• 2-iklan BYM

  • 4-banner-sto

  • home ym com

  • Tahfizh Camp artikel

  • 8ac0a7a2-b1f7-43d2-998d-1ef08bc4e4a4

  • sedekah online
  • sedkah produktif

Riyadhah Ibadah dan Doa

Riyadhah

 

Bila ada hajat, atau masalah, sebaik-baiknya penolong adalah Allah SWT. Di antara obat termurah adalah doa. Tentu doa yang dikawal dengan kesungguhan ibadah lainnya. Saya memperkenalkan istilah riyadhah 40 hari. Yang kadang tidak ditemukan dari diri kita adalah kesungguhan, keseriusan, kesinambungan amal (istiqomah, mujahadah, mudawamah).

Saya kasih contoh sederhana. Kawan-kawan pesantren pengen bikin taman di pondok. Budgetnya puluhan juta. Modal awal 2 juta. Kawan-kawan kemudian menyabarkan diri dengan shalat, doa, dan amalan-amalan lain. Tidak langsung buru-buru memesan pohon-pohon, rumput-rumput untuk taman. Kenapa? Pertama, duitnya jauh dari cukup. Kedua, kalo dipaksain, jadi hutang.

Karena itu, tempuhlah Jalan Allah. Shalat, doa, ibadah, dan sabar. Jangan langsung pengen jadi. Keinginan bikin taman itu. Dibuat misalnya, bulan depan. Sebelum bulan depan itu jatuh, sungguh-sungguhlah mendekatkan diri kepada Allah. Mereka shalat sunnah di atas tanah yang mau ditanemin pohon-pohon dan dibuatkan taman. Mereka ngaji Qur’an di atas tanah tersebut. Mereka shalat malam di atas tanah itu.

Angka bilangan riyadhah 40 hari, sekali lagi menunjukkan target kedisiplinan dan waktu yang cukup. Isinya riyadhah, standar-standar aja. Ga ada yang aneh-aneh. Dhuha 8 rakaat. Jamaah di masjid plus qobliyah ba’diyah. Tahajjud dan witir. Baca shalawat 10 sampai dengan 100 kali atau lebih banyak dari itu, istighfar 3 kali sampai dengan 70 kali atau lebih banyak dari itu. Baca Qur’an 1 hari minim-minim 1 halaman.

Cuma, di semua proses ibadah yang dilewati, diselipkan doa khusus selama riyadhah. Dalam kasus ini doa supaya dibuatkan taman oleh Allah. Dari 40 hari, misalnya 3 hari saja terlewati, kalau kuat, kalau bagus, kalau disiplin, biasanya udah mulai rintik. Udah mulai ada tanda-tanda. Apalagi 7 hari, 14 hari, 21 hari, 40 hari, surah Al Fath, turun deh.

Semua orang yang punya masalah dan punya hajat, saya sangat menganjurkan masuk gerbang riyadhah ini. Untuk mendisiplinkan diri, pakai absen untuk diri sendiri. Dhuha apa kagak. Kalo dhuha, berapa rakaat. Berjamaah apa kagak? Ketinggalan takbir pertama apa kagak. Qobliyah ba’diyahnya gimana?

Baca selanjutnya

You may also like...

9 Responses

  1. Syam75 says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern
    Mau joint silahkan klik http://bestpaytren.com/syam75
    Wa 089623206203

  2. syam75 says:

    KEJAR UANG ATAU BANGUN ASET?
    Apakah Anda Mau Terus2an Kejar Uang atau Bangun Aset yang bisa menghasilkan Uang?
    Jangan terlalu banyak KEJAR UANG..
    Karena akan terus terusan menukar WAKTU anda dengan UANG TAPI Bangunlah Aset yang bisa menghasilkan UANG..
    Karena dengan BANGUN ASET akan menginvestasikan WAKTU Anda untuk Menghasilkan UANG di Masa Depan..
    Sehingga Suatu Saat WAKTU banyak dan UANG Pun Banyak..
    info klik http://www.bestpaytren.com/syam75
    WA 089623206203
    Pin bb 5BA9DDACD

  3. Aan gunawan says:

    Insyaalloh ,do’ain ya pa ustad semoga saya bisa istikomah dan deberi kesehatan kekuatan,dimudahkan kelancaran. Di segala. Urusan usaha dan rizky saya amiin.
    Semoga pa ustad diberi kesehatan lahir bathin amiin.

  4. aziz says:

    jadi semangat riyadhah nih, biar bisa jadi pengusaha ulung, doakan ya ustad

  5. juwita says:

    Kalo buat cewek gmn pak ustadz? Kan ada masa haid?

  6. Yudhistira says:

    Assalamu’alaikum wr wb

    (Maaf, Jangan Baca Bagi Anda Yg Ingin Hidupnya
    Biasa2 saja)

    #BISNIS_DAHSYAT Bersama #USTADZ_YUSUF_MANSUR

    Ketika org2 memakai FB utk HIBURAN saja. Update status, komen2, like2, ngobrol2 aja, bersama #PayTren kita diajak utk mengais rejeki sambil FB-an.
    Terbukti , ratusan bahkan ribuan orang telah menjadi SAKSI akan KEDAHSYATAN bonus2 dari menjalankan BISNIS Sang Ustadz.
    Mereka bisa merubah hidupnya hanya dalam kurun bulanan setelah menjalankan bisnis DAHSYAT ini.

    Modal KECIL dan hanya SEKALI utk selamanya dan HAK USAHA bisa diwariskan anak turun kita.
    Produk berupa WEB REPLIKA sbg ALAT
    PROMOSI dan AplikasI PAYTREN utk segala macam pembayaran, baik Listrik, PDAM, ISI PULSA, TAGIHAN KREDIT. UTK BELI TIKET PESAWAT, BUS, KAPAL dll hanya lewat SMS saja.
    CARA KERJAnya pun cukup promosi di FB.
    Bisa dikerjakan dimana anda berada asal ada AKSES INTERNET, bisa pakai HP atau Laptop.

    #SEGERAAA…..!!
    Kunci posisi ANDA, Karena
    setiap hari RATUSAN ORANG bergabung di BISNIS luar biasa ini. Manfaatkan media sosial ini utk mencari keuntungan.

    SEKARANG..
    BUKAN SAATNYA KERJA KERAS TAPI KERJA CERDAS !!

    Silahkan daftarkan diri anda dan keluarga anda Melalui link web ini :
    https://goo.gl/BiMW1e
    Cara mendaftar silahkan invite
    WA: 082214288518 BBM D67A0556

    NB : INGATTTT……..!!!
    Allah tidak akan merubah nasib
    hambanya kecuali hamba itu mau merubahnya sendiri.

    #paytreninajaa

  7. deden says:

    Assalaamua’laikumm..

    Yukk!! Berbisnis sambil Bersedekah bersama Ust.Yusuf mansur di Paytren
    insya Allah Sukses dunia dan akhirat..aamiin.
    Silahkan klik:
    http://goo.gl/wgKjGS

    Info:
    WA: 085780112670
    BBM:2BAE00E9

  8. Dewi says:

    Pake paytren yuk. Bisnis sambil bersedekah. Info WA +6285261463203. Dalam Dan luar negeri bisa. http://trenidigital.Com/dewi

  1. Oct 13, 2016

    […] sekitar tahun 2011, saat itu saya sedang punya hajat, nggak sengaja saya baca artikel dari tulisan Uzt. Yusuf Mansur  tentang riyadhah. Singkat cerita saya lakuin riyadhah ini, terus hajat saya terkabul, cuma dalam […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.