• home ym com


Pelajaran Syukur

syukur-cara-terbaikBintang payah ibadahnya. Payah imannya sama Allah. Ga yakin Allah yang memberi rizki. Bisa juga ga tau. Itu sebabnya ga dekat sama Allah. Ga yakin bahwa Allah Maha Melihat dan Maha Membalas. Sebab itu banyak kelalaian dan dosa yang dikerjakan. Yang bisa juga Bintang ga tau bahwa Allah Maha Tahu. Sehingga santai aja ketika melakukan perbuatan dosa.

Bintang sebagaimana kita, belajar, insyaaAllah, bahwa sesiapa yang bersyukur akan ditambah nikmat Allah. Sedang siapa yang kufur, lupa diri, lalai, apalagi sampe mengingkari dan melawan Pemberi Rizki.

Sedang kita-kita juga banyak melawan Allah. Dikasih bisa melewati pagi, tapi ga bersyukur. Padahal buat kita yang bisa melewati pagi, sungguh “Pekerjaan Allah”, teramat besar buat kita. Teramat rumit harusnya bagi kita. Tapi kita begitu santai tidak bertasbih kepada Allah. Tidak shalat dhuha. Tidak mengawali dengan shalat malam, tahajjud, sebagai awal pagi. Tidak shlaat shubuh berjamaah. Lalu bagaimana kita bisa disebut bersyukur? Nafas diberi Allah. Sistem pernafasan dibuat Allah. Macet saja satu titik dari sistem pernafasan badan kita, masalah buat kita. Misal dikasih mampet hidung. Udah ga nyaman banget. Apalagi sampe pusat pernafasan ditarik Allah. Dibuat ga berfungsi. Wuah…

Kita diberinya kaki, tangan, untuk takbir, untuk ruku’, untuk sujud, eh malahan ga dipake kecuali buat dunia belaka. Diberinya duit, dll., ga dibawa untuk ingat kepada Allah.

Dari sini saja, Cahaya udah bakalannya redup.

Apalagi ketika kemudian kita bermaksiat dengan Rizki Allah. Dengan Karunia Allah. Dengan Nikmat Allah. Masalah besar buat kita.

Begini ya. Saya kasih yang sederhana. Kita dikasih warung, kios, toko, itu dari siapa? Pengetahuan tauhid yang benar, pengetahuan iman yang benar, pengetahuan aqidah yang benar, pengetahuan keislaman yang benar, akan mengantarkan kita kepada perilaku yang benar. Ada ga sekolah ekonomi, perdagangan, bisnis, kuliah di jurusan-jurusan itu, yang mengajarkan sumber modal itu darimana? Lalu diajarkan, sumber modal itu adalah Allah. Maka seluruh permodalan adalah dari Allah. Bukan saja modal uangnya. Tapi modal tempat, modal isinya tempat, modal barang dagangan, modal kerja, modal SDM, modal kebisaaan, modal tenaga, modal pikiran, modal waktu…

Semua modal. Termasuk modal peluang dan kesempatan. Bahkan pembelinya. Semua dari Allah.

Lalu mana syukurnya? Bila kemudian Allah memanggil lewat azan, lalu Saudara-Saudara kemudian yang diberiNya warung, kios, toko, tidak mendatangiNya?

Itu disebut ga ada syukurnya.

Maka, sesuai dengan PeraturanNya. KetentuanNya. “Perjanjian” denganNya. Bahwa siapa yang bersyukur akan ditambah nikmatNya. Dan siapa yang ga bersyukur akan dicabutNya. Diberlakukan. Mirip dengan perjanjian dengan bank, dalam kondisi yang lebih mulia lagi tentunya perjanjian dengan Allah. Ketentuan Allah. Peraturan Allah.

Kalau Saudara diberi modal, pinjaman, ga mulangin, kan masalah tuh? Ayo aja ga bayar-bayar, maka Saudara akan disita. Saudara ga bayar pajak tempat. Ga bayar sewa tempat. Baik kepada pemilik lahan, juga kepada pemerintah. Pasti akan ada tindakan. Dari pemilik lahan. Juga dari pemerintah. Mulai dari teguran baik-baik. Hingga kemudian teguran kasar, dan tindakan akhir.

Maka Allah sering bertanya, maukah kita berpikir? Maukah kita menggunakan akal kita? Untuk mengevaluasi.

 

Salam, @yusuf_mansur

You may also like...

5 Responses

  1. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Yuk daftar PayTren saja.
    Ownernya Ustadz Yusuf Mansur.
    In shaa Allah sukses bisnisnya berkah hidupnya.
    Aamiin

    Info klik http://goo.gl/sGKfY0
    BBM : D55EED6A
    WA : 087885001264

  2. imammaksum says:

    Yuk berBISNIS #PayTren bareng Ustadz Yusuf Mansur.bisnis sambil sedekah.
    Info & Pendaftaran Paytren klik 
    http://goo.gl/M78Ucx
    Butuh Bantuan, Hubungi saya
    Wa / Call +6738210382(brunei)/
    +6281235029820(indonesia)
    [Luar Negeri bisa)

  3. Sri Winarni says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim
    Assalaamu’alaikum..

    Awal gabung di PayTren brsm Ust Yusuf Mansur, saya pikir bisnis ini biasa saja tapi subhanallaah.. Ternyata manfaat dan keuntungannya luar biasa

    Bayar pulsa,token,tagihan listrik,tagihan motor/mobil,tiket pesawat,BPJS,tiket kereta api,tagihan pdam,dll cukup dengan Hp.
    Yang belum gabung, manfaatkan peluang bisnis ini…

    Yang mau bisa hubungi di WA : 08813543885
    Atau klik : http://bestpaytren.com/sriwinarni

  4. Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….
    *PAYTREN* adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.
    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!
    “Berbisnis sambil Bersedekah”
    Yang beniat daftar silahkan Daftar di
    http://trenidigital.com/eddy86
    SMS : 085717214168 / 081294269850
    WA : 0895345959499
    BBM : 59C04ECF

  5. MAZ WASIO says:

    PayTren adalah jalan berkah menjemput rizki…
    Karna aplikasi PayTren adalah satu2nya ksempatan bisnis yg bernilai sedekah…

    Yg pingin gunakan aplikasinya silahkan daftar langsung di sini
    Klik http://bestpaytrenteam.com/wasio
    WA:08562645018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.