Yusuf Mansur

Rahasia di Balik Waktu Ashar dan Maghrib

 

 

Peralihan waktu artinya sama dengan perubahan tenaga alam, yang dapat diukur dengan perubahan warna alam. Perubahan warna alam ini tidak asing bagi dunia fotografi, video, film, industri cahaya, lampu, percetakan dan lain-lain. Karena ada istilah suhu dan temperatur warna. Kalau siang, kebiru-biruan. Kalo sore, kemerah-merahan. Perubahan fenomena alam ini, persis dengan penetapan Allah terhadap waktu sholat.

Pada waktu Ashar, cahaya matahari mulai berubah warna menjadi kuning jingga. Menurut para ilmuwan bahwa spektrum warna matahari pada saat itu bersamaan dengan frekuensi reproduksi manusia.  Selain itu, kondisi alam saat itu berpengaruh pada kinerja otak kanan atau produksi kreativitas seseorang. Beraktivitas di waktu-waktu ini akan meningkatkan kreativitas. Oleh karena itu, para ulama  melarang tidur di waktu-waktu seperti ini (waktu Ashar).

Apalagi keutamaan waktu Ashar lainnya? Dan bagaimana dengan waktu Maghrib, apakah mitos-mitos yang dikatakan orang-orang tua dulu tentang Maghrib itu benar?

sumber image: www.syahida.com

Exit mobile version