• home ym com


Perjalanan Mimpi Tak Pernah Terhenti

Ada orang kontrakan pasang mimpi. Ngomong ke where where. Kemana-mana. Bahwa dia bakal jadi pengusaha properti dengan izin Allah. Selalu sertakan Allah ya. Bahwa dia bakal ga ngontrak lagi. Bahwa dia bakal bebasin kawan-kawan sedertet kontrakannya dari bayar-bayar kontrakan. “Tar kontrakannya punya saya. Saat punya saya, mas semua ga usah bayar.”

Orang ini, katakanlah begitu, bukan kisah sebenernya. Hanya ilustrasi. Jatohin omongan ga kita-kira sepanjang tahun itu.

Dan terjadilah apa yang terjadi…

Bisa jadi, saat dipancang impian, dan kemudian senantiasa dipikirkan, ditulis, dan diperbincangkan, perjalanan lalu ga mulus.

Tapi ya itulah hakikat perjalanan.

Ada orang yang terus-terusan ngomong kemana-mana, bahwa dia yang akan memberangkatkan haji dan umrah, segenap keluarga besar. Bahkan hal ini diceritakan terus menerus. Ke keluarga di rumah, ke kawan-kawan, dalam bentuk doa dan minta doa. Paham kan? Misal, “Eh doain ya. Supaya saya bisa ngeberangkatin haji dan umrah keluarga besar saya.” Ini diucapkan ke siapa aja yang ketemu.

Tapi akhirnya sepohon keluarga dan kampung tau, bahwa akhirnya, impian dan kata-kata itu, ga pernah terwujud. Sebab orang ini, WAFAT. Anak-anaknya malah diasuh sana sini. Istrinya kemudian juga menjalani kehidupan tanpa suami di sampingnya.

Tapi hebatnya, dengan izin Allah, perjalanan mimpi itu, ga berhenti dengan wafatnya sang pemimpi.

Anak-anak almarhum pada jadi orang besar. Satu demi satu, saling berangkat dan memberangkatkan keluarga besar satu demi satu. Sehingga akhirnya semua melihat, bahwa impian dan perkataan itu, tetap mewujud. Bahkan dalam -keadaan yang bermimpi dan berkata-kata, dah wafat.

Ya, bagi keluaga besar dan orang-orang kampung, anak-anaknya almarhum yang memberangkatkan, sama aja dengan almarhum yang memberangkatkan.

Dan memang rupanya, anak2nya mewujudkan itu semua, karena tau. Bahwa yang paling jadi keinginan ayahnya adalah, menjadi wasilah bagi berangkatnya keluarga besarnya ke haji dan umrah.

Tentu cerita ini hanya cerita. Tapi di kehidupan sehari-hari, kisah seperti ini, hidup dan terjadi. Dan karenanya, saya senang bermimpi dan berkata. Senang memimpikan banyak hal, dan memberitakan kepada dunia. Saya tau. Dengan Izin Allah, asal saya ga stop bermimpi, ga ngeluh dengan keadaan, ga putus asa, ga merasa dan berkata, “Yaaaahhh… Emang ga boleh kali orang kecil punya cita-cita dan impian besar…”, maka insyaaAllah, ia akan mewujud. Allah pengen liat perjuangan saya dan kita semua, dan kesungguhan dalam meraih dan berjuang untuk mendapatkan impian itu. Ok, jangan lupa, libatkan Allah dalam setiap upaya perjalanan mimpi. #Indonesia2034.

You may also like...

4 Responses

  1. M.RIFAI says:

    Assalammualaikum”…

    Mau BERBISNIS sambiL BERSEDEKAH,,Ayoooo,,

    Mulai dr sekarang
    KENALI PAYTREN
    GUNAKAN PAYTREN
    BERBAGI BERSAMA PAYTREN
    Hubungi :
    No telpon : 085710287353
    WA : 08980424771
    Bb : 54CEAB6

  2. Bismillaahirrahmaanirrahim.
    PAYTREN adalah PROYEK transaksi digital yg dibangun Ustad Yusuf Mansur,
    *BERBISNIS SAMBIL BERSEDEKAH*
    DAFTAR DI
    http://leadertreni.net/pras86

    SMS; 081294269850
    WA : 0895345959499
    BBM : D76E41D7

  3. sri winarni says:

    Assalamualaikum
    Berbagi manfaat, mari berbisnis sambil bersedekah bersama ustadz yusuf mansur, info lanjut hubungi
    http://bestpaytrenteam.com/sriwinarni
    WA 08813543885

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.