Yusuf Mansur

Rajab

uym 30

 

Hadits-hadits tentang amalan-amalan di bulan Rajab, emang banyak palsunya. Tapi ketika beda pendapat, ga pake ribut, ga pake urat, ga pake tanda seru.

Barangkali kawan-kawan kita yang ga membrodcast hadits-hadits palsu, sebab tidak tau, dan semangat dakwah. Maka kasih tau dengan santun, dan kasih solusi untuk tetap ibadah.

Yang seneng puasa, ambil aja senen kamis, atau hajar Daud sekalian. Ga usah khusus nyebut Rajab, dapat dah. POLIN puasanya.

Perihal baca Istighfar, ga kudu di Rajab, emang kudu tancep gas baca sebanyak-banyaknya. Juga Quran dan shalawat.

Tentang angkanya, berapa kali, itu gapapa ditetapkan sendiri. Asal jangan bilang ini hadits. Motivasi biasa aja. Misal, ditarget 2 kali khatam di bulan ini.

Atau 100 shalawat tiap-tiap hari, atau malah tiap-tiap habis shalat. Asal memotivasi dengan tanpa nyebut hadits, masih gapapa. Misal, untuk sebanyak-banyaknya dapat kebaikan.

Pokoknya, usahakan bertradisi ilmu, tanpa ngotot, tanpa urat leher keluar, tanpa tanda seru, dan tetap saling mempelajari, dan memahami.

Jika ditemukan yang satu lebih kuat, maka kebaikan buat yang satu jika kemudian mengikuti pendapat itu. Dengan tetap kalem, santun.

Tapi, Baca selanjutnya

Exit mobile version