Panggilan Sayang

 

Anak

 

Panggilan buat anak… Yaa Nuuro ‘Ainayya … Wahai cahaya mataku… Ta’aal hunaa… Mari sini… Atau coba jajal panggil… Yaa Mubasysyirol qolbi… Wahai yang menggembirakan hati… Ta’al ilaa hunaa… Mari sini…

Manggilnya jangan dengan panggilan yang macem-macem, sia-sia, apalagi sampe punya arti kaco… “Eh, geblek… Sini Luh…”. Jangan. Tar anak beneran geblek.

“Cantiiiikkk… Sini Naaak… Cantik yang salehah… Sini sayang…” Gini nih panggil anak.

Nanti anak akan jawab… “Iyaaa Ibuk cantiiikkk… Yang kecantikannya menerangi seisi rumah…”

Atau anak akan jawab, “Iya ibuk yang salehah, yang dirindukan Rasul saat nanti bertemunya..”

Kalau lagi marah, marahlah seperti ibunya Imam Sudais… “Idzhab anta. Ilaa Masjidil Haroom. Kun imaaman hunaak.”

Keren banget dah. Marah aja jadi doa. “Pergi sana ke Masjidil Harom. Jadi imam sono…” Gitu kata ibunya Imam Sudais. Umur 24 tahun, Imam Sudais jadi imam beneran.

Jangan sampeeee nyebut anak, sebagai anak syetan pas lagi marah… “Anak syetan nih emang…”. Dia ga sadar, itu anaknya sendiri berarti?

Panggil suami… “Kakanda sayang….”. Suaminya jawab, “Iye peyaaaanggg…”. Aaaah, payah dah. Istri udah mau bermanja-manja. Jadi berantem, hehe

Sumpahin anak tuh begini, yang cakep: “Emak sumpahin kamu 17 turunan ke bawah, kaya-kaya, lagi saleh…” Nah, turunan ke-18 ke atas, sumpahin lagi.

Panggil ustadznya apa? “Ustadz Yusuf yang baik hati, tidak sombong, lagi rajin menabung…?” He he he he…

Panggil presiden kita, menteri-menterinya, pejabat-pejabat kita, dengan panggilan-panggilan yang baik. Jadi doa buat beliau-beliau. Semoga.

Manggil tetangga: “Eh tetanggaaa… Rapih amat siiiihhh… Mau kemanaaa? Ke pasar?”. InsyaaAllah tetangga, bakal gorengin ikan daaah.

Screenshot_2015-03-12-14-07-02-1Nabi memanggil ‘Aisyah, istrinya, dengan panggilan: “Yaa Humaira… Wahai yang pipinya kemerah-merahan…” Dahsyat! Inspiring Husband banget.

Coba panggil istri: “Yaa Humaira…”. He he, dia bakal sewot… “Siape tuh…? Cewek mana…? Jangan macem-macem yeee…” Hehe, ga ngatri dia…

Rasul emang subhaanallaah dah… Suatu saat, beliau datang, mencari menantunya… Sayyidinaa ‘Ali Karramallaahu wajhah. Yang ada di rumah, hanya Faathimah. Imam ‘Ali, ga ada.

“Di mana putra pamanku yang kumuliakan…?” Lihat. Beliau menyebut Imam ‘Ali begitu.

Beliau itu Rasul. Bukan hanya mertua. Tapi begitu sopan dalam memanggil nama atau menyebut nama menantunya. MaasyaaAllah.

Dan Nabi pun menyusul. Menyusul Imam ‘Ali. Luar biasa. Mertua loh. Rasul lagi. Nyusul menantu. Padahal beliau bisa banget manggil.

Besok-besok kita cerita-cerita tentang ini ya … tentang Nabi, ‘Aisyah, Faathimah, dan ‘Ali? Keren. Saya suka nangis kalo inget beliau-beliau semua.

You may also like...

24 Responses

  1. SubhanAllah Ustad, bener banget. Anak saya namanya Budiman, panggilannya juga Budiman, sederhana namun doa dari saya dan suami. Minta doa sekalian biar anak saya bisa meneladani akhlak Rasulullah. Amin…

  2. dani hildano says:

    Mohon ijin ya pak ustad.. sederhana tp insya allah bermanfaat silahkan dklik http://daniehildano.com/2015/12/20/mari-tingkatkan-ketaqwaan-kita-kepada-allah-swt/

  3. Subhanallah 😀 Inspiring banget

  4. Nyindir says:

    Terimakasih Ustad, jadi inspirasi pagi sebelum berangkat kerja.

  5. katwan says:

    nama anakku muhammad assalam setiawan, yang baik di panggil apa pak ustad…?

  6. firman muntaha says:

    Nama saya firman muntaha namun teman2 saya sering manggil muntah2 itu gmn ustad?

  7. Yanti says:

    Masya Alloh.. inspiring bgt tulisannya ustad. Jazaakallahu khairan 🙂

  8. Muhammad F. Hafiz says:

    Seger dan berisi banget…
    Ini dia ustadz paling keren se dunia.

  9. PayTren says:

    Iyaaa bener saya mah bakalan panggil istri saya,,Yaaa Humaira…
    Memang nama calon saya itu Ustadz.hehehe

  10. Masya Allah. Semoga bisa meneladani sikap Rasulullah SAW. Menjadi istri sholehah bagi suami dan ibu teladan bagi calon buah hati nanti. Aamiinn 🙂

  11. Faizatul muna says:

    Iya ustadz. Ditunggu ya ustad pembahasan lbh banyak lg tentang sayyidina Muhammad shollallahu alaihi wa alihi.

  12. Supanto says:

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Aplikasi Layanan Pembayaran Online Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia.

    1. APA ITU PAYTREN ?

    PAYTREN adalah aplikasi yg sangat canggih dan praktis yg bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan pembelian online seperti : beli pulsa , beli token listrik, tiket kereta , pesawat, bayar tagihan listrik/pasca bayar, Pdam, bpjs kesehatan, leasing motor , telpon, internet , dll.

    2. APA KEUNGGULAN PAYTREN ?

    # 100% karya anak bangsa produk dalam negeri sendiri
    # Dipimpin oleh owner yg terpercaya , amanah dan bertanggungjawab beliau adalah Ust.Yusuf Mansur.
    # legalitas jelas sudah mempunyai SIUPL,APLI, dan surat izin usaha resmi dari pemerintah daerah.
    # Fitur layanan transaksi terlengkap dan mudah digunakan oleh siapa saja.
    # Dilengkapi dengan security pin,passwod dan ID mitra atas nama pribadi agar lebih aman dan nyaman.
    # Dibawah pengawasan langsung dewan syariah nasional , pakar ekonomi islam terpercaya.
    # mempunyai 600 ribu lebih mitra aktif yg berkembang pesat didalam dan luar negeri.
    # Ada training dan bimbingan yg edukatif, inovatif, agamis bersama komunitas PAYTREN yg positif.

    3. APA KEUNTUNGANNYA KALO KITA PAKAI PAYTREN ?
    # TIdak perlu keluar rumah transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dmana saja.
    # Biaya admin lebih murah
    # Bebas biaya parkir dll.
    # Mudah , praktis ,irit dan gampang penggunaannya.
    # Ada casback disetiap transaksi yg kita lakukan bergantung jenis transaksinya.
    # Daftar sekali berlaku seumur hidup bahkan bisa diwariskan .
    # jika kita merekomendasikan /mengajak orang lain ada komisi dan bonus dari perusahaan yg nilainya bisa mencapai jutaan/minggunya.
    # Bisa menjadi agen umroh sekaligus agen ibuk ust.yusuf mansur dan produk miracle.
    # Masih banyak lagi keuntungan lainnya.

    Sekedar share aja : Anda bergabung ataupun tidak di PAYTREN tetap saja anda lakukan pembayaran dan pembelian rutin tersebut setiap hari/minggu/bulan seperti isi pulsa dll. Tetapi dgn pake PAYTREN semuanya jadi lebih praktis,cepat ,murah dan ekonomis bahkan menguntungkan.
    Mari kita berpikir bijaksana dan cerdas…

    4. BAGAIMANA CARA GABUNG DI PAYTREN ?
    # Anda downlod/unduh aplikasi paytren di playstore HP android anda.
    # Daftarkan diri anda di aplikasi dengan mencantumkan biodata secara lengkap.
    # Untuk mendapatkan no.serial pendaftarannya silahkan hubungi :

    Marketing paytren ,

    HP : 081284419491
    WA : 081808066555
    BBM : 5E2DD231

  13. Sya'roni says:

    Subhaanallaah….Assalaamu’alaikum wr wb….. Bagi yang ingin gabung di PAYTREN/TRENI, bisnis yang di usung Ust. Yusuf Mansur ini, silahkan inbox, atau Chat/WA : 085780676457, bbm : 5d8d4347, atau Klik di : http://www.leadersuksespaytren.com/syaroni. Mari jadikan hp android kita lebih bermanfaat.

  14. Kamila says:

    Amiin…

    Assalamualaikum.wr.wb.
    Yuuk,,gabung di paytren bersama USTADZ YUSUF MANSUR,dapatkan produk yg bermanfaat dan juga keuntungan seumur hidup……
    Yuuk,,daftar PAYTREN..
    Cara daftarnya cukup mudah :
    silahkan download aplikasi PayTren di Playstore atau Applestore, cari saja
    “PayTren (Official Apps)” kemudian install dan buka aplikasinya..
    Kemudian klik DAFTAR
    masukan no serial pendaftarannya.

    Untuk mendapatkan no.serial bisa hub saya di
    telp/sms/wa : 081939430454
    bbm : 54152DC5

    karena no.serial setiap orang berbeda.
    Anda masih ragu???

    Klik http://www.leadertreni.net/kamila

    Terimakasih
    Salam sukses berjamaah.

  15. Masya Allah, terima kasih ustadz atas bimbingannya, memang terkadang jadi orang tua itu harus pandai-pandai dalam berucap, khususnya terkait kepada anak kita sendiri karena ucapan kita kepada anak kita termasuk doa kita juga

  1. Jan 2, 2016

    […] oleh Ustadz Yusuf Mansur […]

  2. May 21, 2016

    […] Oleh Ustadz Yusuf Mansur […]

  3. Aug 27, 2016

    […] Panggilan Sayang […]

  4. Nov 26, 2016

    […] Panggilan Sayang […]

  5. Dec 3, 2016

    […] Panggilan Sayang […]

  6. Dec 6, 2016

    […] Panggilan Sayang […]

  7. Dec 23, 2016

    […] Panggilan Sayang […]

  8. Jan 8, 2017

    […] Panggilan Sayang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like