• home ym com


Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Bersama Daqu Agrotechno di Puncak, Jawa Barat

20160306042335

 

Puncak, Jabar – Pada Sabtu (27/2) dan Minggu (28/2), para peserta pelatihan budidaya jamur tiram tampak semangat menyimak penjelasan instruktur di Pusat Pengembangan dan Pelatihan Jamur Tiram (P3JT) Daqu Agrotechno. Lokasi yang dikelilingin oleh areal pertanian dan view pegunungan kian menambah sejuk suasana pelatihan. Bangunan panggung tempat pelatihan terbuat dari kayu dan bambu ala pedesaan telah membuat para peserta kian betah.

P3JT Daqu Agrotechno terletak di Puncak, tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. P3JT Memiliki empat rumah jamur dengan kapasitas masing-masing 28.000 baglog, tempat pembuatan baglog (media tanam jamur), tempat pembiakan bibit jamur F0-F2, dan tempat penampungan jamur hasil panen.

Proses budidaya jamur tiram di P3JT telah dilakukan melalui siklus dan proses yang lengkap sehingga para peserta budidaya jamur tiram dapat mempelajarinya secara mendalam, dari A sampai Z. Mulai dari pembibitan hingga pemasaran, dari teori hingga praktek.

 

20160306042309

 

Yang menjadi nilai tambah, tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, peserta juga diberikan tausiyah dan motivasi ruhiyah, yaitu tentang pertanian yang sesuai dengan prinsip bertani sunnatullah. Hal ini disampaikan oleh ustadz dan juga lulusan S3 Institut Pertanian Bogor, Dr. Ir. H. Samsudin, Msi. Semua peserta terhibur dan termotivasi, bahkan ada yang meminta sesi materi motivasi diperpanjang.

Usai pelatihan, peserta masih diberikan service berupa konsultasi gratis selama tiga bulan. Mereka dikumpulkan dalam satu group ‘WhatsApp’, dimana mereka bisa bertanya langsung kepada pemateri dan berdiskusi sesama peserta pelatihan.

Daqu Agrotechno membatasi peserta pelatihan hanya untuk 15 orang. Hal ini dikarenakan agar peserta dapat belajar dan praktek secara optimal dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak. Semua peserta pelatihan sangat antusias ketika melakukan praktek langsung pembudidayaan jamur tiram. Beberapa dari peserta mengungkapkan, pelatihan ini semacam hiburan tersendiri ditengah hiruk pikuk dunia kerja. Mereka senang bisa belajar langsung belajar budidaya jamur tiram dilapang sekaligus berminat melakukan usaha budidaya jamur tiram guna mendapatkan penghasilan tambahan.

 

20160306042327

 

Adapun tujuan dari pelatihan ini secara umum agar para peserta mampu memahami dan menguasai keterampilan budidaya jamur tiram, mulai dari mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembudidayaan jamur tiram, mengetahui dan mempraktekkan secara langsung cara pembuatan media tanam, packing baglog, pembibitan, pembuatan kumbung, penanaman, perawatan, dan penanganan pasca panen serta mengatahui potensi pasar jamur.

Daqu Agrotechno memfasilitasi penginapan dan konsumsi bagi para peserta pelatihan. Peserta diinapkan di hotel bintang empat Casa Monte Rosa. Panita berharap dengan fasilitas penginapan yang memadai, udara segar dan pemandangan asri di hotel menjadikan para peserta tetap semangat mengikuti pelatihan hingga tuntas. Daqu Agrotechno ingin memberikan pelayanan yang optimal kepada para peserta agar para peserta bisa fokus belajar budidaya jamur tiram dengan nyaman.

 

20160306042318

 

Hasil evaluasi dari lembar kesan dan pesan pelatihan yang dibagikan panitia, 100 persen panitia merasa puas. Mereka mengaku materi yang diberikan lengkap, fasilitas memadai, selain itu peserta bisa membawa jamur segar yang dipanen sendiri, serta membawa baglog jamur untuk mereka tumbuhkan jamurnya di rumah masing-masing.

Mengingat banyaknya minat masyarakat terhadap pelatihan budidaya jamur tiram yang kami selenggarakan di P3JT Daqu Agrotechno, maka pelatihan budidaya jamur tiram ini akan dilakukan secara rutin. Bagi Anda yang berminat mengikuti pelatihan, silahkan baca informasi Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di sini.

 

(Sumber: daquagrotechno.org/pelatihan-budidaya-jamur-tiram/)

You may also like...

1 Response

  1. Subahanllah…keren banget daqu…..subhanallah…
    Pesan Ustadz Yusuf Mansur :

    Kwn2 Paytren, yg mahal bagi kita adalah ilmu, iman, keyakinan, tauhid, bisa berubah hidup & kehidupan menjadi lbh baik, bisa manfaat tenaga, umur, harta, ilmu, waktu…

    Bukan sekedar teknologinya Paytren yg notabene bisa jadi ada yg sama bahkan lbh baik lagi.

    Bukan sekedar bonus. Yg notabene bisa jadi ada yg bisa memberi lbh baik & lbh banyak.

    Kelebihan menjadi member Paytren yg kuat ruhiyahnya, kuat spiritualitasnya, bagus kualitas hidup dan kehidupannya, haus akan ilmu, haus akan nasihat2 yg membangun dan membesarkan hati, haus akan motivasi2 dan inspirasi2 yg memberi semangat… Inilah yg harus dikedepankan dlm menggunakan, menjalankan, & memasarkan Paytren.

    Sehingga kita menjadi komunitas yg kuat. Yg ga kering sebab yg diomongin bukan hanya kebutuhan lahiriah fisik semata. Duit. Makanan. Hasil bonus. Dll duniawi.

    Demikian sebagian pesan Ustadz yg tercantum dalam Materi Inspirasi Nomer 41 melalui Paytren Massenger tgl 7 Juli 2015.

    Yg belum gabung segera gabung dah, mau daftar?

    Yg masih belum paham mengenai paytren bisa tanya hubungi saya ya…
    Wardathul Zanna
    085669413942(wa,sms,tlpn)
    @wardathulzanna (id line)
    5BCC81B9 (bbm pin)

    Atau klik link berikut : http://bestpaytren.com/sodakohpayment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.