• home ym com


Prasangka Baik

 

Yusuf Mansur

Dalam berkawan di perkawanan sehari-hari. Termasuk di twitter. Saya melihat, jika pada punya baik sangka, termasuk dalam bernegara, akan positif.

Kalau belum apa-apa dah curiga… Maen telen begitu aja informasi apa yg masuk… Maka bangunan sebuah organisasi, bakal rapuh.

Bahkan dalam urusan dengan Allah, hubungan dengan Sang Khaliq, baik sangka harus jadi yang utama. Bisa membuat kita nyaman terhadap apa aja Perbuatan dan Kehendak Allah.

Segala musibah yang terjadi akhir-akhir ini, baik yang terjadi di diri kita, daerah kita, negara kita, bahkan dunia, bisa jadi sulit kita berbaik sangka terhadap Allah.

Namun di situlah seninya. Sampe-sampe merupakan iman yang keenam, percaya dengan segala Takdir Allah, Qodho-Nya Allah, Qodar-Nya Allah. Baik atau buruk.

Antar-pengguna-twitter, saya liat, bisa pada kehilangan baik sangka. Alih-alih di twitter jadi temen, jadi sodara, malah pada ribut ga keruan.

Bangunan 1 keluarga, kalau mau tetap utuh, harus mengedepankan baik sangka. Berbanding lurus dengan saling menjaga kepercayaan.

Apalagi hidup di zaman arus informasi serba cepat. Bila kita tidak mengedepankan baik sangka, babak belur dulu, baru nyadar hanya miskom saja.

Kadang pertemanan, persaudaraan, diuji Allah. Mana ada juga yang mulus dan baik terus. Pasti ada saat-saat terluka. Maaf dan memaafkan, adalah kawannya baik sangka.

Saya mah jika ada yang nyinyir, misalnya, baik sangka aja dulu. Bisa jadi pada belum kenal. Kalo dah kenal, jadi cinta. Hehehe. Ga ada ruginya baik sangka.

Pemerintah ke rakyat, rakyat ke pemerintah, kudu saling baik sangka…

+ Susah Bro…

– Ya belajar.

+ Gmn caranya?

– Kawan-kawan… Ada ide?

+ Jangan dipikir deh…

– Kenapa?

+ Ya baik sangka dulu. Kan ada Allah sebagai Pengadil…

– Wuih. Berat nih. Bawa-bawa Allah.

+ Lah. Piye? Jajal antar-teman, antar-saudara aja dulu kali ya? Gedein baik sangka. Bisa muncul sabarnya. Bisa muncul tabayyunnya. Kalo ada apa-apa.

– Oke.

You may also like...

8 Responses

  1. NOFY-Paytren ngawi says:

    Harus belajar terus&diasah terus sifat baik sangkanya ustad,pd siapa sj utama nya pd Allah SWT

    Info Paytren invite pin 540EBD65

  2. NOFY-Paytren ngawi says:

    Harus belajar terus&diasah terus sifat baik sangkanya,pd siapa&apa sj utama nya pd Allah SWT

    Info Paytren invite pin 540EBD65

  3. ayu says:

    Iy bener, emg kdg kt uda putus asa duluan ktika yg terjadi tdk sesuai harapan,,pdhl اَللّهُ uda mengatur yg terbaik utk kita

  4. maulia says:

    berprasangka baik benar2 sangat penting.. terutama kpd sesama manusia.
    tp, trkadang kl sudah di bohongi, suliiit sekali rasany kl mau berbaik sangka lg.
    gimana ya ust, cara mengatasinya?
    maturnuwun

  5. Berliani says:

    Walau suami membicarakan/mmbuka aib kjelekan sya di hadapan adik2nya, apakah sya hrus ttap berbaik sangka pada Allah dan jg pda manusianya ???

  6. Hahaha betul, ternyata berprasangka baik itu susah. Tidak seperti sahabat Abu Baqar ketika di tanya masalah Isra’ Mi’raj Nabi langsung percaya saja. Bahkan membuat bangsa Quraisy tercengan. Akan di coba Ustad

  7. “Saya menyesal gabung di PayTren kemarin”
    Ya saya nyesel banget kenapa tidak dari dulu. Padahal keuntungannya wao banget keren .. Paytren mengakibatkan kecanduan utntuk terus berbisnis.. Penasaran kaya apa hebatnya paytren..
    Klik aja http://leadertreni.net/tuhat dan segera gabung sekarang juga..
    Sebelum terlambat ntar nyesel lo..

    Pin BB : 5d7ab00a
    Wa/sms: 081578013047

  8. Biamillah
    Allahumma Shalli Ala Muhammad Wa Ala Ali Muhammad Wa Ashabihi Wa Dzurriyatihi Wa Azwajihi Wa Ummatihi.

    Masya Allah
    Yaa Allah, Gedein saya baik sangkanya agar muncul tabayyun. Amin
    Yaa Allah, Alhamdulillah saya bisa tabayyun tentangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.