“Prince Sultan Islamic School” Sekolah Islam di Korea Selatan

 

Sekolah Islam Korea

 

Korea Selatan memang bukan Negara yang mayoritas beragama Muslim. Berdasarkan sensus pada tahun 2005 jumlah populasi kaum Muslim di Korea Selatan telah mencapai 145 ribu-160 ribu orang dari 50,22 juta jiwa penduduk Korea Selatan.

Diperkirakan 50 ribu diantaranya merupakan penduduk asli Korea sedangkan sisanya merupakan pendatang dari Indonesia, Malaysia, Pakistan, dan Negara-negara di Timur Tengah. Perkembangan Islam di Korea Selatan ditandai juga dengan hadirnya komunitas-komunitas Muslim. Komunitas Muslim di Korea merupakan komunitas yang kaya dengan keberagamaan latar belakang etnis dan budaya.

Di tengah kondisi itu, komunitas Muslim Korea pelan-pelan menunjukkan bergerakan meskipun dalam jumlah minoritas. Arab Saudi bekerja sama dengan Muslim Korea Selatan akan mendirikan sekolah Islam pertama di Korea.

Melalui kerjasama dengan Dubes Saudi, diharapkan agara Korea Muslim Federation (KMF) dan warga Muslim di Negeri Gingseng bisa mendapatkan pendidikan sekolah Islam. Mendirikan “Prince Sultan Islamic School (PSIS) pada tahun 2006 silam. Sekolah ini merupakan sekolah Islam pertama yang dibangun di Korea Selatan. Bertujuan untuk membantu Muslim di Korea belajar tentang agama mereka melalui kurikulim sekolah resmi.

Dilansir dari Koreatimes, PSIS adalah sekolah dasar Muslim pertama di Korea yang terletak di kawasan Itewon, Korea Selatan. Sekolah ini diresmikan pada tahun 2006 lalu. Pendirian sekolah tersebut didanai oleh Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz dari Arab Saudi. “Pada tahun 2015, sekitar 65 siswa yang bergabung di sekolah ini,” ujar Imam Lee yang merupakan lulusan bahasa Arab dan studi Islam dari Madinah Islamic University pada 1985.

Sekolah ini memiliki kurikulum yang sama dengan sekolah dasar lain di Korea. Meskipun demikian, setiap kelas akan diajarkan dalam bahasa Inggris. Menurut beliau, siswa juga diajarkan pendidikan Agama Islam sesuai kurikulum, seperti membaca Alquran serta menulis aksara Arab.

“Anak-anak yang lulus dari sekolah ini tidak hanya akan memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa inggris akan tetapi juga bahasa Arab,” kata Sohn Joo-young, direktur dari KMF.

KMF mengembangkan kurikulum sekolah dan program pertukaran pelajar melalui kerjasama dengan organisasi-organisasi Muslim di Arab Saudi, Malaysia, dan Thailand. Rasa terimakasih mereka atas bantuan financial dari pemerintah Arab Saudi, terutama kepada Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz. Dan Korea Muslim Federation (KMF) akan menerima semua siswa tanpa membatasi agama dan kewarganegaraan, serta biaya sekolah yang tidak akan setinggi biaya sekolah swasta umumnya.

Pada tahun 2015 lalu, Prince Sultan Islamic School (PSIS) telah meluluskan siswa angkatan pertamanya sekitar 10 anak non Korea maupun Korea. KMF akan berencana membangun pusat budaya, sekolah menengah, dan bahkan universitas dalam jangka panjang ini.

 

Penulis: Ratna Putri

Sumber: dari beberapa berita online

You may also like...

3 Responses

  1. 340ribu… coba aja di tabung di bank. terus diamkan selama 1 tahun. kira2 nambah berapa ya?.
    kalau di paytren 340rb, di investasikan.. manfaatnya banyak banget..
    tapi masih ragu buat gabung.
    Intinya ketika bergabung di TREN-I dgn hanya 340rb itu, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan, diantaranya:
    1. Dapat akses & aplikasi PAYTREN u/ memprmudah pembayaran2 kebutuhan sehari2 hanya dgn menggunakan HP. Praktis, effisien, hemat biaya & waktu.
    2. Dapat poin perdana yg bisa dituker dgn Herbal Habspro, Buku2 Ust. Yusuf Mansur atau TRENI power (Penghemat BBM)
    3. Bisa Akses Patren Academy (sekolah digital UYM) tempat belajar mitra paytren.
    4. Bisa berbelanja di mercant-mercant atau sesama mitra yg bergabung dgn tren-i, tanpa uang cash, hanya melalui HP. Dapat poin & cashback dari setiap belanja.
    5. Berkesempatan mendapatkan penghasilan hingga jutaan bahkan miliaran rupiah, dgn ikut memasarkan PAYTREN atau membuka pendaftaran TREN-I. Bonus2nya banyak banget…
    6. Tentunya bisa nambah teman, orang2 yg positif dan visioner
    7. Coming soon teknologi “paytren messenger” semacam whatsapp, paytren umrah, dll.
    8. Daftar sekali, keuntungan seumur hidup bahkan dpt diwariskan
    Dan masih banyak lagi yg lainnya, insyaAllah sangat bermanfaat bagi kita semua…
    InsyaAllah seiring berjalannya waktu nanti akan semakin faham dan terasa manfaatnya kl sudah dftar. InsyaAllah kami siap membantu…
    segera gabung, mumpung hari ini 340rb nih.. inbox saja ya….klik http://treniuym.com/khasanah
    WA:+886955285449
    Bb:7B398CAD

  2. nanang suryantoro says:

    Sy suka dan ingin bergabung spy barokah

  3. uswakh says:

    Penting nih…

    Untuk sahabat yang mau mengubah hidup dan SUDAH BOSAN DENGAN GAJI BULANAN.

    KELUARLAH DARI ZONA NYAMAN YANG TIDAK AMAN..

    PHK RIBUAN KARYAWAN TERPAKSA DILAKUKAN..

    Sudah tidak diragukan lagi, krisis ekonomi global akan terjadi lagi. Suka tidak suka, mau tidak mau, siap atau tidak, kesulitan ekonomi pasti dialami.

    Yang bisa kita lakukan adalah MELAKUKAN PERUBAHAN..
    AMBIL TINDAKAN.

    Mari kita siapkan diri sebelum semua semakin rumit…

    Gabung di Paytren segera…anda PNS, TNI, Karyawan, Mahasiswa, Pelajar, buruh, wiraswasta, SEMUA BISA.

    SAYA siap bantu anda melalui Bisnis Paytren

    Klik
    http://www.bestpaytren.com/uswakh

    atau hub :
    Uswakh
    Exekutif Marketing paytren
    di :
    WA : 085726788378
    BBM : 5b20c833

    NB : Abaikan info ini jika anda tidak mau perubahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like