RIYADAHAH IBADAH & DOA

18,346 Views

RIYADAHAH IBADAH & DOA 40HARI BAG I:

Bila ada hajat, atau mslh, sebaik2 Pnolong adlh Allah. Di antara obat termurah adlh doa. Tentu doa yg dikawal dg ksungguhan ibadah lainnya. Saya mmperkenalkn istilah riyadhah 40hr. Yg kdg tdk ditemukan dari diri qt adlh ksungguhan, kseriusan, ksinambungan amal (istiqomah, mujahadah, mudawamah). Saya ksh contoh sdrhn: Kwn2 pesantren pengen bikin taman di pondok. Budgetnya puluhan juta. Modal awal: 2jt. Kwn2 bagian itu kmudian mnyabarkan diri dg shalat, doa, &amalan2 lain. Tdk lsg buru2 memesan pohon2, rumput2 u/ taman. Kesatu, duitnya jauh dari cukup. Kedua, kalo dipaksain, jadi hutang. Karena itu, tempuhlah Jalan Allah. Shalat, doa, ibadah, dan sabar. Jgn lsg pengen jadi. Keinginan bikin taman itu. Dibuat misalnya, bulan depan. Sebelom bulan depan itu jatuh, sungguh2lah mendekatkan diri kpd Allah. Mereka shalat sunnah di atas tanah yg mau ditanemin pohon2 dan dibuatkan taman. Mereka ngaji Qur’an di atas tanah tsb. Mereka shalat malam di atas tanah itu. Angka bilangan riyadhah 40hr sekali lagi menunjukkan target kedisiplinan dan wkt yg cukup. Isinya riyadhah, standar2 aja. Ga ada yang aneh2. Dhuha 8 rokaat. Jamaah di masjid plus qobliyah ba’diyah. Tahajjud dan witir. Baca shalawat 10 s/d 100x atau lebih banyak dari ini, istighfar 3x s/d 70x atau lbh banyak dari ini. Baca Qur’an 1hr minim2 1 halaman. Cuma, di semua proses ibadah yg dilewati, diselipkan doa khusus selama riyadhah. Dalam kasus ini: Doa spy dibuatkan taman oleh Allah. Dari 40hr, misalnya 3hr saja terlewati, kalau kuat, kalau bagus, kalau disiplin, biasanya udah mulai rintik. Udah mulai ada tanda2. Apalagi 7hr, 14hr, 21hr, 40hr, surah al Fath, turun deh. Semua orang yg bermasalah dan punya hajat, saya sangat anjurkan masuk gerbang riyadhah ini. Untuk mendisiplinkan diri, pakai absen u/ diri sendiri. Dhuha apa kagak. Kalo dhuha, berapa rokaat. Berjamaah apa kagak? Ketinggalan takbir pertama apa kagak. Qobliyah ba’diyahnya gimana?

RIYADAH IBADAH & DOA 40HARI BAGIAN II:

Cek juga bacaan Qur’annya. 3hr, ya 3lbr. 7hr, ya 7lbr. 14hr, ya 14lbr. 40hr, ya 40lbr. Mestinya. Cek juga absen shalawat, absen istighfar. Daaaannn… Absen doanya. Beneran, kita ini suka ga serius ibadah dan doa. Ai mah punya hajat, ai mah punya masalah, eh ga dtg serius sama Yang Menggenggam Segala Urusan dan Masalah. Datanglah kpd Allah. Apalagi jika mau dtg dg keyakinan, kesabaran, dan kepasrahan. Dalam urusan kwn2 pesantren daarul qur’an yg pengen taman, bila riyadhah kwn2 kuat, maka taman itu jadi urusan Allah. 2jt yg ada, yg sebagai modal awal, ya kasihkan aja kepada pesantren lain sekalian. Sebab dibayarkan jadi dp, ya malah hutang. Toh kan pengen senen bkn berarti selasa harus jadi… Ya itu namanya sabar. Saya tuh ya, suka nanya sama yg dtg minta anak keturunan. Umpama mereka dtg ke saya, ashar. Saya tanya, tadi shalat zuhur? Shalat katanya. Terus saya tanya lagi, doa ga supaya punya anak? Jawabannya tdk mengherankan jika belom memiliki anak. Jawabannya, engga. Ditanya lagi, shubuh gimana? Dhuha ga tadi pagi? Ga doa, &ga shubuh. Doanya standar2 aja. Ga doa punya anak. Yah, walaupun ada yg memang ujiannya di situ, alias ga punya anak, namun bolehlah dijajal seriusin cara ini. Cara ini, cara riyadhah&doa 40hr, seolah mengikat kita u/ serius, sungguh2, & terus2an mendekatkan diri kitanya kpd Allah. Terapkan jg di urusan lain. Urusan dunia sekalipun, jika dibawa ke Allah, asli, akan jadi ibadah. Ga usah khawatir dg kalimat orang. Koq ibadah pengen dunia. Kita jawab dg senyuman, kami pengen dunia, ya mintanya sama yang punya dunia. Ga dapetnya, ya udah jd ibadah. Orang lain pengen doang, ga jd ibadah, qt jadiin apa yg qt pengenin jd ibadah. Orang lain, ga ada sabarnya, qt sabarin diri. Gitu. Ursn apa aja dah. Pengen motor, mobil, rmh? Drpd buru2 ngutang. Mending diasyikin aja dulu dhuha, tahajjud, ke masjid, mintaaaaaaaaa terus sama Allah. Saban2 hbs ibadah, apapun ibadahnya, doa kpd Allah a/ hajat qt.

RIYADHAH IBADAH & DOA 40HARI BAGIAN III:

Jgn lupa. Minta ampunan Allah jg yg serius. Minta husnul khatimahnya yg serius. Minta selamat dunia akhiratnya yg serius. Minta masuk surga, &ditutup neraka, jg yg serius. Maka, permintaan2 yg kyk gini, jg prmintaan sehat, panjang umur yg manfaat, anak keturunan yg saleh salehah, adlh prmintaan wajib, yg karenanya ga blh ditinggal, saat qt minta dunianya Allah. Saudara yg punya hutang, belom berjodoh, pengen pergi haji, pengen punya pekerjaan ttp, pengen punya usaha, ya begini jg. Saya mngingatkan diri saya, bl blm brhasil, ya terusin lg 40hr ke2, ke3, ke4, ke5, sampe seterusnya ada rasa nyaman di hati sdr. Siapa tau Allah tdk berikan dunia-Nya, tp Allah berikan diri-Nya. Ini kan malahan luar biasa. Apa sih yg lbh hebat dari ketenangan, &kecukupan? Apa jg yg lbh hebat manakala qt menemukan diri qt kemudian istiqomah shalat shubuh di masjid, berjamaah, 40hr I, 40hr ke-II, 40hr ke-III, dst? Qur’an jd brulang2 khatam? Dan tdk ada jg yg sungguh2 dtg ke Allah, kecuali Allah kasih betul dunia-Nya. Yakni manakala Allah melihat diri kita udah ga bahaya dikasih dunia. Ga silap, ga sombong, dan ga berubah. Terus, buat yang udah dapet, maka jangan tinggalin dah kebiasaan baik ini. Terusin. Hingga kemudian sudah ga pake riyadhah2an lagi. Dah ga pake absen2an lagi. Dari anak kecil, jadi yg dewasa. Di atas semua itu, sempurnakanlah perjalanan ini semua, dg sedekah. InsyaAllah dah. Jangan lupa juga doakan orang2 tua, sodara2, keluarga, anak2 kturunan, guru2, kerabat2, dan segenap kaum muslimin muslimat. Jangan doa buat diri sendiri doangan. Sip dah. Selamat membuat absen ibadah dan doa buat diri sendiri, dan selamat menempuh riyadhah ibadah dan doa 40hr. Saya doakan, dan doakan saya juga. Serta doakan yg lain, agar kuat dan sungguh2. Oh ya, bila ada item yg lolos dari cek list yg kita sungguh2in, ganti dengan amalan lain ya, yg sekiranya sepadan. Tinggal dhuha, tapi diganti dg 1 juz, gitu misalnya.

RIYADHAH IBADAH & DOA 40HARI BAGIAN TERAKHIR:

Jika ada yang mengatakan ini bid’ah, he he, ya bid’ah banget2. Tapi katakan, ini bid’ah hasanah. Bid’ah yg baik. Ga mengada2 koq. Ini buat tujuan yg baik, u/ perkara yg baik. Dan yg trkandung di dalamnya tidak ada yg baru, kecuali upaya mendisiplinkan belaka. Lagipun, kapan lagi mempersembahkan 40hr trbaik dalam seumur hidup Saudara b buat Allah. Sementara, aktifitas, ya tetap dilakukan. Ga mengganggu koq. Kitanya aja yg kelamaan ga disiplin dhuha, tahajjud, ke masjid, buka Qur’an, dll.

Salam, Yusuf Mansur.


Article written by

29 Responses

  1. Rianti
    Rianti December 25, 2012 at 9:15 am | | Reply

    subhanallah sangat menginspirasi…insyaallah akan laksanakan dg istiqomah segala perintah Allah Sang Pemilik Ruh ini

  2. hafid
    hafid December 27, 2012 at 4:33 am | | Reply

    Insya Allah, pngn nyoba…

  3. sri
    sri December 27, 2012 at 8:28 am | | Reply

    ass….ustad, alhamdhilillah bny ilmu yg sy dpt kan dr tausia” ustad. trnyta sy bgaikan tna ntra yg tak dpt mlhat indah’a dunia n nkmat’a rizq yg sy trim dr sdut islami. mksi a/ pncrhan’a

  4. agus syarifudin zuhri
    agus syarifudin zuhri December 28, 2012 at 11:23 pm | | Reply

    Bismillahirrohmanirrohim………
    Alalohhuakbar……
    Semoga semua menjadi ibadah kita semua,,,, aamiiinnn

  5. Ulumuddin
    Ulumuddin January 3, 2013 at 3:58 am | | Reply

    Subhanalloh…bagus banget

  6. fachrie
    fachrie January 10, 2013 at 5:42 am | | Reply

    insya Alloh pgen bgt nyoba

  7. fachrie
    fachrie January 10, 2013 at 5:43 am | | Reply

    insya Alloh pgen nyoba

  8. RYZKI
    RYZKI January 14, 2013 at 12:32 am | | Reply

    Alhamdulillah, ktmu dgn artikel yg sgt menyejukan hati.. dan Insya Allah akan kita jalani dgn sepenuh hati dan serius. Semoga Allah mengampuni dosa kita dan mengabulkan hajat kita. Amin.. Amin..Ya Rabb

  9. firda
    firda January 18, 2013 at 3:26 am | | Reply

    subhanallah…smoga sy bisa!!!

  10. dewi yana
    dewi yana January 26, 2013 at 11:48 am | | Reply

    Jika kita menjalankan seuatu ibadah ketaatan, ibadah2 sunnah, memperbanyak zikir, mislanya selama 40 hari, atau lebih, tidak ada salahnya menjalani semua itu, karena semua itu akan menambah kedekatan kita dengan Allah dan bisa meraih cinta Allah, dan jika kita sudah dekat dan dicintai Allah, maka Allah akan penuhi semua kebutuhannya, melebihi hamba2 yang tdk dekat denganNya.

    BahkanAllah mengabulkan sebelum kita memintanya. Di antara wahyu Allah kepada nabi Dawud as : “Tiada seorang hamba yang taat kepada-Ku melainkan Aku memberinya sebelum dia minta, dan mengabulkan permohonannya sebelum dia berdoa, dan mengampuni dosanya sebelum dia mohon pengampunan (istighfar).” (HR. Ad-Dailami). Sama hambaNya yg kadang suka lalai saja Allah Maha Memenuhi semua kebutuhannya, bagaimana terhadap hamba yg dekat denganNya, dan dicintaiNya.

    Imam at Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik ra, ia mengatakan, Rasulullah saw bersabda “Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan.” (HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani (wahabi majnun) di kitab Shahih Al Jami’ II/1089, Al-Silsilah al-Shahihah: IV/629 dan VI/314).

    Hadits yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dari Anas bin Malik ra: “Siapa yang menekuni (menjaga dengan teratur) shalat-shalat wajib selama 40 malam, tidak pernah tertinggal satu raka’atpun maka Allah akan mencatat untuknya dua kebebasan; yaitu terbebas dari neraka dan terbebas dari kenifakan.” (HR. Al-Baihaqi, Syu’abul Iman, no. 2746)

    Hadits riwayat Abu Dawud dan Abu Nu’man dalam kitab Al-Hilyah :
    Nabi Muhammad saw bersabda yang maksudnya : “Barangsiapa mengikhlashkan dirinya kepada Allah (dalam beribadah) selama 40 hari maka akan zhahir sumber-sumber hikmah daripada hati melalui lidahnya”. (HR. Abu Dawud dan Abu Nu’man dalam alhilyah).

  11. Nurhayati Agus
    Nurhayati Agus January 26, 2013 at 12:18 pm | | Reply

    Assmlkm Ustadz, maaf mau tanya, kalo kita minta jabatan ke pimpinan kantor misalnya, hukumnya apa ya? Jika jabatannya dapat, gaji atau tunjangan dari jabatan tersebut halal tidak ya? Wassalam. Nurhayati

  12. papah daanya n hanifa
    papah daanya n hanifa February 6, 2013 at 11:42 pm | | Reply

    bismillah….

  13. deflen
    deflen February 7, 2013 at 8:39 pm | | Reply

    Mohon bantu doain saya supaya saya bisa melaksanakannya ustad.amin

  14. Nur Rachmat
    Nur Rachmat February 17, 2013 at 8:32 pm | | Reply

    Assalamualaikum,

    Mohon maaf Pak Ustadz…..yang sy ketahui dari buku, ustadz dan web…bid’ah itu terbagi dua yaitu bid’ah secara syar’i dan bid’ah secara bahasa…

    Ada hadits menerangkan (kurang lebih spt ini) : jika urusan ibadah haruslah mengikuti apa yg aku lakukan dan jika urusan dunia kalian lebih mengetahuinya dariku…(perawinya sy lupa…ma’af, tapi di web juga ada)

    Ada Hadits shohih menerangkan (kurang lebih spt ini) : setiap perkara (ibadah) yang diada2kan adalah bid’ah dan bid’ah itu sesat,sesat tempatnya di neraka..(perawinya sy lupa…ma’af, tapi di web juga ada)

    Ada hadist lain menerangkan setiap perbuatan baik dimata manusia belum tentu baik dimata Allah…(perawinya sy lupa…ma’af, tapi di web juga ada)

    Dari tulisan sy diatas,apakah ada dalih shohih yg menerangkan bahwa adakah Bid’ah hasanah??

    Umar bin Khatab RA mengatakan sebaik baiknya bid’ah adalah ini (sholat tarawih berjamaah)…..Para ulama sepakat (lihat di Web) apa yg dikatakan oleh Umar Bin Khatab RA adalah bid’ah secara bahasa dan bukan Syar’i..dan bukan bid’ah hasanah…

    Mohon maaf atas tulisan ini dan mohon penjelasannya Pak Ustadz..maklum sy baru banget belajar, Insya Allah ada ilmu dari pak Ustadz yg bisa diberikan ke saya…Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza…

    Terimakasih,

  15. Nur Rachmat
    Nur Rachmat February 17, 2013 at 8:52 pm | | Reply

    Dear Pak Ustadz…

    mau curhat nih..
    maklum sy baru belajar…hati sy terbuka utk belajar agama setelah ada musibah yg sangat berat bagi saya….kira2 4bulan lalu musibahnya..mulai belajar mungkin sebulan lalu kira2 (3 bulan sebelumnya mungkin recovery..he..he……)
    sy tinggal di lingkungan mayoritas islamnya sangat kuat…sy sering diskusi dg ustadz di lingkungan sy..dan banyak membaca di web..
    Ternyata banyak pertentangan antara ustadz di tempat sy dg di web tentang sunnah rosullullah SAW….
    Ibadah sunat yg dilakukan ditempat sy mohon maaf… rata2 memberatkan sy..dan ibadah sunat itu jelas dalam hadits itu perkara baru..
    Ibadah sunat itu antara lain harus menyediakan makanan dan besek utk tahlil mulai dari hari 1 s/d 7,seratus hari..dan nanti mungkin satu tahun..terus terang pak ustadz sy sangat berat..sudah ditinggal istri..harus membiayai para tetangga makan..!!!gimana nich pak Ustadz!!!!
    Acara maulid nabi…sy sngat tdk tahu apa hukum acara maulid nabi…yg jelas pelaksanaan dilingkungan sy sangat menggangu…yaitu menutupi orang lain yg sedanr usaha..bayangkan adanya acara tersebut jalan ditutup kurang lebih sepanjang 100 meter selama dua hari…jalan yg ditutup tsb kanan kiri adalah warung2 kecil yg setiap harinya mungkin untung bersih 50rb per warungnya…maaf pak ustadz,yg ngadain acara adalah orang yg mengaku seorang habib…

    Apakah hukum permasalahan diatas pak ustadz??terlepas dari bid’ah atau sunnah….mohon arahannya..mudah2an sy dapat ilmu dari pak ustadz…Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

    Terimakasih

  16. ukhti Nietha Syarif
    ukhti Nietha Syarif February 22, 2013 at 9:07 am | | Reply

    Assalam …اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ustadz..nieh uda xoba..mhn doa ‘♌ўǟª ♈α᪪☺ tadz smoga istiqomah..sy pengen punya motor Mio J Ъќ pke ngutang tadz..en pengen jodoh ma Tentara yg └åƍi dikirim ke libanon tadz,,smoga اَللّهُ mudahkan jalannya ♈α᪪☺ tadz..آمِيّنْ آمِيّنْ آمِيّنْ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  17. Muhammad yusuf al mansur
    Muhammad yusuf al mansur March 2, 2013 at 7:04 pm | | Reply

    YA ALLAH,Engkaulah yang maha memperkenalkan hamba dengan ustadz Yusuf mansur dan Engkau pulalah yang mengizinkan hamba untuk memberi nama anak hamba Muhammad yusuf al mansur, maka hamba memohon kepadamu YA ALLAH, jadikanlah hamba dan keluarga hamba taat kepada Mu, mengikuti sunnah Rasul Mu, dan menjalankan seruan ustadz Mu. AMIN

  18. Taufiq
    Taufiq March 4, 2013 at 7:06 am | | Reply

    Subhanalloh :)

  19. rizki
    rizki March 10, 2013 at 11:02 am | | Reply

    minta ke allah swt..mau nikah saya mah ya allah.,trus pengen usaha bubur ayam ya lancar..d jauhin dari dosa..d jadiin manusia yang taat..takwa..d jauhin dari siksa kubur..neraka.,d jauhin dari hati yg busuk..(sombong..ria..dengki.dll)

  20. jaka martiga
    jaka martiga March 12, 2013 at 9:03 pm | | Reply

    assalamualaikum,,, makasih ustadz… terharu saya… masih sangat bolong ibadah saya udah mau minta cepat segala sesuatu… Saling mendo’akan ya ustadz… Kalau Allah meridhoi kita bisa bersua suatu saat nanti, dan Saya ceritakan semua manfaat riyadhah ini… amin ya rabb

  21. yuyud
    yuyud March 21, 2013 at 2:57 am | | Reply

    mantaabbb ustadz

  22. Rahmi
    Rahmi March 26, 2013 at 9:15 am | | Reply

    Assalamualaikum … Subhanallah…semangat jadi tambah terpacu mendengar uraian ustadz. mau tanya kalau untuk wanita kan ga bisa 40 hari berturut…bagai mana ya tadz ?, trus waktu halangan kita musti gimana ?
    Makasih ustadz atas jawabannya…mohon doanya jg ya tadz…biar saya bisa masukin anak2 saya ke Darul Qur’an
    Wassalamualaikum

  23. aurelia
    aurelia March 29, 2013 at 6:35 am | | Reply

    Alhamdulillah…Insyaallah bisa istiqomah menjalankannya..aamiinnn yra

  24. Real Islam
    Real Islam March 31, 2013 at 3:58 am | | Reply

    THERE IS NO SUCH THING AS GOOD/BAD BID ‘AH. Umar revived a Sunnah of the Prophet SAW not created a new thing. Indonesians do more bidáh than Sunnah WAKE UP.

    Yusuf Mansur is not a scholar. He gives his opinions and misleads the masses.

    INDONESIANS STOP READING YASIN ON THURSDAY NIGHT IT IS A BIDÁH.OU

    FOLLOW THE REAL SCHOLARS AND DO WHAT IS IN THE QURAN AND SUNNAH NOT WHAT INDONESIAN RELIGIOUS FIGURES TELL YOU

  25. enny
    enny January 27, 2014 at 3:09 pm | | Reply

    Subhanallah semangat.dan keyakinanku kembali saat hati lemah..ku yakin bisa makasiih ustadz..minta doanya bisa umroh kan orang tua tinggàl satu yg punya cita2 bisa dtng ke baitullah sebelum di panggil yg kuasa..tahun ini harus bisa aamiin..doa sy untk ustadz dan kelg smg sll dlm lndungan allah
    Amiiiin

  26. asep daman
    asep daman June 11, 2014 at 9:09 am | | Reply

    Asa wrwb ustad. Aku mau ta nya nih aku .lagi ngelaksanaain. Riadlhoh 40 hari. Tapi. Saya. Ada. Solat asar. Ga. Berjamaah. Btal ga. Riadlhoh. Saya. Hrus. Ulang. Dari. Awal. Ga? makasi h. Jawabannya ustad. Aku hati merasa aman tenang lagi ngejalanin ini walaupun aku lagi. Banyak persoalan. Usaha.

  27. Theraskin Skin Care
    Theraskin Skin Care June 13, 2014 at 3:52 am | | Reply

    subanallah…syukron ust atas artikelnya…
    benar sekali tidak ada tempat berlindung kecuali Allah, tidak ada tempat meminta kecuali Allah , Allah maha segalanya sehingga jangan pernah pergi dari-Nya. ketika kita semakin mendekat kepada Allah maka insyaallah semua urusan kita akan dipermudah….

  28. Cream HN Original
    Cream HN Original June 23, 2014 at 3:23 am | | Reply

    Artikelnya sangat menginspirasi semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah dan selalu menjalankan perintahnya..

  29. Les Privat
    Les Privat July 8, 2014 at 7:57 am | | Reply

    subhanallah jadi terinspirasi

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like