Pemkab Kulonprogo Siapkan Perbup Khatam Al Quran

 

anak-membaca-alquran-_120806123929-135

 

Setelah merampungkan penetapan Perda Wajib Khatam Al Quran bagi pelajar SD, tahun ini Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tengah bersiap merancang Peraturan Bupati (Perbup) Khatam Al Quran.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, menuturkan Perbup Khatam Al Quran tersebut dirancang sebagai petunjuk teknis dari Perda pendahulunya.

“Tahun ini kita buat Perbup, juklak, dan juknisnya. Kalau sudah lengkap, harapannya 2017 Pemerintah bisa menganggarkan dana untuk pelaksanaan Perda ini,” katanya pada Republika, Ahad (3/1).

Adapun anggaran yang akan digelontorkan pemerintah nantinya berupa dana untuk pengajar Al Quran di sekolah. Salah satu sumber dananya bisa berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hasto menargetkan pembuatan Perbup Khatam Al Quran akan berlangsung selama Januari hingga Februari. Adapun Perda Khatam Al Quran mewajibkan agar siswa-siswi kelas III SD khatam Iqro, dan kelas VI khatam Al Quran.

Selain mewajibkan khatam Alquran, Pemkab Kulonprogo juga meminta pelajar beragama selain islam untuk menamatkan kajian kitab suci atau doa-doa. Misalnya untuk katolik menamatkan bible dan lagu-lagu rohani wajib di agama tersebut.

Hasto mengemukakan, Perda Khatam Al Quran sendiri dibuat sebagai realisasi dari pengejawantahan kebijakan pendidikan karakter atau revolusi mental. Ia menjelaskan dari 20 point pendidikan karakter, point pertama adalah religiusitas.

“Maka itu Perda ini kita buat untuk mencapai pelaksanaan point pertama. Sederhana saja, kalau kita tamatkan Alquran setidaknya kita bisa paham pengamalannya di kehidupan,” kata Hasto seraya menambahkan, Perda Khatam Al Quran mulai diterapkan tahun ini.

You may also like...

2 Responses

  1. Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuuh
    Permisi izin promo,,,,
    Bismillahhirrohmaanirrohiim
    ” BISNIS PAYTREN” ANEH TAPI NYATA
    *- Ada ibu rumah tangga memiliki 3 anak kecil tapi penghasilanny a tembus 2 juta perminggu, tanpa keluar rumah.
    *- Ada TKI yang kerja hampir 24 jam di negeri sebrang, tapi bisa tembus Star leader dgn cepat hanya kerja via HP…
    *- Ada kuli bangunan yg gaptek tapi mampuh meraih reward mobil Rush, berpenghasilan 25 juta perminggu.
    □”Modal 1 x….
    □Produk sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari…
    □Cocok untuk anda yg tidak punya banyak waktu dan ingin punya bisnis rumahan. □Alhamdulillaah PT.TRENI sudah Diakui oleh pemerintah RI, sudah menjadi anggota APLI, Sudah ada izin dr OJK dan sertifikat Halal dr Dewan Syariah..
    #- Kejutan itu hanya terjadi di PAYTREN Ustadz Yusuf Mansur…. Ini bukti bahwa paytren tidak mengenal latar belakang apapun…. siapapun bisa menjalankan bisnis ini, orang kantoran, pensiunan, mahasiswa, pria, wanita bahkan ibu rumah tangga yg tidak kenal internet pun bisa sukses menjalankan bisnis ini. Jadi nggak ada alasan lagi dong untuk tidak daftar paytren…
    ®- Segera manfaatkan peluang emas ini…
    PASTIKAN ANDA BERGABUNG SEKARANG JUGA. INSYA ALLOH 1-2 TAHUN KEDEPAN AKAN MENJADI PERUBAHAN BESAR DALAM HIDUP ANDA.
    √- Semoga yg bergabung diberikan kesehatan, keselamatan dunia akhirat, dan dimudahkan rezekinya…. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin @- Pesan Ustadz Yusuf Mansur, gabung aja dulu…. rasakan manfaatnya, terutama bagi sahabat dumay yang belum memiliki pekerjaan/ sahabat yg mmiliki banyak waktu luang, jadikan hp anda sumber penghasilan pundi pundi rupiah..
    MAU DAFTAR SEKARANG
    Silahkan Kujungi :http://leadertreni.net/khasanah
    WA :+886955285449
    Bb:7B398CAD

  2. Alhamdulillah, semoga disusul kota jogja, bantul, wonosari dan sleman…

Leave a Reply