Penyebab Tertolaknya Doa

 

berdoa-muslimah

 

Doa merupakan inti dari ibadah dan ia merupakan senjata paling ampuh yang dimiliki seorang mukmin.

Dari ibnu Mas’ud r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa mati dalam keadaan masih berdoa kepada selain Allah untuk menyekutukan-Nya maka ia masuk NERAKA” (HR. Bukhori)

Dan Allah Ta’ala senantiasa memerintahkan kita untuk selalu berdoa kepada-Nya, hal ini sebagaimana firman-Nya :

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.  Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

(Q.S. Al Baqarah : 186 )

Namun ada beberapa hal yang membuat doa kita ini tidak di ijabah oleh Allah Ta’ala, sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Muhammad ibn Utsaimin Rohimahullah, dalam syarh kitab Riyadhussolihin karya imam Nawawi rohimahullah :

Pertama, makan dan minum atau berpakaian dari yang haram, atau dari usaha atau kerja yang haram. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai manusia, sesungguhnya Allah ta’ala adalah Maha Baik, tidak menerima kecuali yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada para Rasul. Allah ta’ala berfirman:

“Hai Rasul-Rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang shalih”

(Q.S. Al-Mu’minuun: 51)

Dan Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu”

(Q.S.Al-Baqarah:172)

Kedua, tidak khusyu’ dan lalai serta tidak memaknai doanya. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Berdoalah kepada Allah dan kamu yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hatinya lalai dan tidak khusyu.”

Ketiga, teburu–buru minta terkabul doanya yang akhirnya ia meninggalkan doa. Rasulullah SAW bersabda: (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no.3479 dan Al-Hakim no.1817; hasan lighairihi).

“Dikabulkan doa seseorang dari kalian selama ia tidak buru-buru, (dimana) ia berkata:

”Aku sudah berdoa namun belum dikabulkan doaku” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no.5981 dan Muslim no.2735).

“Senantiasa doa seorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk meminta berbuat dosa, atau memutuskan silaturahim, dan selama ia tidak meminta dengan tergesa-gesa (isti’jal)”.

Ada yang bertanya : “Ya Rasulullah, apa itu isti’jal ?”. Jawab beliau : “Jika seseorang berkata:

“Aku sudah berdoa, memohon kepada Allah, tetapi Dia belum mengabulkan doaku”. Lalu ia merasa putus asa dan akhirnya meninggalkan doanya tersebut”. (Diriwayatkan oleh Muslim No.2735).

Keempat, berdoa yang isinya mengandung perbuatan dosa atau memutuskan silaturrahim. Sabda Rasulullah SAW:

Senantiasa doa seorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untukmeminta berbuat dosa, atau memutuskan silaturahim. (Diriwayatkan oleh Muslim no. 2735).

Dari Jabir r.a, dia berkata:

Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seseorang berdoa dengan sebuah doa, melainkan Allah memberikan kepadanya apa yang dia minta atau menolak keburukan darinya yang semisalnya, selama dia tidak berdoa untuk perbuatan dosa atau pemutusan hubungan kekerabatan.” (HR. At-Tirmizi no.3573 dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no.5637).

Kelima, gemar melakukan maksiat dan perbuatan apa saja yang diharamkan Allah. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa doa yang bermanfaat untuk orang tua adalah doa anak sholeh, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : Abu Hurairah r.a menuturkan bahwa, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga perkara: shadaqah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim: 3084)

Maka tentunya kesholehan seseorang itu mempengaruhi terkabulnya doa sebagaimana kemaksiatannya akan menghalangi doanya.

Seorang penyair berkata : “Bagaimana mungkin kita mengharap terkabulnya doa, sedangkan kita sudah menutup jalannya dengan dosa dan maksiat”.

Keenam, meninggalkan Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar serta meratanya perbuatan maksiat.

Rasulullah saw bersabda :

“Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan), maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya tetapi tidak dikabulkan” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no.2169, Al-Baghawi dlm Syarhus-Sunnah 14/3453, & Ahmad no.23360).

Ketujuh, tidak bersungguh-sungguh dalam berdoa. Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila seseorang dari kamu berdoa dan memohon kepada Allah, janganlah ia mengucapkan:

“Ya Allah, ampunilah dosaku jika Engkau kehendaki, sayangilah aku jika Engkau kehendaki, dan berilah rizki jika engkau kehendaki.” Akan tetapi, ia harus bersungguh-sungguh dalam berdoa. “Sesungguhnya Allah berbuat menurut apa yang Ia kehendaki dan tidak ada yang memaksa-Nya”. (Diriwayatkn Al-Bukhari no.7026].

Setelah kita berdoa dan berusaha mencari sebab untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, kemudian misalnya Allah ta’ala belum mentaqdirkan doa kita terwujud, maka kita harus bersabar dan husnudzon, serta ridha bahwasannya Allah ta’ala mempunyai hikmah yang sangat besar. Allah ta’ala sangat sayang terhadap hamba-Nya dan seorang hamba tidak tahu tentang akibat urusannya.

Firman Allah Ta’ala :

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

(Q.S. Al Baqoroh :216)

(Sumber: PPPA Daarul Quran)

You may also like...

11 Responses

  1. Assalamualaikum Wr. Wb

    Bismilahirohmanirohim
    ..
    Apa Sih PAYTREN, Gimana Sih Cara Kerjanya,
    Aku kalau Sudah Ikut Bisa Ngga ya Merektrut
    Orang, bisa Ngga ya Dapat Bonus, Tertipu Ngga
    ya ???
    Masih Banyak Pertanyaan-Pertanyaan yang ada
    dikepala kita PASTInya….
    Menurut Hemat Saya :
    1. Jangan BINGUNG… NIATKAN Saja Bergabung
    di PAYTREN ini Untuk Sedekah, Sesuai dengan
    Motivasi Sang Pemilik, Ustadz Yusuf Mansur yang
    terkenal dengan PROGRAM SEDEKAHNYA…, apa
    yang kita jalankan adalah Mensupport Niat Beliau
    Untuk Membangun Sebanyak Mungkin Pesantren
    Bagi Anak2 Penghapal Al-Qur’an
    2. Keuntungan Langsung kita Apa Dong ?? Kita
    Dapat Menggunakan Aplikasi PAYTREN Untuk
    kemudahan Transaksi-transaksi Keperluan Pribadi
    kita, Isi Pulsa HP (All Operator), Bayar Tagihan
    Listrik (Pasca Bayar), Beli Token Listrik, Bayar
    Tagihan PDAM, Telepon, Speedy, Indovision, Auora
    TV, Kartu Hallo, Bayar Cicilan Kredit Kendaraan :
    FIF, BAF, MAF, MCF, WOM, Pembelian Ticket
    Pesawat, Ticket Kereta Api, dsb. Transaksi ini kita
    Dapat Casback
    3. Bila Nantinya kita Dapat membentuk Jaringan
    dengan Mampu mengajak orang Untuk bergabung
    sekaligus Banyak mendapatkan BONUS itu Berarti
    ALLAH Ridho dengan Niat Kita…. Ayoo
    Kembalikan Bahwa Semua ini Milik ALLAH, Kita
    hanya berproses untuk menjadi lebih Baik dengan
    Berusaha dan Berdo’a….. SEMANGAT UNTUK
    SEMUA

    Info pendaftaran
    http://leadertreni.net/khasanah

    WA/Line:+886955285449
    Bb:7B398CAD

  2. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur.
    Info klik http://leadertreni.net/iinsartika
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  3. Fathul jihad says:

    sangant bermanfaat ustad kalau mau informasi terkini tentang artis dan film terbaru di 2016 silahkan kunjungi http://www.cinemaxix.com

  4. sakiyah says:

    Assalamualaikum…
    Anda mungkin pernah mendengar atau membaca kalimat “Seorang OB (Office Boy) sekeras apapun dia bekerja, dia tidak akan pernah mendapatkan gaji yang sama dengan Direkturnya.

    Nah di “PayTren” statement di atas akan kita balik. Anda akan digaji sesuai dengan USAHA Anda. Siapapun anda mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, TKI, Tukang Batu, Penjual Siomay keliling bahkan Pengangguran pun berpotensi mendapatkan GAJI melebihi seorang DIREKTUR… Kenapa?? di komunitas ini anda akan kami bimbing hingga SUKSES, dengan cara yang murah, mudah dan cepat karena komunitas kami didukung oleh para leader-leader hebat dan sistem jaringan berjamaah yg kuat. Kesuksesan adalah milik orang yang mau bekerja cerdas dan bukan bekerja keras. Sekali lagi, bisnis PayTren bukan Money Game dan bukan Easy Money.

    Mari jemput kesusuksesan anda sekarang !! JANGAN berlama-lama jadi penonton. Ingat … !! pesan ustad Yusuf Mansur : GABUNG aja dulu… Paytren dapat dijalankan dg cara belajar sambil praktek dan langsung dapat income, yang gaptek akan menjadi hitek yang buta bisnis akan menjadi melek bisnis. Sukses adalah hak Anda !!
    Dftr klik http://leadertreni.net/sakiyah
    WA 089690313468
    BB 5BD01740

  5. Yuk yang mau ikut mengabaikan tanggal tua maupun tgl (muda) siapapun kamu tgl brapapun itu gk ada masalah dg uang mu.. Mau tau?? Gabung PayTren bersamaku.. Hhhee
    http://leadertreni.net/tuhat
    081578013047
    BB: 5d7ab00a

  6. Maaf, lagi mencari seseorang yg ingin SUKSES DUNIA AKHIRAT

    Bismillaah, Saudaraku yg insya Allah dicintai Allah, kapan lagi nih kita bisa “BERBISNIS DGN BANYAK BONUS SAMBIL SEDEKAH PULA” bukan hanya itu, kita bisa gunakan ini sebagai alat bayar2 yang simple dan mudah hanya dgn hp kita… Dan yg pasti LEGAL seperti anggota APLI, dll.

    Mau buka loket pembayaran seperti kantor pos atau indomaret.?.bisa..hanya bermodal Rp.350.000. Jalan.

    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1. Pembayaran PLN Pasca
    2. Token PLN
    3. TV berbayar
    4. PULSA HP
    5. Kartu Hallo
    6. Speedy
    7. Leasing Sepeda Motor/Mobil
    8. Tiket Pesawat
    9. Voucher Game Online
    10. Telkom/Telepon
    11. PDAM
    12. Pulsa BOLT
    13. BPJS
    dan masih banyak fitur/fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren,
    karena PayTren adalah :
    1. Made in Indonesia
    2. Software pembayaran pertama yg benar 100% indonesia
    3. Membuat HP kita memiliki nilai tambah
    4. Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi
    5. Tiap transaksi ada DANA SOSIAL/SEDEKAH
    6. Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2x
    7. Biaya kemitraanya masih terjangkau
    8. Halal dan legal dan BUKAN MONEY GAME
    9. Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar
    10. Dapat di wariskan ke anak kita
    11. Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah “Ust. Yusuf Mansur” PT. Veritra Sentosa Internasional.

    Yang Berminat silahkan hubungi
    Wa: 085642842132
    Pin:51888ed9

  7. Anggabrewok.. says:

    Ini yang comentnya kok jualan semua,.. pasar kali yaa..

  8. Dhika Ananda says:

    Waaaah…. boleh juga nih ikutan bisnis.nanti klo udah ada rizqi saya gabung.inshaAllah mohn do’anya aja ya guys…

  9. suparmi says:

    Aamiin…
    Assalamu’alaikum saudara ku,

    Paytren itu bisa dipake buat Pemakaian Pribadi (isi pulsa utk sendiri dan orang rumah, bayar2 tagihan,dll)

    Bisa juga dipake buat mengembangkan bisnisnya dgn potensi income ratusan ribu sampai jutaan per hari..
    (referensikan paytren ke teman kerabat kita)

    atau bisa juga dua2nya dijalanin. utk pribadi sambil kembangin bisnisnya..

    Enak bgt deh jalanin Paytreenn.
    Ga perlu repot2 stok barang, gx da tutup poin, dll. bahkan sebetulnya kita bs Berbisnis sekaligus mencari ilmu..

    Ayoooo gabung PAYTREN..
    Info pendaftaran:
    http://www.leadersuksespaytren.com/VP29121
    WA/SMS : 08562882676

    Pesen ustadz YUSUF MANSUR:
    “Gabung aj dulu insyaAllah tau manfaat nya”

  10. Kamila says:

    Gabung bersama kami di PayTren USTAD YUSUF MANSUR
    Bisnis sambil bersedekah insak Alloh berkah.
    sukses bisnisnya berkah hidup nya.

    Bisnis yg benar benar bisa buat mandiri dan pendapatan yg luar biasa hebat.
    Info pendaftaran PayTren :
    http://www.leadertreni.net/kamila

    BBM.54152DC5
    WA 081939430454

  11. Suci Rinawati says:

    Kalau mau gabung paytren chat me ya wa 085777746275 info http://www.globalpayrtren.com/sucirinawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like