• home ym com


Nganggur

Yusuf Mansur

 

Ada yang lagi nganggur kah? Pengangguran? Jika Anda nganggur. Ga kerja, ga usaha, ga kuliah… Kesempatan bagus untuk ngafal Qur’an, benerin bacaan Qur’an, dan memahaminya.

Coba aja ambil wudhu. Dan mulailah melangkah. Baca 10, 20, 30, 40x tiap-tiap baris atau ayatnya. Ntar afal sendiri. Baca-baca juga artinya. Yang sabar aja dalam ngafal itu. Pinter ga pinter ga ngaruh. Yang ngaruh itu, sabar ga? Niat ga? Bulet ga tekadnya?

Asli. Nganggur itu bisa jadi berkah. Bila mulai mendekatkan diri dengan Qur’an. Dan bisa jadi tambah parah bila dibawa tidur, males dan putus asa. Siapa tau Qur’an bakal jadi wasilah pembuka rizki yang cakep banget. Coba aja dijajal. Niatin setahun ini ngafalin Qur’an dulu.

Soal guru, jalan aja dulu. Ntar juga dikasih sama Allah, guru-guru yang pas dan komunitas-komunitas yang pas. Ya. Jalan aja dulu. Ga usah mikirin guru.

Inget ya. Nganggut akan jadi berkah. Bila dibawa ke Qur’an.

Jadilah muslim yang baik ya. Jangan curigaan sama orang. Banyak doa aja. Mikir dan berbuat, hanya yang baik-baik. Santun. Jaga akhlak.

Mumpung nganggur, bersihin gang, jalanan, rumah-rumah tetangga, got, selokan, masjid, mushalla, sekolahan. Sambil murojaah. Siapa tau jadi jalan untuk bisa punya perusahaan cleaning service.

Cuci-cuciin mobil dan motor orang. Jangan minta bayaran. Dan jangan ngarep juga. InsayaaaAllah bakal jadi jalan rizki banget-banget jalan khidmat kayak gini.

Jagain anak orang yang pada kerja ayah ibunya. Sambil murojaah Qur’an. Jangan jagain bini orang. Ntar tambah susah, he he he.

Minimal, ambil alih tugas emak. Beresin rumah. Bantuin masak. Betulin genteng. Cari kesibukan, sekalian buat murojaah hafalan.

Bisa juga banyakin olahraga jalan kaki. Sebelum jalan kaki, afalin 1-2 ayat tambahan. Terus jalan kaki dah, sambil ngulang-ngulang ayat yang diafal. Hafal dapet, pegel dapet, ha ha ha. Ga ya… Hafal dapet, sehat dapet. Atau banyakin shalat sunnah. Sambil murojaah.

Wis, pokoke nganggur itu berkah dah. Terapin juga di urusan perjombloan. Ngejomblo kalo deket ama Qur’an, ya jadi berkah juga. Dan coba liat… Akhirnya ga ada itu sebutan nganggur. Sebab sibuk dan menyibukkan diri. Juga ga ada sebutan jomblo. Sebab kekasihnya, Qur’an.

Rajin-rajin anterin Emak kondangan. Udah mah dapet makanan gratis. Siapa tau juga dapet jodoh…

Kelak yang kerja dan punya usaha, dan juga yang punya suami atau istri, ngiri dengan pengangguran dan jombloer model gini.

 

You may also like...

27 Responses

  1. masud hofir says:

    Mdh”n aamiin

  2. Musmulyono says:

    Doakan kami sekeluarga jadi hafizh/ hafizhah & berakhlak Qur’ani..

  3. Taufiq says:

    Aslmkm wr wb pak ustadz
    Tolong donk ustadz yusuf, kasih ane solusi
    uda mau hampir setahun ane lulus kuliah tapi pekerjaan yg cocok blm juga ane dpt pdhl bln 8 ini ane mau merried dgn clon istri ane. ane uda mulai ini membaca surat al waqiah dan juga berdoa diwaktu mustajabnya doa seperti saat adzan & turun hujan.
    ane malu sm tetangga kampung sini, ane yg sarjana blm bekerja sdkn anak muda laen yg pd tamat sma pd bekerja blum lgi ane sedih liat org tua ane psti jdi pembicaran org atw pun pihak sanak famili ” kok anaknya si anu belum bekerja juga”
    ane mmg jrg sholat 5 waktu tpi ane punya niatan klu ane uda bekerja ane ingin menata hidup ane lebih baik , sholat 5 waktu dn juga serius dalam bekerja bahkan ane ingin x dekat dgn allah tpi terkadang ane frustasi, uda ngelamar sana sini tpi belum jg dapat.
    tolong dong ustadz yusuf ksh ane solusinya

    • saefudin says:

      Jangn bkin bikin perjanjian sama ALLOH dengn mas dapet kerja mas akan rajin sholat. Mas blm kerja aja sholtnya masih bolng. Apa nnti klo dah kerja.
      Perbaikilah hidup mas sekarng. Sholat wajib tepat waktu. Sholat sunah jga. And jngn lupa sholat hajat dan dhuha..terus berusaha. ALLOH Pasti akan ngasih jaln mudah buat mas…

  4. Didik junaidi says:

    Mantap Deh ustadz artikel nya …saya suka banget.bahasanya enak gak nyinggung tapi kena,sip deh ustazd.barokalloh……

  5. dedi says:

    Assalamualikum ustz. Sy sudah menabung utk membantu kk yg mau nikah tp setiap sy usaha selalu akhir nya gagal.. Jd tidak bisa bantu kk yg mau nikah..Sy bingung utk membantu keluarga lagi ..saya tidak bisa berbuat banyak

  6. PayTren says:

    Aamiin Ustadz,,dulu saya sengaja nganggur dan Gabung PayTren…
    Di PayTren saya belajar banyak ilmunya dan bisnisnya. Alhamdulillah tadz…

  7. abdul roiis says:

    pak ustadz kalau hafalin qur’an kira nya dari mana dulu, apakah sama dari surat pertama?

  8. pratiwi utami says:

    Asslammuallaikum wr wb
    Meski belum bekerja lebih baik kita bergerak dan terus berdo’a

  9. Ardha Putri says:

    Hmmmmm

  10. chusnul chotimah says:

    Alhamdulilah ustad saya sudah belajar mulai Senin minggu ini Dr Surah Al Fatihah + Artinya Dan alhamdulilah Lebih memaknai jika sholat Waktu baca AL fatihah G Kayak org keuber (Lari – Lari ) Al hamdulilah ini sedang hafalan Al baqarah Semoga saya bisa jd hafiz qur:an ustad, Sukses Selalu Ya Ustad

  11. Semangaattt pagi Sahabat PayTren =-d
    News…
    Alhamdulillah sahabat2, Paytren makin ngetren nih… InsyaAllah inilah bisnis besar & bisnis masa depan…
    – Skrg Fitur BPJS dan Tiket Kereta Api sudah ready, wahhh ini betul2 akan membuat PAYTREN makin Booming…
    – Sistem UMRAH juga sudah mulai online juga… sahabat2 bisa daftar Umrah melalui member area..
    – Sistem Miracle Paytren juga dah ready… kerennn dah.. mantappp
    Yg mau gabung dgn keluarga paytren silakan klik http://www.sahabatpaytren.com/vp4090
    Yg sdh free member segera lalukan Upgrade.. daftar sekarang atau tinggal dibelakang

  12. Alhmadulillah bagus benar artikelnya pak,,,setuju …

  13. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah? Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur. Info klik http://goo.gl/Z2vdi7
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  14. Saya harus mulai hafalan drmn tadz.. metodenya gmn biar mudah hafal..

  15. Iyan says:

    Subhanallah, saya juga lagi belajar ustadz. Mulai dari niat dulu, ketahui faedahnya dulu, baru setelah itu mulai ngafal. Bismillah dah. Barakallah.

  16. queen says:

    Terimakasih ustad,.
    Udah di ingatkan.

  17. yuliani says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Bismilahirohmanirohim
    ..
    Apa Sih PAYTREN, Gimana Sih Cara Kerjanya,
    Aku kalau Sudah Ikut Bisa Ngga ya Merektrut
    Orang, bisa Ngga ya Dapat Bonus, Tertipu Ngga
    ya ???
    Masih Banyak Pertanyaan-Pertanyaan yang ada
    dikepala kita PASTInya….
    Menurut Hemat Saya :
    1. Jangan BINGUNG… NIATKAN Saja Bergabung
    di PAYTREN ini Untuk Sedekah, Sesuai dengan
    Motivasi Sang Pemilik, Ustadz Yusuf Mansur yang
    terkenal dengan PROGRAM SEDEKAHNYA…, apa
    yang kita jalankan adalah Mensupport Niat Beliau
    Untuk Membangun Sebanyak Mungkin Pesantren
    Bagi Anak2 Penghapal Al-Qur’an
    2. Keuntungan Langsung kita Apa Dong ?? Kita
    Dapat Menggunakan Aplikasi PAYTREN Untuk
    kemudahan Transaksi-transaksi Keperluan Pribadi
    kita, Isi Pulsa HP (All Operator), Bayar Tagihan
    Listrik (Pasca Bayar), Beli Token Listrik, Bayar
    Tagihan PDAM, Telepon, Speedy, Indovision, Auora
    TV, Kartu Hallo, Bayar Cicilan Kredit Kendaraan :
    FIF, BAF, MAF, MCF, WOM, Pembelian Ticket
    Pesawat, Ticket Kereta Api, dsb. Transaksi ini kita
    Dapat Casback
    3. Bila Nantinya kita Dapat membentuk Jaringan
    dengan Mampu mengajak orang Untuk bergabung
    sekaligus Banyak mendapatkan BONUS itu Berarti
    ALLAH Ridho dengan Niat Kita…. Ayoo
    Kembalikan Bahwa Semua ini Milik ALLAH, Kita
    hanya berproses untuk menjadi lebih Baik dengan
    Berusaha dan Berdo’a….. SEMANGAT UNTUK
    SEMUA

    Info pendaftaran
    http://leadertreni.net/yuliani

    WA/Line:+85295415037
    Bb:5931ACC8

  18. hardono says:

    Saya pernah daftar paytren tp lupa pasword nya ..gmn ya caranya biar aktif lg.sdh sekitar setahun lebih ..tolong di bantu.

  19. Ahmad Rawdhoni says:

    Subhanallah ..
    Semoga kita semua semakin dicintai oleh allah.. aamiin

  20. syam75 says:

    Ingin bisnis sambil sedekah inshaalloh saya bantu daftar dulu aja d http://www.bestpaytren.com/syam75

  21. Parwati says:

    Mantaapp dah ustadz jd berasa d cas lagi nie hhe

    Untuk sahabat yg ingin mencoba bisnis online bersama Ustadz yusuf mansur, yuk daftar Paytren…
    # 4 LANGKAH MENJALANKAN BISNIS PAYTREN UYM

    1 Bergabung di komunitas treni /Paytren sekarang juga
    2 Gunakan aplikasi Paytren untuk membayar tagihan pribadi
    3 Berbagai manfaat Paytren kepada orang lain
    4 Nikmati berbagai bonus dan cashback komunitas anda

    Yuuk bergabung di komunitas Paytren sekarang juga
    Hub kami
    Wa/sms 085717311745

  22. Sony says:

    Subhanallah… Ide yang sangat brilian dan tak pernah sedikit pun terpikirkan tentang ide ini

  23. asdar says:

    semoga dimudahkan…

  24. Assalamualaikum wr wb, saudaraku yg lagi nganggur yuk gabung di paytren insyaallah berkah.
    Info http://timsuksespaytren.com/ID4390
    WA/sms 08179580198

  25. Konsep kerja PAYTREN sangat mudah dan sederhana
    1. Anda daftar dengan cara : beli lisensi Rp.350.000,- (Paket Basic)
    sekali seumur hidup.
    Free Aplikasi Paytren + Hak Usaha.
    Aplikasi Paytren On Hand.
    2. Gunakan Aplikasi PAYTREN untuk melakukan pembayaran
    tagihan bulanan Anda / orang lain dan transaksi lainnya.
    3. Anda akan mendapatkan cashback dari setiap transaksi pribadi
    dan komunitas yang disetiap transaksi sudah ada nilai sedekah.
    4. Anda mau Komisi LEBIH BANYAK?????
    Rekomendasikan pada orang lain untuk ikut memakai Aplikasi
    Paytren dan ajarkan mereka cara menggunakannya.
    (Dari kegiatan membangun inilah yang kelak menjadi INCOME
    TANPA BATAS untuk Anda).

    Info dan pendaftaran
    WA 081574372770
    Bbm D31DF5EE
    Klik….www.nita.paytreni.com
    Salam sukses berjamaah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.