Yuk, Sedekahin Aja

Tahun 2006 saya dikontrak sebuah bank syariah, dibayar 2 Milyar. Bayar hutang 1,4 Milyar, sisanya semua disedekahin.

Habis itu, tahun 2007 dapet kontrak 9 Milyar. Hati saya dan istri berdegup keras, jika disedekahin lagi total? Hmmm … Jannah, surga, Jebret!!! Ga pake mikir, sedekah lagi. Semua. Sampe akhirnya saya merasakan sedikiiiit yang dirasa Abu Bakar… yang penting dicukupkan Allah saja. Selebihnya, memang harta Allah kok.

Tahun 2007, dah ngalir aja cash in dan cash out. Bener-bener ngalir. Allah Maha Kaya. Allah kasih saya anak 5, bisa ibadah, bisa dakwah, bisa usaha/dagang.

sedekahin

Saya kalo lihat kawan-kawan, saudara-saudara yang ada duit, pengeeeeennn ngasih tau, “sedekah dah… jangan pake mikir… biar Allah yang ngurus semua keperluan.

Tahun 2008, kembali ada simpanan 200 ribu dollar. Waktu itu mau berhenti jadi ustadz, he he. Ini duit hasil usaha. Eh eh eh, di enolin lagi. Sisa 30 juta. Begitu sisa 30 juta, eh eh eh. Malah dikontrak lagi sama satu perusahaan, dengan bayaran 500 ribu dollar! Subhanallaah, manalah saya ga percaya sama Allah…

Cuma emang, perjalanan riyadhah dulu, sampe selesai masalah. 7 tahun. Jangan merasa lelah, jangan merasa capek. Terus aja berjalan. Perjalanan sedekah saya, ga ada apa-apanya dibanding mereka-mereka yang berjihad dengan darah dan air matanya. Bahkan dengan para guru. Ga ada apa-apanya.

Doa saya dikabul Allah… pengen sedekah yang GEDEEEEEEE… Alhamdulillah. Sekarang jika saya mengajak orang sedekah, bukan karena saya pengen duitnya, tapi kepengen agar orang merasakan bahwa janji Allah itu BENAR… juga biar menikmati rangkaian amal shaleh yang ditawarkan.

Tahun 2008 atas izin Allah, kami tinggalkan rumah kami, lalu kami ngontrak. 2 mobil pun diberikan untuk Allah. Entahlah… ada perasaan bahagia bisa ngasih Allah.

***

Kalo inget perjalanan sedekah di awal, untuk bisa sedekah, kudu puasa. Supaya bisa ngasih orang lain jatah yang mestinya dimakan.

Ngajar di salah satu madrasah, honor 45 ribu. Saya bilang ke kawan, “Yuk, kita sedekahin aja…”

Alhamdulillah, banyak yang geleng kepala.

Kata mereka, “Ini aja jauh dari cukup.”

Saya yakinkan, “Makanya yuk sedekahin aja… Biar jadi 5 juta!”.

Kawan-kawan malah minta saya duluan sedekah. Ya bismillaah aja. Itu di tahun 1999 kejadiannya. Habis sedekah 45 ribu, alhamdulillah, ga hasil. He he he… saya santai aja.

Eh eh, kawan-kawan yang malah ngomongin. “Dapet Suf 5 jutanya?”

Saya nyengir… Saya jawab, “Ga dapet…”

Seorang kawan, ini cerita ya, mudah-mudahan bukan riya nih, aamiin … seorang kawan bilang, “Kirain sedekah 45 ribu beneran dapet 5 juta…”, setengah ngeledek.

Tapi saya sambung, “ga dapet 5 juta. Sebab dapetnya lebih dari 50 juta…” #kalem.

Kaget dah kawan-kawan… Kok bisa?

Ya bisa.

Tapi tetep aja ga diikutin tuh bersedekah.

Ah, kalo ngajar tentang amal saleh, emang cenderung kayak riya. Udah dulu dah.

 

Salam

@Yusuf_Mansur

Mungkin Anda juga menyukai

37 Respon

  1. dava berkata:

    nice posting Ustad,..
    setelah saya gagal membangun usaha,lalu saya denger crmh ust d hp lalu saya cepet2 pulang ke Allah Swt, untuk mohon Ampun dan Tobat, alhamdulillah Hidup saya dan istri pun lebih tentram lebih nyaman,yaa,.. meski kolektor dan beberapa penagih hutang mash ada yang sering kerumah ane mah pasrahin ma Allah yang maha kaya,dan meyakini bahwa Allah itu bener2 maha kaya,dan maha segalanya,..
    setiap tausiah Utsd semua kena ke Hati dan jadi inspirasi ane untuk bisa lbh deket lgi Ma Allah..
    Mksh ustd Mau berbagi ilmu semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk ustd sekeluarga dan jamaahnya yang lain Amiinn,..

  2. Rohim berkata:

    Insya Allah kita juga bisa ikut sedekah beramal sholeh. saya seneng baca buku2 karya Ust Yusuf mansur karena ngenah dihati, orng bilang tu ademnya tu disinih hehehe, Insya Allah bisa kayak Ust Yusuf mansur agar bisa ikut membuktikan janji ALLAH Itu benar adanya. Aamiiin,,,

  3. MARIA ULFA berkata:

    TKS USTAD TAUSIYAHNYA SEMOGA USTAD SEKELUARGA SELALU DIBERI KESEHATAN, SUPAYA TRS BISA KASIH TAUSIYAH ,AMIN……..

  4. joko sriyono berkata:

    InsyaAllah ini tausyiah2 sangat bermanfaat bagi pribadi saya

  5. Ryan berkata:

    alhamdulillah.
    ane ikutin yg ustad lakuin,mulai dari sedekah,kualitas sholat 5 waktu, dhuha, tahajud, al quran sih masih terbata bata bacanya, insya allah klo ane dikasih ketemu guru kaya ustad ngajarin saya ngaji.
    hhaa.. allah emang ga ngasih apa yg ane minta,tapi lebih yg ane pengenin.
    makasih ya ustad,saya juga ngajak rekan” untun sedekah dan pasrah kepada allah semua masalahnya.
    semoga aja,ilmu ngajak sedekah ini terus menyambung keseluruh negri.

  6. Papa Tidzra berkata:

    Waamma bini’mati robbika fahaddits ya tadz… masya..Allaaah

  7. sari berkata:

    masyaAllah… mantap ustadz.

  8. NoorFajriyah berkata:

    Assalamualaikum ustad saya mohon ustad bisa bantu saya dan suami saya di pinjamkan modal usaha 100 jt,dan sistem gantinya gimana?Insya Allah keuntungan buat bermanfaat orang lain karena sudah membantu mengurangi pengangguran serta ke untungnya buat beribadah kepada Allah.semoga kebaikan ustad di limpahkan segala yang terbaik buat ustad dan keluarga.aamiin

  9. Norlyilham berkata:

    Assalamualaikum ustad saya mohon ustad bisa bantu saya dan suami saya di pinjamkan modal usaha 100 jt,dan sistem gantinya gimana?Insya Allah keuntungan buat bermanfaat orang lain karena sudah membantu mengurangi pengangguran serta ke untungnya buat beribadah kepada Allah.semoga kebaikan ustad di limpahkan segala yang terbaik buat ustad dan keluarga.aamiin email saya nolyilham18@gmail.dom

  10. Tono berkata:

    Semoga nggak riya. Tapi saya sedang mencoba mengamalkan apa yang Ustadz ajarkan. Alhamdulillah saya dapat pujian dari orang2 terdekat saya Ustadz. Ada yang sebut saya stress bahkan sinting. Nggak apa-apalah ustadz, saya tetep nunggu janjinya Allah. Semakin dihina biar semakin Dia lihat perjuangan kita.

  11. wandyah ariesta dewi fortuna berkata:

    Alhamdulillah ustad setelah saya liat ceramahnya ustad saban pagi sejak SMA saya sudah ngikutin ustad buat bersedekah meskipun nominalnya kecil karena uang saya hanya dari uang saku yg dikasih oarangtua saya. Semenjak saya bersedekah ada aja rejeki yg Allah kasih ke keluarga saya yg emang lagi dibutuhkan sama keluarga saya. Terus waktu pendaftaran kuliah saya langsung diterima di 2 univ. Dan ketika saya menjadi mahasiswa alhamdulillah saya dimudahkan Allah mendapat beasiswa. Syukron ustad

  12. ahmad rifa'i berkata:

    smoga banyak orang2 di negara kita seperti ustad, tausyahnya menyentuh

  13. refillatul berkata:

    Insyaallah ust..dr kmren udh sdkh tp msh yg kecil2 angkanya..blm berani yg bsr2 angka nya ntar tkt dpt nya keberatan…heheee…

  14. diat berkata:

    Subhannallah ustad…saya pengen banget seprti ustad. Saya alhamdulillah sedang mempraktekan apa yg ustad ajarin.mulai dr kwalitas shalat 5 waktu,dhuha,tahajud,hajat,baca alquran dan menghafal alquran..hasilnya hati merasa tentram tad..meskipun permasalahan masih selesai semua…yaitu masalah hutang. Malah rumah az sedang mau di lelang sama bank, tp saya berusaha untuk ikhlasin semuanya dan diserahkan sama Alloh, jika masih rejeki saya inshaa Alloh cepet terjual..dan hasilnya akan saya sedekahkan dan memberangkatkan umrah kedua orang tua saya dan mertua saya dan semoga saya sama istri bisa segera berangkat haji.mohon doanya tadz dan kawan2 semua yg baca artikel ini. Dan semoga yang baca artikel ini juga bisa diberangkat Alloh Haji atau umrah dan dingkat semua masalah yang sedang hadapinya. Aaminnn.

  15. fahmia mustika berkata:

    Ass. ustd saya berkeinginan bisa meniru apa yang ustad ceritakan di atas tapi apa daya ustad sangt amat banyak kebutuhan dan godaan yang menghampiri ketika akan bersedekah , , bagaimana cara meyakinkan diri bahwa memang setelah bersedekah kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda ,,,, toh jangan diniatkan seperti itu , tapi sebagai manusia biasa ya begitulah ,dan saya sangat amat banyak dosa , katanya rezki tidak akan datang karna badan kita kotor alias banyak dosa , benarkah itu ustad ?

  16. dinda berkata:

    Alhamdulilah ustad, setelh sering’y mendengarkan ceramah ustad di hp, aq sudah melakukan sedekah setiap jum’at’y ke masjid meski nilai’y masih kecil ustd, sy juga sdh melakukan solat dhuha,tahajud & solat hajat ustd.. & juga dzir2 yg ustad ajarkan terkadang hati merasa tenang di kala masalah besar sdng sy alami & blm juga selesai, tetapi saya pasrahkan semua masalh2 ini sm Allah…

  17. Dewi Hadiyanti Ibrahim berkata:

    Ustad do”ain sy biar rizki lancar buat bantu orng tua,saudara dan msh banyak lg yg butuh bantuan sy,dan do’ain jg agar anak2 sy jd anak yg sholeh dimudahkan dlm urusannya…Aamiin

  18. arief paridi berkata:

    ustad saya mau tanya kalo yang wajib menerima sedekah itu siapa saja diantaranya . terimakasih atas jawabannya

  19. akang rohan berkata:

    Pak ustad main dong ke pandeglang banten

  20. Yelli berkata:

    Masya Allah…. izinkan hamba Ya Allah bisa ngikutin caranya Ustadz. Aamiin

  21. widiya berkata:

    Masya allah inspiring bingitz 🙂

  22. refillatul berkata:

    Aslm..ust,ane mao cerita za ust yg sdh kejadian semoga tidak ada maksud riya dn pamrih hanya untuk pembelajaran za ust.sy udh praktekkan ilmu sedekah dr ust sebesar 3 jt sy sedekahin ke pembangunan mesjid daqu dg niat agar ponpes alkahfi maju pembangunannya. Allhamdulillah ust..pesantren kmi ada yg membangun 4 lokal pondasi brtingkat subhanaallah..brp kali lipat diganti tu ya ust 4 lokal sekitar 300 jt lebih.hanya sj itu diniatkn untuk pesantren ust,cb sy niatkn pengen dpt rumah mungkin sy udh punya rumah cantik ust..hehee..cuma skrng sy blm ada lg uang sebanyak itu lg buat disedekahin ust..sy hanya mencoba tiap jumat 100 rb..dg niat sy pengen bener2 diangkat dirajatnya pengen bener2 berubah hidupnya.sy sdh bc kisah ust dr menjual es dikali deres sangat mengaharukn..ust sj bs berubah knp sy ga bs..(Hee..pede ja keles) sy udh niatin ust sy pengen banget brbh..asalkn sungguh2 dn istiqomah.mohon doaa nya ust..agar riyadoh sy brhasil..yaaaaa…

  23. ayu berkata:

    Assalamualaikum ustad.
    Awal 2012, saya mengalami keterpurukan hingga saya tidak bersemangat dalam menjalani hidup dn tidak sengaja mendengarkan tausiyah ustad melalui youtube sehingga membuat saya tersadar akan banyaknya nikmat Allah yg telah saya sia siakan. Alhamdulillah berkat tausiyah ustad, saya mulai memperbaiki diri saya dan mengikuti yg ustad suruh. Dari sholat wajib saya, sholat sunahnya, puasa sunah, baca dan belajar quran hingga sedekah. Saya sedekah tiap bulan 40% dari gaji saya, Meskipun sudah saya lakukan selama kurang lebih hampir setahun ini saya blm dapat apa yg saya inginkan. Malahan orang yg saya cintai pergi meninggalkan saya karena tidak suka sama saya, dan saya tiap lamar kerjaan baru tidak pernah lolos. Akhir desember ini saya terakhir dikantor lama saya, karena saya tidak bisa bertahan lagi karena terlalu banyak hak hak karyawan yg dipotong. Mohon doanya ustad agar saya diberi keteguhan hati, istiqomah, bisa dapat kerjaan baru yg layak yang barokah, dan jodoh yg sholeh yg mencintai saya apa adanya. Saya yakin Allah tidak mungkin menyalahi janjiNya. Memang terkadang setan selalu saja membisikkan hati saya seperti buat apa sholat sedekah, semua sia sia. MasyaAllah ustad, kalo saya gak lgsg ingat Allah, makin kacau ini hati. Maka dari itu saya mohon bantu doa ustad, agar saya selalu berada dijalan lurus, agar saya istiqomah dalam beribadah bisa meneruskan sedekah bulanan saya untuk seterusnya, untuk selalu yakin sama Allah. Aamiin aamiin aamiin

  24. Amalia Cahyani berkata:

    Tidak akan pernahmiskin dan tak akanpernah habis harta kita bila rajin bersedekah, justru akan bertambah, bertambah, bertambah dan bertambah, Allah telah berjanji akan melipatgandakannya 10 kali lipatnya
    Terima kasih telah menjadi inspirasi buat kita semua pak ustadz

  25. marwansyah berkata:

    Super sekali, Allah tidak pernah mungkir janji bagi mareka yang iklas untuk Alla, hanya untuk Allah.

  26. Tafridjiyyah berkata:

    Boleh tau tad, sedekahnya itu kemana? Sampe miliaran gitu…

  27. AbdurRahman berkata:

    Assalamu Alaikum Ust. Pengalaman Sedekah saya. Awalnya waktu saya masuk Paytren orang tua modalin saya 25juta buat ngambil mobile agency. tepatnya awal desember saya ngajak Pak Widi leader Paytren. Alhamdulillah Pak Widi Mau buat datang sebagai pembicara tanggal 9 Ferbruari 2014. Dengan Modal 25 juta itu saya membuat seminar 500 orang. Untuk mensukseskan Seminar saya.1 Februari 2014 saya ber sedekah 1 juta. 3 hari kemudian KEJUTAN datang. Planing tadabur Qur’an Ust 6 Februari ke Malang. Ust alihkan ke Medan. Dengan tujuan Ust, untuk menyampaikan sedekah Ke bencana Gunung Sinabung. Di saat yang sama Ust Juga men setujui menjadi pembicara di seminar DADAKAN paytren pada tanggal 6 februari 2014 itu Ust. Padahal 3hari kemudian, 9 februari 2014 ada seminar paytren saya. Efeknya ke saya, lebih dari 200 lembar tiket terjual di minta kembali uang nya dengan berbagai alasan. Salah satunya alasan mau di tukar sama tiket Seminar Paytren dengan pembicara Ust. awal nya saya menolak. tapi semakin tinggi nya tekanan dan di antara ada nya sampai mengeluarkan ancaman. setelah sholat tahajud akhirnya tanggal 5 februari 2014 saya pun mengembalikan tiket bagi siapa yang meminta kembali. dan pada hari seminar yang kami adakan tanggal 9 Februari 2014 itu. ALHAMDULILLAH Ust peserta yang hadir cuma 29 orang. lebih dari 450 tiket tidak terjual. dan kerugian saya mencapai 27 juta. setelah itu kehidupan saya selalu terbelit hutang. dan 25 juta modal ortu sampai detik ini tidak mampu saya kembalikan. Sedekah 1 Juta Kemana ya Ust. dan Saya mau mengucakan TERIMA KASIH UST YUSUF MANSUR

  28. nugik berkata:

    alhamdulillah ya sesuatu

  29. SUPANTO berkata:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di
    http://leadertreni.net/antoalqornimansur

    Butuh bantuan…
    sms : 081808066555
    BBM : 5B4CE1D2
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu/ /
    manfa’atnya..
    Ingat Bayar Ingat paytren
    Salam sukses berjamaah.

  30. ghani berkata:

    Min…. itu google adsensenyaaaa…. ada iklan underwearrrrrr…. plisss…..

  31. gusmara berkata:

    Asalamualaikum, ustad saya sering baca ttg cerita ustad, saya seneng banget, sedikit2 saya coba untuk apa yg ustad katakan, sedekah sedekah dan sedekah, saya baru ja lulus sarjana, saya sellalu minta ma allah untuk dpetin kerjaan yg baik untuk saya, tp blum dpet juga hehe. Sedih sieh walaupun sering temen dan orang di sekeliling ngejekin, tp saya percaya skrng itu masih masa ujian, terima kasih ustadz, atas semua ajaranmu, untuk sedekah setidaknya meski blum maksimal, saya akan slalu mencoba trus agar lebih maksimal untuk ke jalan allah,

  32. saya masih kebanyakan mikir nih :'( pengen dah sedekah tanpa pikir panjang 😀 tanpa mikir makan apa ntar

  33. jaenudin berkata:

    Buat sdr. Abdur Rahman, maaf sepertinya anda menyalahkan ust mansyur dalam hal.ini.. maaf.. padahal dalam kita bersodakoh kita gak perlu berharap apa apa dari Allah..biarlah Allah yang menentukan. Kita ikhkas ajah.. kadang kita tidak tahu dan faham rencana Allah… jadi kalo boleh mengingatkan.. jika kita ber amal..bersodakoh… sedekah ajah. thats.all.. selanjutnya terserah Allah.. jika dunia tidak dapat.. insha Allah akhirat kita dapatkan. Amin

  34. Pengen sedekah yang EKSTRIM…aamiin

  35. Faiz Amanullah berkata:

    Yaa Allah, Jadilah saya sedekah yang gede. Aamiin
    Yaa Allah, saya meh kapiasem ngedenger doanya yusuf mansur dan realisasinya.
    Yaa Allah, Jadilah saya lebih dari beliau. Aamiin

  1. Nov 20, 2014

    […] 20, 2014 admin Leave a comment (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); ( function() { if (window.CHITIKA === […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: