Oil and Gas

0b08f0ea8ce344a4766c5fc17e6bcad4_XL

Saya dapat berita, dari seorang eks petinggi Pertamina.
Bahwa di Kazakhsytan ada tambang minyak yang bisa ditake-over.
Berapa nilai akuisisinya? 100 juta dolar.
Harga ini, jumlah ini, tentu muyengin buat sebagian kita yang lagi uring-uringan soal kredit motor, kontrakan rumah, anak bini yang sedang sakit, lagi jobless, lagi banyak utang.
Semuanya saya doakan agar kemudian bisa ditolong Allah.
Aamiin.

Ketika dapat berita itu, saya coba datang ke salah satu kawan pengusaha.
Dia masih muda. Banyak akses keuangan. Dan insya Allah saya lihat dia bisa.
Dan benar, disanggupi. Proses kemudian dijalankan.
Sampe sekarang masih proses. Saya ga tau sampe mana. Saya hanya mengenalkan.

Tapi kemudian saya berpikir.
Bagaimana kalau ummat punya cash.
Cash is the King.
Tentu ga perlu ditawar-tawarin kepada yang lain.
Berangkat aja langsung survey dan neliti.
Berangkat aja langsung untuk kemudian melakukan studi kelayakan, dan lain-lain hal layaknya mau beli perusahaan.
Tapi sebab dana udah tersedia, tinggal bayar saja.
“Cadangan minyaknya, kayak minyak Indonesia tahun 80-an,”
begitu kata eks petinggi Pertamina ini dalam suatu obrolan.
Saat itu, demi Allah ya, berulang-ulang saya menyebut,
bahwa ummat bisa. Ummat punya. Dana segitu, ga banyak.
Ya, ga banyak untuk ummat besar seperti Indonesia ini.
Berapa sih 100 juta dolar itu?
Hitung aja dengan kurs 10rb.
10 ribu enolnya 4m, he he he. 0000. kemudian 100 juta itu enolnya?
00.000.000. 8 enolnya. Jadi, 100 juta dollar, berapa duit?
1.000.000.000.000,-. Berapa tuh?
1T, he he he. 1 Trilyun “saja”.

Belagu ya?
Engga belagu.

1T itu besar banget. Mimpi malah.
Buat siapa?
Buat saya jika sendirian.
Tapi jika buat 100 kota?
Maka cukup mencari 10 Milyar saja per kota.
Nah, Indonesia ini 500-an kota. Kalo dibagi 500, maka cukup mencari 2M per kota.
2M per kota itu, dibagi 10 kecamatan, berarti “hanya” 200jt saja per kecamatan.
200jt per kecamatan, itu berarti “hanya” 20jt per kelurahan.
Sekarang berapa orang per kelurahan?
Jika 1000 orang saja per kelurahan, maka itu berarti bener-bener “hanya” 20rb “saja”.
Dan ini bukan mimpi. Ini sungguhan. Caranya?
Ya bergerak saja. Mulai saja.
Insya Allah saya dkk akan bener-bener berusaha untuk tidak mencederai niatan tulus, semangat, dan motivasi kawan-kawan.
We will do the best. Doakan dah ya.

Ini nomor rekeningnya Sedekah Produktif. Silahkan ikutan langsung buat yang mau bersedekah, tolong kirim imel konfirmasi ke sejutayusufmansur@gmail.com.

Insya Allah kita akan perbaiki ke depan, sistem IT nya, supaya bisa lebih mudah diakses,
termasuk kita urus soal admin dllnya.
Kita jalan dulu. Jangan tunggu semua sempurna. Bismillaah dah ya.

Rekening Sedekah Produktif:
BCA : 6030751351 Cab. Bintaro Utama
Mandiri : 101 000 6789992 Cab. Bintaro Jaya
BSM : 074 006 4000 Cab. Ciledug
A/n. Yayasan Daarul Qur’an Nusantara

Salam.

You may also like...

84 Responses

  1. dimas syahrial says:

    assalamualikum ustad gmn caranya lo pengen ikutan

  2. ilham_ip2 says:

    InsyaAllah ana ikutan..ustadt

    • Maria says:

      knp biaya PESANTRENY yg PULUHAN JUTA itu tdk disedekahin/gratisin aj? kan dia bs dpt MUILYARAN/TRILYUNAN? Yg murah aj kgk GRATIS, TAFSIR OnLINE, KULIAH OnLINE diSURUH BAYAR!
      pelajari lg QS 2:261 itu adalah PAHALA! bkn HARTA!
      QS 2:262 .. kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu DENGAN MENYEBUT NYEBUT PEMBERIANNYA (KESAKSIAN!)
      QS 2:264 .. janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu DENGAN MENYEBUT NYEBUT PEMBERIANNYA(KESAKSIAN)
      QS 2:272 Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya KAMU AKAN DIBERI PAHALAnya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan)…..BUKAN BERUPA HARTA YE!
      YM itu MENIPU dg KESAKSIAN SEDEKAH, dari mana si YM/umat itu tahu kalo KEKAYAANny dr sedekahny??? ALLAH yg kasih tahu??? artiny si YM itu PENIPU!!!

      • edi purnomo says:

        To maria; dasaaar bahil loe.. 20rb aja pake jelek2in pa ustad.

      • yulianiwati says:

        ini yang namanya yahudi..100%…ga perlu ikut coment di blog ini Mar…ini khusus orang2 muslim yang mmg meyakininya…
        kl org yahudi bkn di sini tmptnya,,,…yang bikin jadi berantem antar umat tu yang seperti ini…
        maaf pak ustadz Yusup..jd es mo si..saya…

      • zala says:

        semoga Allah SWT menunjukan kuasanya

      • eddy says:

        Sorry, I think you didn’t get the point and you will never if you don’t open your eyes and heart. We do it not for personal interest. We do it for our faith. We become a big unity and powerful with this method. Only capitalist think about profit… Don’t you understand and read it with your heart? Allah is Great and everything’s possible with Allah. Semoga Allah memberi ilmu-Nya dan hidayah atas Anda. Amin.

      • eddy says:

        Sorry, my comment is for Maria… go forward Ustad! Lead us… Semoga Allah merahmati. Amin.

      • Nurliman says:

        20rb aja pake dijelek2in, makanya, baca artikel diatas dengan teliti, jangan sampai su’udzon, apa lagi sm pa ustad

  3. Nenk El-Hamidy says:

    Ikut insyaallah…

  4. kalo 20 ribu saya sanggup ustad, hhehe
    saya masih pelajar..

  5. Ety Suprihatin says:

    Asslm. Ustad Insya Allah saya mau Ustad utk kelangsungan anak Cucu kita nanti biar mrk msh bs menikmati BBM yg hrg nya tdk mahal… Amiin

  6. slamet widodo says:

    Insya Allah sy ikut gabung ustadz..kita beli lgi Indonesia

  7. yanti says:

    Ikutan dong…caranya gimana ustadz ?

  8. sigit novianto says:

    Allahu Akbar..semoga menjadi nyata apa yg kita impikan bersama..aamiin

  9. bayu wardhana says:

    InsyaAllah sy ikut ust. Ditransfer kemana nih..?

  10. hafiid says:

    Gimana cara ikutnya Pak Ustad ? No Rekeningnya ko ga ada 😀

  11. ibzillah says:

    Assalamualaikum sobat2, kalau bisa yang ikut sedekah Produktif, bila mampu, “Misal” 20ribu di kali 5, alias 100ribu, lebih paten lagi di kali 10, dst.., maka lebih cepat lagi program ini terealisasi. Insya Alloh ane ikutan ustadz, untuk menjadikan indonesia lebih baik. Aamiin.

  12. mza says:

    saya igin sekali ikut program2 nya pk ustazd YM tp bgaimana caranya?

  13. Iman Lesmana says:

    Klo mo ikutan gmn cr’a,trus transfer k rek mn?

    • bunda Nisa| e_Miracle says:

      Rekening Sedekah Produktif:
      BCA : 6030751351 Cab. Bintaro Utama
      Mandiri : 101 000 6789992 Cab. Bintaro Jaya
      BSM : 074 006 4000 Cab. Ciledug
      A/n. Yayasan Daarul Qur’an Nusantara

      Ut yg ingin bergabung dlm komunitas e_Miracle Sejuta Yusuf Mansur
      Silahkan hub.
      Bunda Niza, pin bb 29732FD7
      Hp. 085396096448

  14. bunda Nisa| e_Miracle says:

    Rekening Sedekah Produktif:
    BCA : 6030751351 Cab. Bintaro Utama
    Mandiri : 101 000 6789992 Cab. Bintaro Jaya
    BSM : 074 006 4000 Cab. Ciledug
    A/n. Yayasan Daarul Qur’an Nusantara

    Ut yg ingin bergabung dlm komunitas e_Miracle Sejuta Yusuf Mansur
    Silahkan hub.
    Bunda Niza, pin bb 29732FD7
    Hp. 085396096448

  15. zahrul says:

    Ustadz,,,iya kl itu mw sdekah smw dan mngerti info ini..tp kmngkinan bnyak jg yg msih blm mgtahui info ini,dn tdk ingin brsedekah…dan mnkin htunganx akn lbih valid kl dhtung per kepala kluarga,,kl dhtung per org,,na gmn sm anak kcil at yg blm bkrja msalkan..untuk itu smg pmbca mngrti akan stuasi ini dn tmbah lah sdekahx lbih dr 20rb untuk yg bnyk rzkix y bleh sdkah lbh bnyk lg…toh kn bkal dgnti sm Allah lbh dn lbh bnyk lg…….mnkin ini smbngan pmkiran dr sya..
    Trma kasih smg Allah bs mnsejahterakan Indonesia Aamiin…,

  16. Dian Farida says:

    Subhanallah.. Semoga bisnis ini sukses Ya Allah.. Amin..

  17. seperti semut, dikerjain rame2 hehehe

  18. Subhanallah..mantap. Tadz mohon sosialisasi yang sifatnya lbh umum ya medianya… Ane liat banyk yang mau ikut tp ga pny info yang cukup..syukron.

  19. Muqorrobin says:

    Ustadz….. Saya ikutan deh, pasrah dan bismillah. Tapi kemana saya harus transfer ? Kan belum ada rekeningnya ? ……

  20. na sisil says:

    sy ikutan ustad… Bismillaahh… 😀

  21. joko says:

    Jangan sedekah donk Ustadz, ane mau tuh kebagian profitnya, perminyakan lagi, keren kan..Patungan Usaha aja..

  22. roi says:

    Konteknya aja modal kok larinya ke sedekah? Kepemilikannya gmn?

  23. anis says:

    insya Allah penduduk Indonesia lebih banyak yg tdk egois daripada yg egois mentingkan keuntungan pribadi,skrg yg penting brp no rekeningnya sy ikut, masalah profit biarlah yg maha adil ALLAH SWT yg atur. terimakasih ustad,gagasan anda sungguh cemerlang ,,,luar biasa. sy percaya cepat atau lambat mimpi ini akan jadi kenyataan.

  24. Wahyudi says:

    Ini adalah awal dari keberhasilan umat,Allah udah kasih jalan tinggal umatnya aja gerak

  25. Arie Khuwarizmi says:

    Bismillah Allahuakbar..semoga sukses!!
    InsyaAllah ane bergabung

  26. cadangannya seperti minyak tahun 80an, keren

  27. imam ainul insani says:

    Sedekah jgn mnta imbalan tanpa di minta pasti di ganti..
    Tentang kepemilikan gausah di pikirin semua tetap milik allah swt.. Jalanin aja dlu dah kita seluruh warga indonesia yuks bersatu menjalan kan kebaikan agar lebih baik buat negara kita dengaan gagasan pak ustadz kalau bisa lebih ya lebih patungannya dah jgn nanggung” motor,mbl,kontrakan sedekahin dahhhh *kalem.haahaa
    Wasalam..

  28. ayu says:

    mau ikutan ah bismilahh 😀

  29. Ifada says:

    Alhamdulillah..semoga istiqomah. Mohon do’anya Ustadz, semua hajat saya terkabul terutama u anak2 saya agar menjadi anak yang sholeh, menjadi hafidz, ahli al qur’an, ahli shodaqoh dan ahli ibadah..aamiin YRA..

  30. Ifada says:

    Alhamdulillah..semoga istiqomah. Mohon do’anya Ustadz, semua hajat saya terkabul terutama u anak2 saya agar menjadi anak yang sholeh, menjadi hafidz, ahli al qur’an, ahli shodaqoh dan ahli ibadah..aamiin YRA..

  31. pala says:

    bismillah

    insya allah ikutan ust YM 🙂

  32. wardana says:

    NAH!!! ini yg saya Tunggu!!! secara saya kerja di Perusahaan asing yg mengelola Sumber daya alam indonesia.. mirissss smpek nangis.. indonesia kaya bgttt tpi di perkosa sumber daya alam gas,minyak,hutan,batubara,air smuaaaa… asli.. miriss.. smoga kita bisa membeli indonesia ulang!! wajib ikut,,

  33. wardana says:

    nambahin.. diperkosa oleh bangsa barat dgn dukungan org2 pribumi yg tdk bertanggung jawab+egois.. mirissss bgtt..

  34. Donny Kusuma says:

    Insyallah Ane Ikuuuuttt ustadzz…

    Sekedar saran aja ne, klo suatu saat nanti bisnis ini berhasil, mungkin sebagian hasilnya bisa di sedekahin ke pemerintah utk bantu ngelunasin utang negara kita ke lembaga keuangan asing itu ya..

  35. Dedy says:

    Yuuk…Jalan bareng, bergerak bareng2 Insya Allah BISAAAA

  36. budi says:

    tinggal bilng no rek nya. ane ikt partisipasi .. haha.. 😀

  37. Tomi says:

    Ustadz YM,

    Setuju.. Ayo kita patungan.

    Sebetuknya Negara kita kita juga banyak Uangnya.. Tapi sayangnya yg korupsi buaanyak banget..

    Menurut informasi di Media, korupsi Nazaruddin totalnya sampe 6Triliun..
    Berarti duit itu bisa di pake beli 6 Perusahaan di atas..
    Belum lagi Kalo ditambah Ulang yg di ambil koruptor2 liatnya.. (Gayus, Fathanah, LHI)..
    Gimana Kalo koruptor2 itu dihukum mati.. Atau dipotong Aja tanganya.. Biar kapok & yg mau korupsi Mikir juga..

    Mudah2an Indonesia bisa berubah Ke Arah yg lebih baik.. Aamiin ..

  38. Excel macro says:

    Iya benar Ustadz, masih dalam semangat “berjamaah”.. Yuk, mari kita dukung program ini. Saya juga dukung program ustadz ini untuk olah angka-angkanya di excel. Untuk nyiapin SDM-SDM yang kuat dalam membuat dan menganalisa laporan keuangan di howto-123.com, semoga gerbong ini akan terus bergerak, sampai kita bisa kembali membeli Indonesia *sedih, liat segala macam harus import, beras, buah dlsb*. BISMILLAH! – JWB

  39. arif says:

    kayane ini bukan mimpi, tapi tantangan,…soalnya sudah dijelaskan secara detail proses untuk dapat 1 Triilyunnya…..
    mungkinkah? InsyaAllah…

    ayo….semua orang yang mengaku islam di Indonesia…ada kesempatan emas…bismillah…

  40. Yusup Abimanyu says:

    subhanalloh,,
    keren banget ustadz..
    mudah-mudahan saya kedep ada milik rejekinya, pengen banget ikutan dukung
    semoga semakin hari semakin kejayaan islam di negeri tercinta ini semakin bangkit,
    amin

  41. redi says:

    yah ustadz saya semangat pengen ikut nih….bismillah mudah2an dapat dikabul oleh alloh swt dan hasil dari profit perusahaan minyak tersebut bisa buat mensejahterakan umat, membangun pesantren tahfidz, memberikan beasiswa pada anak cucu kita supaya bisa mengangkat indonesia dari jurang kemiskinan…insyalloh kalo sama2 bisa pa Ustadz…Bismillah…Ya alloh kabulkan hajat para hambamu ini ya rabb..amin..rabbana atina min ladunka rahmah innaka antal wahab..

  42. mak anak2 says:

    masya Allah, banyaknye yang ngikut program ini… tiap Ust. YM ngajak-ngajak ummat pasti direspon banyak orang. Resepnya apa sih, Ust.??? maksud ane, ane mau ngikut program ini. Insyaaaa Allah…….

  43. HERI MURDANI says:

    Semoga Orang2 yang ikutan menjadi orang yang sukses Dan berhaSil!!!!baik didunia maupun akhirat,AMIEN

  44. smoga keinginan kita terwujud bersama program yg baik, sistem yg baik, amanah yg baik, pelaku, yg baik, amal yg baik, dan hasil yag yang baik amiiinn……!
    makmur dunia dunia dan akhirat maju teruss…..

  45. rahmad sumiko says:

    Allahu Akbar….. ayo cepet sedekah ..surga profitnya..ane tunggu ya taz

  46. Hamdin says:

    Saya ikutan berjama’ah juga… sebab dengan berjama’ah kita tidak terkalahkan… Insya Allah

  47. Dansync says:

    Ustadz….insya Allah kita semua selalu mendukung hal-hal yang baik apalagi untuk kebaikan kemaslahatan ummat. Bagi mereka yang hanya terpaku dengan “angka” dan “hitungan profit”, silahkan melihat jauh ke depan. Bahwasannya keutaman kita diciptakan Allah swt adalah untuk dapat menjadi manfaat buat ummat yang lain. Sukses buat ustadz.dengan One Billion Plan.

  48. Adi Master says:

    Ayoo bersedekah produktif… InsyALLOH.. jalan-jalan moal bakalan lalegok jeung ancur atau rusak, Anak Yatim, Pakir Miskin InsyALLOH sejahtera… amien

  49. novi says:

    Insya Allah saya ikut.
    Bismillah….

  50. Alhamdulillah Ustadz…. saya sangat senang sekali melihat banyak umat yang ingin bersedekah, tapi kalo boleh saran saya mohon di publis agar umat se INDONESIA tahu biar cepet terealisasi niat baik kita semua amiiin.
    Insya Allah saya segera transfer.

  51. aJie says:

    saya ikut tad, Allah Maha Mengetahui dan Maha Membalas Kebaikan..

  52. WP says:

    Ayoo kita ikut!
    Kita beli lagi indonesia.
    MOhon dukungan dan doa untuk bisnis online saya ya kawan-kawan dan pak Uztad.

    mampir ke website saya http://www.incedio.com dan follow instagram saya @IncedioOS

    Jazakallah..

  53. selamat efendi says:

    iklas beramal ikuuuuuuuutttttttt…..

  54. adi says:

    Jgnlah membeli surga dengan 20.000,- ( dengan fasilitas surga yg vvvip ) pantas gak ya…????
    ayo sedekah yg lebih banyak lg………………

  55. iman says:

    Masya Alloh Ustadz, Luar biasa…semoga Alloh paring petunjuk dan kelancaran…

    20 ribu “relatif” murah pak Ustadz, hanya saja yang ingin saya tegaskan (dalam niat saya) ini shodaqoh atau syirkah.

    Jika jadi niat sedekah (shodaqoh) berarti saya tidak perlu mengharap hasil dunia, seperti membangun mesjid (apakah mesjidnya banyak jamaahnya atau tidak), namun saya hanya mengharap pahala jariyah. Jika usaha O&G ini berhasil dan berkembang, berarti saya harus menata niat bahwa saya tidak akan meminta hasil (dunia) atas usaha tersebut.

    Namun jika niat saya syirkah, walaupun hanya 20 ribu, apakah harus tetap ada akad-nya (perjanjiannya) ustadz ? karena nanti akan berkaitan dengan bagi hasil buat saya dan pewaris saya (mudah-mudahan usaha O&G berkembang terus hingga anak cucu kita).

    Mohon maaf ustadz, saya bukan berniat menggurui atau menceramahi (bisa kualat dong…), namun mudah-mudahan semua niat baik ustadz dan semua ikhwan/t yang sudah turut bergabung dapat berjalan dengan lancar, berkembang dengan baik, dapat tetap dalam kerukunan, dan yang terpenting selalu dalam petunjuk dan ridho Alloh swt.

    Semoga niatan Ustadz berhasil dan berkah bagi umat
    Amiin…

  56. arief says:

    Assalamualikum Pak Ustad YM.

    Saya mau bertanya. Itu tambang minyak yang katanya jumlahnya setara dengan cadangan minyak Indonesia tahun 80-an apakah benar2 valid infonya?
    Harusnya ada data2 hasil eksplorasi yang menerangkan secara kuantitatif bahwa benar jumlah minyak di tambang tersebut sesuai seperti yang dikatakan pejabat ex pertamina tsb. kalau tidak ada pembuktiannya dari data2 kuantitatif hasil eksplorasi tetapi hanya berdasarkan pengakuan pihak tertentu saja. maka bisa jadi hal itu hanya HOAX semata. Siapa tahu tambang itu hanya digembar-gemborkan memiliki jumlah besar padahal sudah tinggal sedikit.
    Selain itu, Kalau saya berpikir secara logika, jika memang benar tambang tersebut memiliki jumlah sebesar itu dan memiliki harga hanya 1T rupiah. Harusnya itu bakal jadi rebutan oleh negara2 seperti USA, Eropa, China. karena menurut hemat saya nilai 1 T itu murah bagi mereka. Yang pasti pesaing2 kita untuk men-Take over tambang tersebut sangat berat.

  57. EKA says:

    insyaallah ane ikut ustad…setiap gaji ane, ane sisihkan buat sedekah sebesar 20rebu

  58. retno says:

    assalamualaikum. ya pak ustad sebaiknya cari info yg valid dl ttg tambang ini, takutnya malah kejeglong nantinya… tapi ttp saya berdoa semoga semuanya benar dan akurat, insyaAllah ikutan gabung. ayooo kita beli Indonesia demi anak cucu kita. semoga kita selalu diridhoi Allah SWT. amiin..

  59. andi says:

    Assalamualaikum, Pa ustad…semoga tercapai apa yang di cita2 kan dan Allah selalu me Ridhoi kita..dan semoga kebenaran Perusahaan yang mau di take over benar dan Bisa dimiliki Oleh kita Muslim Indonesia..dan bukan hanya itu semoga semua Perusahaan OIL dan GAS yang lain yang ada di seluruh dunia seperti Chevron,Sinopec Group,BP (British Petroleum) ,Exxon Mobil,Royal Dutch Shell bisa dimiliki oleh Kita Umat Muslim di Indonesia…Amin ya robbal alamin..Allahuma solli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad amin Ya Allah ya Ghoni ya Rozzak…ngak ada yang ngak mungkin …Buat Allah hanya bilang ..Kun Fayakun…..Mari kita doakan semoga Umat islam di Indonesia Pada Kaya dan sukses.dan bisa memimpin Dunia.

  60. Nauval Zulharmain says:

    isya allah mudahan sya bisa ikut pak ustad,, semoga berkah dah

  61. Yusuf Supriatna says:

    Insya allah Kalo berjamaah semakin berkah… amiin

  62. sunardi says:

    saya sangat pingin ikutan, insllh klo ada rejeki ,

  63. hapis says:

    Ustd knp ga di negeri kita sendiri aja? Agar bisa memanfaatkan apa yang ada di negeri tercinta ini

  64. Pen Al Quran says:

    kenapa ya komen2 nya ga da yang dibalasin, TANDA TANYA BESAR NI

  65. dede says:

    Niat tulus sedekah semoga dapat berangkat haji bayar yag hajiplus minimal umroh

  66. HARUN FIRDAUS says:

    Ass..

  67. HARUN FIRDAUS says:

    Ustad saya HARUN FIRDAUS HP :085780458108, LAGI KELILIT HUTANG 500jt dr rentenir, tolong bantu saya tad selesaiin masalah saya,ada yang nawarin pinjaman tapi berbunga, nambah masalah.tolong tad… Wass

  68. HARUN FIRDAUS says:

    Terima kasih sebelumnya ustad berkenan membantu saya, tolong ustad saya sudah mentok bingung mau gimana selesaiinnya. terima kasih ustad.

  69. HARUN FIRDAUS says:

    Saya tinggal di jl.Raya Mustikasari RT.02/04 kel.Mustikasari Kec. Mustikajaya Kota Bekasi, HP:085780458108 sekiranya pak ustad berkenan saya akan datang menceritakan semuanya, saya pengen hijrah kejalan yg lbih baik tad.. mohon respon pengajuan saya

  70. HARUN FIRDAUS says:

    Terima kasih ustad, semoga Ustad dan keluarga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT.. dan selalu diberi kesehatan, panjang umur.. Amiin. Wassalamu’alaikum.

  71. Semoga berjalan lancar.., amienn

  72. oil gas emang ladang yang sangat subur untuk mendulang dollar, karena saat ini dollar lagi naik dan harga nya sangat berpengaruh ke penghasilan pekerja migas…pokoknya oil gas memang sangat menjanjikan

Leave a Reply