• home ym com


Ngafal Quran itu Mudah

Tausiyah Ust Yusuf Mansur tentang “Ngafal Qur’an itu MUDAH”. Tempat&Tanggal: Waroeng Group (JEC, Jogja), 13 April & Wonosobo, 14 April.

Target peserta: 7000 orang u/ Jogja, 3000 orang u/ Wonosobo.

Metode: ODOA.

Summary Metode:

#STEP 1. DENGERIN bacaan Imam al Ghomidi, per ayat (jika pendek), atau per baris, jika ayatnya panjang, SEBANYAK 20x, sambil MEGANG mushaf, liatin terus dengan mata (bila bisa melihat), dan ikutin bacaannya DALAM HATI. Jangan kurang dari 20x, dan jangan merasa bisa, jangan merasa hafal. Untuk dapetin Ukuran Hafalan Bagus. Sebab kadang, baru 3x dah merasa hafal, inget, padahal itu baru hafalan SEMENTARA.

#STEP 2: Dengerin ULANG sebanyak 20x LAGI, tapi sambil buka tutup mata. Ganjil, buka mata, genap, tutup mata. Bacaan pertama di 20x kedua, buka mata, bacaan kedua, tutup mata, dan terus begitu, sampe 20x. Jangan merasa lelah. Dan jangan ampe kurang. Untuk dapetin bener-bener Ukuran Hafalan Bagus. Kalo engga, nanti akan terus kayak ngafal dari 0 bila ga disiplin.

Di step 2 ini, lisan mulai ikut bacaan imam dengan dikeraskan, tidak dalam hati.

#STEP 3: kita baca 20x, TANPA bacaan Imam, dan TANPA melihat mushaf sama sekali.

#Ulangi langkah yang sama untuk ayat 2, 3, 4, dan 5. Atau untuk baris 2, 3, 4, 5 jika ayatnya panjang.

Setiap mau melangkah ke ayat berikutnya, ULANGI dulu ayat atau baris yang telah dihafal, minimal 3x.

Misal, sebelum ayat/baris ke-3 dimulai, maka ayat/baris 1&2 nya diulang dulu 3x. Baru kemudian lanjut ayat/baris ke-3 dg cara yg sama.

Kalau sudah 5 ayat atau 5 baris, maka ulangi keseluruhannya 20x, jangan menambah dulu.

Lakukan langkah yang sama u/ ayat 6, 7, 8, 9, 10, atau baris 6, 7, 8, 9, 10. Juga untuk ayat 11, 12, 13, 14, 15, atau baris 12, 13, 14, 15.

Jika megangnya adalah ukuran baris, maka 15 baris itu, 1 halaman muka.

Juz 30 itu, 271 baris, termasuk ayat2 dan surah2 yg sudah familiar duluan: surah2 pendek. Jika sama sekali ga hafal, totalnya 271 baris.

Jika sehari sebaris saja, 271 hari. Dan itu sama dengan 9 bulan. Jika ngafalnya 2 baris, 4,5 bulan. Jika ngafalnya 4 baris, sktr 2 bulan, dah hafal Juz ‘amma. InsyaAllah dengan hafalan yg baik, dan suaranya relatif sama dengan suara imam yang dipilih. InsyaaAllah kebawa dah.

Dari 7 hari, sisakan 1 hari u/ hanya muroja’ah (mengulang) hafalan yg dihafal, tanpa tambahan.

***

NAH, sehubungan dengan acara ini, saya pengen kwn2 peserta nanti mendaftarkan diri menjadi santri tahfidz online, lewat www.santritahfidz.com., yang digawangi langsung oleh Syeikh al Ghomidi/di bawah bimbingan dan pengawasan serta keberkahan beliau.

Harapan saya juga, yang hadir nanti di Jogja dan Wonosobo, semuanya sudah dalam keadaan megang al Qur’an. Sehingga simulasi tausiyah bisa sempurna didapat. Dan jangan kuatir, untuk menjadi santritahfidz.com, yang tidak punya duit, akan dibayari yang punya. Yang punya duit, bayarin yang punya. Stand donasi dan pendaftaran dibuka bareng. InsyaAllah.

Bahkan nih ya, saya pengen, inilah acara 2 BULANAN GBK. Semacam training akbar ngafal Qur’an metode ODOA + motivasi Qur’an + tausiyah Qur’an, + silaturahim Qur’an. Biar menggelinding benar2 Qur’an itu di Indonesia. Ga selewatan, yang begitu selesai acara, bubar.

Saya doakan semoga acara di Jogja dan Wonosobo berjalan lancar. Aamiin. Selanjutnya, bisa bergulir di kota2 lainnya, dg pusat secara Jabodetabek/Nasional, di GBK.

You may also like...

50 Responses

  1. Dewi Yana says:

    Aamiin yaa Robbal alamiin, Alhamdulillaah… bagus tuh Kak, acara dua bulanannya, Insya Allah dewi ikut

    • mkasih ustad..
      dulu aku masih inget kalau ustad pernah ngajarin ngapal alqur’an di JEC ( jogja expo center) ..
      mkasih ustad ilmunya..
      semoga bisa mengamalkannya ..
      aminn

  2. AIDAH says:

    Aamiin…. semoga niat ustadz untuk meng-Qur’an-kan Indonesia dimudahkan jalannya….. aamiin….

    dan kami2 yang menjadi jamaa’ah tetap dijaga semangat menghafalnya..walaupun notabene nya bukan golongan santri… 🙂

    • Mamet says:

      Amiiin . . . . . .

      Ng0m0ng” kl0 yg kepengen nyantri di darulQur’an bagi yg tdk mampu gmana itu?

  3. Hanafi says:

    Tadz dijogjanya it acranya jam brapa?mhon infonya.

  4. said andhika aulia says:

    ikutan acara di yogya bagaimana cara daftarnya tadz n jam brp acaranya ?

  5. heri suryani says:

    Alhamdulilah,,, mohon informasi tempat untuk yang diwonosobo?

  6. ika Renny says:

    Mohon info untk ikt partisipasi di jogja. Smga dimdhkn & dilncrkn urusannya. Amiin..

  7. sony says:

    kapan ni stadz mampir ke malang,

  8. ria says:

    Assalamualaikum. Pls info , di yogya jam brp…..

  9. yana rudiana says:

    Luar biasa berlian ide ustadz yusuf mansyur sy salut bravo maju trus kami senantiasa berdoa dan beraction dlm setiap langkahmu, ustad yng mampu menggerakan dan memotivasi kami umat seantero bumi untuk membaca. menghapal, mentadaburi dan mengamalkannya dan mampu mengerakkan umat untuk bersedekah, berinfak untuk keberkahan dan kemaslahatan umat! sy berdoa smg pa ustadz dan kluarga besrta rengrengan di PPPA Darul Quran diberikan kekuatan lahir batin dlm menjalankan amanahnya Amii..n

  10. durotul yatimah says:

    subhanallah 3x , semoga makin byk ustadz yg menggerakkan al- quran.
    moga aq bs istiqomah membaca, menghafal, memahami & mengamalkan Al- quran. aamiin . . .

  11. meggie says:

    Insya Allah ikutan yang di Wsb, semoga sukses ya ustadz..Hallo warga Wsb.. datang ya..Maer jah…

  12. fachrul says:

    Syukron ustad, semoga dgn trainee hafalan alquran ini semua muslim dapat menikmatinya. Sehingga bangsa ini menjadi pecinta alquran & berakhlak mulia..aamiiin. Btw, kapan ada acara di surabaya..???

  13. suhendang ar razak says:

    pak ustadz Yusuf Mansyur yang terhormat,

    Mohon doanya untuk istri saya, Siti Marfuah binti H.Saadih yang insyaallah di akhir juni ini akan melahirkan.
    Mudah – mudahan di berikan kemudahan dan kelancaran dalam melahirkan,
    Dan dapat melahirkan secara normal, serta diberikan anak yg tahfidz Alquran.
    Aamiin……………….
    Mohon doanya pak ustadz.

  14. nurwahyuni says:

    Saya berharap dari 5 orang anakku 1 saja mau menghafal Alqur’an pada bapak yusuf mansur semoga bapaknya yang sudah dialam sana senang dan bahagia bagaiman biar anakku mendapat bea siswa agar niat ini bisa terwujud mohon petunjuk/solusinya

  15. Vina says:

    Aslmkm. Yth ustadz, sebelumnya sy ingin ucapkan semoga acaranya akan berjalan dgn lancar. amiin.
    Selanjutnya, sy ingin bertanya mengenai santritahfidz.com. sy telah melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. setelah itu, sy tdk membuka satupun surat yg tertera. Terus terang sy sedikit kecewa karena tdk aja kejelasan mengenainya, bahkan tdk tercantum dimana sy bs menghubungi u/ bertanya. Kalo sy perhatikan lbh lanjut, situs tersebut tdk ada update dari tahun 2012. Sy jadi takut keraguan sy mengarah pada kecurigaan. Saya mohon ustadz dpt memperhatikan ini dan mudah2an pesan saya ini dibaca. Terima kasih. Wassalam.

  16. indra says:

    Alhamdulillah ustad,setiap hari di motor berangkat ke kantor dengerin murotal al-mulk pulang kantor ngulang tanpa dengerin murotalnya kalo lupa berenti dulu buka Quran pro yg udah di instal di bb trus jalan lagi..nyampe rumah baca lagi, alhamdulillah 3 minggu udah hafal.
    sekarang lagi ngafalin Ar-Rahman insya Allah sebentar lagi selesai.

    mohon doa’nya ustad =)

  17. faqir says:

    Hal yang sangat baik bila bisa menghafal Isi Al-Qur’an, tetapi menjadi tidak berarti apa-apa bila tanpa memahami hakikat dari setiap ayat-ayat Al-Qur’an karena Allah SWT memerintahkan dalam Al-Qur’an untuk berfikir menggunakan akal dalam memahami hakikat setiap ayat-ayat Allah.

    Semoga umat Islam saat ini sebagian besar tidak menjadi sebagai mana sabda Nabi SAW :

    Dari Ali r.a. berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Akan datang nanti di akhir zaman agama Islam itu tinggal namanya, agama Islam itu tinggal bentuknya saja, Al-Qur’an tinggal di bibir saja dan banyak yang beramal ibadah di masjid-masjid, namun hati mereka kosong yang ingat kepada Allah, yang paling berbahaya pada akhir zaman nanti adalah para ulama. Maka berkata Ali: “Katakanlah ya Rasulullah”, maka berkata Rasulullah : Akan terjadi nanti di akhir zaman banyak orang yang beramal ibadah bodoh-bodoh disebabkan ulama-ulama fasiq.

    Maaf bila yang faqir ini salah, dan kalaupun salah silakan salahkan hadis tersebut.

  18. sutopo says:

    saya kemaren ikut dan alhamdulilah pertama kalinya saya ketemu sama ust yusuf mansur..
    seneng banget rasanya, apalagi waktu liat ust yusuf mansur mendidik anaknya ngapal alqur’an yang kecil itu hehe 😀 lucu

  19. rika fauzana says:

    Subahannallah doain kami ustad dimudahin Allah untk bc dan hafiZd Qur’an

  20. yatmady says:

    Amiiin Ya Allah ….. secepat.. sekilat ridho Allah Negeri Indonesia, menjadikan bumi Al Qur’an lewat ustadz2 pilih Allah…, semoga keluarga kita menjadi pilihan Allah sebagi Kluarga Qur’ani.

  21. Siti Aminah says:

    Alhamdulilllah, semoga orang-orang awam yang tidak/belum mengenyam indahnya dunia pesantren juga bisa merasakan nikmatnya menghafal Al qur’an melalui kegiatan ini 🙂

  22. bintimasrivah says:

    alhmdulillah smoga pahlawan sedekah kita ini selalu d limpah i kberkahan jd kita senantiasa bs merasakan buah perjuangannya…. *merdeka indonesia menghafalku* 🙂 🙂 🙂 🙂

  23. zaidun z says:

    Bener bener harus disiplin.

  24. wahyu says:

    assalammu’alaikum ustadz.tolong email saya d krim tausiah tiap hri ustadz.terima kasih.wassalammu’alaikum

  1. Apr 11, 2013

    […] Ust Yusuf Mansur tentang “Ngafal Qur’an itu MUDAH”. Tempat&Tanggal: Waroeng Group (JEC, Jogja), 13 April […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.