Oh Pembantu

Pada bismillaah dulu ya. Spy wktnya, tenaganya, pikirannya, di urusan twitter ini berpahala&punya berkah.
Yang punya pengalaman buruk dg pembantu, didoain dulu mdh2an diberi kesabaran, &diberi hikmah&kbaikan dari Allah.
Kita sepakati dulu, sebutannya jgn pembantu. Apalagi pembokat, he he he. Ngikut cara orang2 tua kita manggil beliau2 smua.
Ada yg manggil dg khodimah, Bibi, si Mbok, teteh, pak de, &sbutan2 lain yg mmbuat mereka mnjadi sodara qt.
Wkt sy kcl, sy hampir2 ga bs mmbedakan antara apkh bliau pmbantu kami atau bnr2 kluarga kami. Sampe2 lebaran, dikunjungi klg.
Makan sama2, minum sama2. Piringnya ga beda. &Sering trlihat ngobrol bareng sama ibu dan Nenek. Asli ga kelihatan pembantu.
Dlm 1 kajian ttg model pndidikan santri, sy mmbri ilustrasi prubahan akhlak santri tatkala pulang. Or siswa yg non boarding..
Yakni di perubahan akhlaknya. Bila sebelomnya tereak… Bibiiiiii…!!! Nih cuciin… Ambilin aer…!!! Stlh dididik, brubah.
Sepekan, kalimatnya ga pake tanda seru… Tetep merentah, tapi ga pake tanda seru… Bi… Cuciin ya… Bi, ambilin air ya…
Sepekan berikutnya, pake kata2; tolong… Bi, tolong cuciin ya… Bi, tolong ambilin air ya…
Sepekan brikutnya, mulai ada kalimat: terima kasih yaaaa… Sudah pandai brtrimakasih kpd yg sdh membantu… Ini sulit loh.
Secara bhw qt menganggap bhw dia kan pmbantu qt… Kita gaji emang buat krja&melayani… Maka, ucapan trm ksh mahal skali.
Stlh skian lama, akhlak anak2 akan bnr2 brubah… Dia anggap pembantunya orang tuanya, sodaranya, kakaknya…
Jk sblmnya mnt tlg, kmudian jd mandiri: Bi, pakaian saya ga usah dicucikan. Bi, ga usah diambilkan. Biar sy krjakan sndiri.
Malah stlh setahun dididik, pembantu trsbut pingsan!!! Pingsan stlh mlihat akhlak anak2 qt yg dididik dg cara yg bnr…
Saat si bibi menyapu, ada air teh manis hangat… Bi… Ini tehnya… Tar diminum ya… Ka Wirda loh yg bikin…
Begitu kata wirda, sama bibi. Qumii, adiknya wirda, ga mo kalah. Bliau udah cekatan jg ambil sapu u/ mmbantu di bag yg lain.
Tambah ngejengkang sang bibi, ktika anak2 Anda mampu menawarkan: Bi, pakaian bibi mau sekalian saya cucikan? He he he. TOP.
Semua ini sbb uswatun hasanah sdr sendiri. Ajaran Anda sendiri thd anak2 Anda. Bgm dia brsikap. Apakah sbg Raja? Ratu? Bos?
Ketika makan, anak kita mau bawa piring kotornya… Apa kata kita? Udah, biarin aja… Kan ada si Bibi… Dah, tinggal sono.
Saya a/ izin Allah, tahunan diminta orang2 tua saya u/ ikut cuci piring, cuci baju, jemur baju, angkat jemuran, setrika…
Kebtulan dulu kan kalo nyuci pake penggilesan. Papan cuci. Trus kudu dibilas 2x. Nah, smua proses, qt ikut trlibat.
Ga ada tuh pmbantu mngrjakan apapun sendirian, kcuali yusuf mansur kecil brsama sdr2, ikut serta diminta trlibat.
Tambah2 lagi, ketika kmudian nyantren. Tambah kemandiriannya. Dan tambah lagi menghargai orang…
Kehadiran pembantu seringkali jadi masalah buat kmandirian anak2 qt di rumah. Manja, serba dilayani, &bahaya u/ masa dpnnya.
Dan salah satu sumber rizki di rumah qt, ya pembantu qt. Kalo sdh qt anggep sbg sumber rizki, lain perkara tuh.
Besok terusin lagi ya. Pegeeeeeellll, he he he. Eeeiiittt ustadz… Ga boleh ngeluh loh… Ibadah… Iya. Sorry…
Tapi bnr ya. Ga apa2 ya? Kita terusin besok lagi. Ampuuuunnn… Pegel jempol, pegel leher… Hi hi hi… Alhamdulillaah.
Qt blm bhs soal pmbantu jd khatam Qur’an,hafal Qur’an,bs buka pesantren,madrasah, pngajian, warung&brubah hidupnya.
Belom. Kita blm bahas itu smua. Di mana pembantu qt jg adlh slh 1 jalan ibdh qt jg kpd Allah. Oke deh. Sampe bsk ya.
Makasih ya udah ngikut kultwit ini. Makasih buat @ipphoright dkl smua.

Kultwit Tausyiah @Yusuf_Mansur

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like