengharamkan. fiqih tidak lahir dari ruang hampa, bukan hanya harus cermat menempatkan dalil, tapi harus cermat meneliti objek realita yang akan didalili tsb dengan detail dan adil dari tinjauan segala sisi. untuk adil harus tafshil (detil rinci), agar tak rancu maka harus rinci, dalam mensikapi segala hal. jgn gampang menggeneralisir. sementara ini dari sisi visi dan missi vsi untuk memberdayakan potensi ummat, membariskan daya bayar admin dan serpihan laba. yg saya pahami, selain pulsa, ya produk utama vsi memang JASA MEDIA TRANSAKSI VIRTUAL/TRX, berarti ketika merekrut member baru ya artinya ketika itu dia menjual produk jasa berupa vasilitas buat si member tersebut untuk dapat punya jalur aneka transakasi tanpa harus datang ke loket-loket yg makan beaya waktu, bensin, transport, administrasi dsb, dan sebagian labanya pun akan tumpah balik ke diri member sendiri (cashback). wallahu a’lam. semoga terus semakin terkoreksi terbenah dan membaik utk kebaikan kita semua. yg mau sharing bisa hub. wd.ciraq 081802357609. syukron

  47. dhian says:

    Assalammualaikum
    Bukan maksud untuk menjatuhkan. Saya muslim dan suka dg isi ceramah ustad Yusuf Mansyur, tetapi bukan fanatik kepada Ust. Dan untuk bisnis Ustad yang satu ini saya memiliki pendapat berbeda bahkan kaget, ketika ustad yang mengajarkan tentang sedekah menjalankan usaha yg “menurut saya” tidak pas untuk seorang muslim.
    Sy sendiri sudah jualan pulsa sejak lama, dan saya pernah juga ikut MLM. Klo di tempat saya ketika Anda deposit 100ribu dpt pulsa 100ribu, tidak perlu biaya pendaftaran spt di VSI (daftar 275ribu tdk dpt deposit pulsa).
    Keuntungan pulsa saat ini tidak seberapa (500 s.d 1000), meskipun harga beli di tempat saya lebih murah dari VSI.
    Saya sepakat dengan tulisan di web ini: http://seputarjateng.blogspot.com/2014/01/mengupas-mlm-vsi-yusuf-apakah-money-game.html
    Tolong dikaji lebih mendalam lagi tentang VSI.
    Terimakasih,
    Wassalammualaikum

  48. Pakdhe says:

    Mungkin saya terlalu banyak baca artikel bahwa MLM adalah haram, sehingga tetap belum yakin. Bila di sini dikatakan halal maka bagi saya masih remang-remang (syubhat) sehingga punya kecenderungan ke dalam hal haram. Mungkin pak ustadz perlu menjelaskan atau mempromosikan bahwa VSI tidak melanggar dalil-dalil yang menyatakan MLM haram dan bukan hanya bicara soal 20 anak kos seperti video di YouTube, serta dapat izin sertifikat halal dari lembaga yang diyakini masyarakat.

    Karena saya masih ragu, kata Rasulullah, “Tinggalkanlah yang membuatmu ragu”.

  49. Pakdhe says:

    Maaf pak ustadz, saya memang hobi komentar, kritik kan bagus untuk diri kita.

    Menurut aku kritik dari teman-teman perlu ustadz pertimbangkan benar-benar, pak ustadz itu pengikutnya banyak bahkan hanya bermodal sekedar percaya kepada pak ustadz dan itu akan jadi tanggung jawab akhirat bagi pak ustadz. Jadi agar bisnis VSI diperjelas lagi, dan agar pak ustadz mengadakan evaluasi berkala yang serius. Bukan hanya yang penting mudah bayar rekening dan beli pulsa sampai membeli Indonesia. Kalau pak ustadz dapat berceramah menjelaskan bahwa VSI/MLM yg jelas halal maka lebih baik sekalian menambah ilmu kita-kita yang fakir ilmu sehingga bila ada MLM yg haram kita bisa menghindarinya. Bila berdirinya VSI tanpa sosialisasi penjelasan yg bagus maka tidak menutup kemungkinan masyarakat akan beranggapan bahwa semua MLM adalah halal, sehingga resikonya bisa merubah sesuatu yang haram menjadi halal di mata masyarakat awam.

  50. aafin says:

    Assalamualaikum warahmatullah, Pak Ustad Jam’an,

    Mohon maaf sebelumnya, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada pak ustad, saya ingin bertanya sekaligus mengemukakan pendapat saya.
    –pertama soal harga produk yg di mlm-kan, disini ada kerancuan tentang berapa harga produk sebenarnya? Contoh v-pay, saya membayar 275.000, saya dapat v-pay dan buku. Lalu saya ngajak orang gabung melalui saya. Orang ini, bayar 275rb ke anda, lalu anda beri bonus kesaya 50.000. Berarti uang yg anda terima adalah 225rb setelah dipotong bonus saya, dengan 225rb pun berarti anda sudah dapat untung. Jadi sebenernya harga v-pay ini berapa? 225ribu atau 275 ribu?. Belum lagi jika saya dan para downline saya membeli paket 30 hak usaha. Dan downline gen terakhir cuma basic. Maka 275rb ini akan terpotong banyak sekali. Bahkan bisa2 anda nombok. Sangat jelas ada kerancuan disini.
    –yang kedua, saya mencermati fatwa2 ulama dari MUI, lajnah daimah, bahkan fatwa ulama Yaman mengenai MLM sejenis ini, dan para ulama itu sepakat akan keharamannya. Adapun dari penjelasan fatwa para ulama itu, mereka mengemukakan syarat agar sebuah mlm menjadi perkara muamalah yg mubah, syarat itu :
    -calon anggota tidak membayar apapun untuk menjadi anggota.
    –setiap anggota tidak diwajikan membeli produk perusahaan.
    —harga produk wajar dan jelas manfaatnya.
    Saya lihat vsi tidak memenuhi syarat pertama dan kedua, namun soal yg ketiga saya ga tau. Bagaimana tanggapan soal fatwa ulama ini?

  51. Jika ada MLM yang syari boleh tuh di kembangkan,.. tapi sayangnya MLM yang ada pada saat sekarang ini yaa, begitu. Jauh dari syariat islam dan ketentuan-ketentuan islam.,

  52. Les Privat says:

    terima kasih ustad untuk tausiyahnya
    Bagi anda butuh guru les privat di area jakarta, kunjungi website kami http://lesprivatsmp.net

  1. Dec 1, 2014

    […] Silahkan dilihat apa kata Ustadz Yusuf Mansur tentang MLM dalam link disini. […]

Leave a Reply

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com