Penyesalan Selalu Datang Belakangan

Sya’ban salah seorang sahabat Rasulullah saw yang luar biasa. Dia senantiasa sholat berjamaah di masjid, di 5 waktu sholat fardhu. Yang menjadi bernilai luar biasa, karena untuk bisa sampai di masjid, Sya’ban harus menempuh perjalanan selama 2-3 jam. Bandingkan dengan diri kita, teman-teman. Tentu kita sepakat, Sya’ban memang luar biasa.

Singkat cerita, Sya’ban menemui ajalnya. Di saat itu, dia diperlihatkan oleh Allah akan balasan amal-amal sholihnya. Ketika ruh beberapa saat jelang keluar dari tubuhnya, dia berujar, “Mengapa tidak lebih jauh? Mengapa tidak yang baru? Mengapa tidak semuanya?”

Tiga pertanyaan ini tidak dipahami oleh keluarga Sya’ban. Rasulullah pun menjelaskan bahwa Allah memperlihatkan balasan dari amal sholih Sya’ban. Sya’ban yang biasa mengadakan perjalanan ke masjid selama 2-3 jam, menyesal mengapa tidak lebih jauh lagi perjalanannya.

Sya’ban juga menyesal yang pernah memberikan satu lembar pakaiannya, ketika melihat seorang tua kedinginan di malam hari. Dia menyesal, mengapa tidak memberinya yang lebih baru. Sya’ban juga pernah memberikan separuh rotinya dan setengah gelas kepada seorang yang membutuhkan. Dia menyesal mengapa tidak memberikan seluruhnya.

Balasan yang seharusnya diterima lebih banyak, lebih besar, bila Sya’ban lebih maksimal. Tapi itu tidak dilakukan oleh Sya’ban, sehingga dia menyesal. Menyesal di saat sakaratul maut sudah terlambat.

Menyesal tidak maksimal beramal sholih, masih bagus. Karena masih ada pahala yang insyaAllah akan diterimanya. Bagaimana dengan penyesalan karena tidak sempat melakukan amal sholih? Tentu ini akan jadi masalah dan semuanya telah terlambat.

Penyesalan Sebelum Sakaratul Maut

Setiap ayat-ayat Al Quran dan hadits merupakan petunjuk yang wajib dipegang teguh oleh seluruh umat Islam agar terhindar dari kesesatan. Melalui kuliah ini, Asatidz Daarul Qur’an akan mengajarkan dan menjelaskan secara tuntas kandungan ayat-ayat Al Qur’an dan hadits-hadits tertentu.

Silakan Pelajari di: https://paytrenacademy.com/course.php?uuid=753230b3-bf74-487c-b249-60d73fe60f56

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: