Sedekah, Doa, dan Pamrih

 

 sedekahin

 

Tentang sedekah, doa, dan pamrih, konsep saya memang beda. Doa itu ibadah. Seperti sedekah, di mana ia juga ibadah. Dan doa, bukan pamrih.

Niat, ga bisa disebut atau disamakan dengan doa. Niat ya niat. Doa ya doa. Dari sini semua bermula. Sekedar sharing juga, he he he.

Seseorang yang sedekah, kepengen anaknya sembuh, maka permintaan itu “setara/sama/serupa” dengan pengen kaya, pengen selamet, pengen nikah, pengen kerja, pengen tolak bala, pengen punya rumah, pengen terus sekolah, pengen masuk kampus favorit, pengen beasiswa di luar negeri, pengen punya anak, pengen punya modal, pengen punya modal, pengen ngembangin usaha, pengen punya usaha, pengen naik karir, dan lain-lain.

Ketika “pengen”, maka itu udah masuk wilayah doa. Bukan niat lagi. Niatnya apa? Ya niatnya sedekah.

Doanya? Doanya supaya bisa selamet dari fitnah, dan lain-lain. Semua yang disebut: setara, sama, serupa. Sebab sama-sama disebut doa.

Orang shalat tahajjud. Niatnya? Ya tentunya niat shalat tahajjud. Usholii sunnatat-tahajjud…

Ketika dia shalat tahajjud supaya dinaikkan derajat, supaya jadi orang kaya, dilapangkan rizki, lunas hutang, sembuh dari penyakit, dan lain-lain, maka ketika ada kalimat “supaya”, maka itu masuk wilayah doa.

Sedekah, tanpa doa? 1 pahala.

Sedekah + doa ? 2 pahala.

Bila beda di awal, maka beda pula serencengan, he he he. Saya, terhadap amal-amal lain, ya ga nyebut itu sebagai pamrih. Bahkan ngarep di mata saya, adalah juga doa. Amal tinggi banget bila seseorang bisa ngarep sama Allah saja. Ga ngarep sama yang lain. Baru bermasalah, bila ngarepnya ke orang. Dia bantu orang lain, tapi ada maunya dari orang itu. Itu yang ga boleh. Atau riya (memperlihatkan amal kepada yang lain). Atau sum’ah (memperdengarkan kepada yang lain).

Baca Quran, supaya dapat berkah. Boleh ga? Nah di sini, beda konsep. Baca Quran, niatnya apa? Ya pastinya ridho Allah.

Ya baca Quran aja. Terus minta hidup berkah, kekayaan berkah, anak-anak berkah, rumah tangga berkah, pekerjaan berkah, usaha berkah, umur berkah, tenaga berkah.

Ketika nyebut “supaya”, itu udah masuk lagi-lagi ke wilayah doa. Jangankan sekedar berkah, atau katakanlah bahwa permintaan itu adalah “cuma” satu permintaan. Dia minta sejuta permintaan, setelah baca Quran, atau bahkan sebelum baca Quran, atau bahkan nih, tanpa baca Quran, maka doa itu boleh banget-banget. Ngarep, boleh-boleh banget. Tidak ada satupun yang berhak melarang.

Jika doa sudah disebut niat, maka itulah awal pertentangan atau perbedaan.

Koq sedekah pengen kaya?

Koq birrul walidain pengen diangkat derajatnya, koq dhuha pengen dibuka rizki… Salah semua jadinya. Padahal, menurut konsep yang saya ikutin, kalo masuk “supaya”, itu masuk wilayah doa sebagaimana disebut di atas. Adalah rugi jika seseorang yang beramal saleh, lalu dia tidak meminta kepada Allah. Rugi banget.

Tapi saya sangat setuju, jika kemudian permintaan itu tidak hanya bersifat duniawi belaka. Tapi minta ridho Allah, minta surga, pengampunan, selamat dunia akhirat. Apapun, itu namanya “minta”. Yang bagus, beramal yang banyak, dan minta yang banyak.

Tulisan yang gini-gini, sudah jadi buku kompleto atas izin Allah. Judulnya: Boleh Ga Sih Sedekah Ngarep?

Boleh juga ada yang mengatakan. Niatnya melaksanakan tugas kantor. Ngejar target. Supaya naik pangkat, supaya promosi. Supaya naik gaji. Itu kalau di dunia manusia kerja. Apalagi kalau niatnya ibadah, ya keren banget.

Seluruh motivasi dunia, dibenarkan, menurut saya, jika mencarinya “hanya” di Sisi-Nya, dan dengan Cara-Cara-Nya.

Dunia adalah milik Allah. Dekatkan semua yang pengen dunia, dengan Pemilik-Nya. Supaya mereka tidak meminta dunia dari selain-Nya, dengan cara-cara yang tidak diridhai juga oleh Pemilik-Nya. Dan ajarkan mereka yang kepengen dunia, sebagaimana kita mengajarkan karyawan-karyawan kantor untuk bekerja terbaik, ngejar target, lalu dapet bonus terbaik juga.

Maka ajarkan yang pengen dunia, apa-apa yang diperintahkan Pemilik Dunia, supaya dapat bonus banyak fii-haadzihil-hayaatid-duniaa… Ajarkan mereka yang pengen dunia, untuk meninggalkan seluruh larangan Pemilik Dunia. Supaya dapet. Atau dapetnya dengan ridha-Nya.

Sebab banyak yang dapat, tapi tidak dengan Ridha-Nya. Dengan cara-cara yang benar, cara-cara yang betul, yang hati-hati, tapi penuh semangat, sebab dunia memang milik Allah. Sementara itu, Allah pun mengajarkan, bahwa semua dunia ini, ga ada seberapanya dibanding apa-apa yang Allah akan berikan di negeri akhir. Ini dia… Ga seberapa dibanding dengan apa-apa yang Allah akan beri di negeri akhir.

Jadi, bukan ga boleh. Justru boleh banget. Malah dimotivasi, bahwa akan dapat yang lebih baik lagi nanti di akhirat. Ajarkan pula kehati-hatian, bahwa jangan sampe berhenti di expecting something about dunia only. Harus lebih powerful. Minta itu selalu dua, selalu seimbang: permintaan dunia, permintaan akhirat… Kayak yang diajarkan Allah sendiri: Rabbanaa aatinaa fid-duniaa hasanah, wafil-aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaabannaar.

Permintaan seimbang pun ternyata masih ga seimbang. Sebab Allah ngajarin 2:1, dua banding 1. Permintaan kebaikan negeri akhir, masih ditambah permintaan selamat dan terlindungi dari api neraka. Dua permintaan berbanding satu permintaan di dunia.

Ini sekaligus ngajarin juga kita, bahwa sebaik-baik permintaan, tetap permintaan akhirat. Tapi permintaan akhirat, tetaplah permintaan. Artinya, ya harus juga diminta. Jangan diem aja. Jangan sampe sedekah ya sedekah saja, baca Quran ya baca Quran saja, dhuha ya dhuha aja, berbuat baik ya berbuat baik saja. Jangan. Kudu ada permintaannya. Kudu ada doanya.

Salam. Selamat berbuat baik, dan berdoalah. Sesungguhnya Allah menunggu dan mendengar doa. Silahkan share apa-apa yang didapat di www.yusufmansur.com ke sebanyak-banyaknya orang.

Dan salamkan salam saya, agar perbanyak sedekah, supaya doa lebih maqbuul lagi. Lebih dikabulkan. Juga jaga shalat fardhu berjamaah, di masjid, khususnya di masjid, dan sebisa mungkin jauhi dosa, jauhi maksiat.

You may also like...

12 Responses

  1. SUPANTO says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Salam sukses slalu..

    Bagi sobat yg masih bingung mao usaha atau bisnis nah ga usah bingung lagi dah..disini udah disediain peluang usahanya tinggal sobat ngejalanin aj semaksimal mungkin insya Alloh ada hasilnya.
    Paytren buka peluang sebesar besarnya bagi anda yg mao berbisnis dibidang multipayment.perusahaan yg didirikan oleh ust.yusuf mansur ini berkembang sangat pesat.
    Paytren memberi kemudahan untuk anda bertransaksi rutin setiap bulan bahkan setiap hari seperti pulsa, listtik,bayar tagihan leasing,Bpjs dll.dan anda bisa menikmati kruntungannya kalo anda jalankan bisnisnya.
    Ayo gabung segera sekarang jangan sampai anda ketinggalan..untuk informasi silahkan kunjungi..http://treniuym.com/maspanto
    Atau hubungi

    Call/sms : 081284419491
    Watsap : 081808066555
    Pin bb : 5B4CE1D2
    Semoga Alloh swt memberi kemudahan buat kita semua.amin.

  2. ( Inilah yg akan menjadi sumber PASSIVE INCOME untuk anda )
    Dengan memasarkan PAYTREN,,yakni dgn cara promosi mengajak sebanyak2nya orang utk turut jg menggunakan /memanfaatkan kecanggihan teknologi paytren di HPnya sehingga anda sekaligus juga membangun jaringan komunitas PAYTREN yang akan menghasilkan passive income untuk anda seumur hidup.
    Termasuk juga:
    – BONUS SPONSOR / Mengajak Rp75.000
    – BONUS PASANGAN Rp 25.000
    – BONUS GENERASI Rp 2000 (sampai dgn 10 generasi ke bawah )
    – BONUS TRANSAKSI , baik dari Transaksi pribadi maupun dari Transaksi komunitasnya (Downlinenya)
    – Berbagai reward dahsyat bagi yg berprestasi, yaitu HP ANDROID, LAPTOP, MOTOR, MOBIL, UMROH, RUMAH, MOBIL MEWAH DAN RUMAH MEWAH
    * Semua REWARD tersebut SANGAT BISA dimiliki oleh para Mitra Paytren krn poin akn terus diakumulasikan SEUMUR hidup, no reset
    2.BUKA JASA LOKET PEMBAYARAN (Selama seumur hidup anda)
    1. Beli pulsa All operator
    2. Bayar Tagihan
    – PLN Pasca Bayar
    – PDAM, TELKOM
    – Speedy, Indovision
    – Adira, AORA TV
    – FIF, BAF, MAF, MCF, WOM
    – Kartu Halo,dll
    3. Voucher Game
    4. PLN Token
    5. Tiket Pesawat
    * Semua Maskapai
    6. Tiket Kereta Api
    7. Deposit/Bayar Mitra
    8. Belanja
    9. BPJS
    10. Western Union
    > Atau hanya untuk dipakai sendiripun sudah sangat bermanfaat
    Di PAYTREN juga kerjanya fleksibel ;
    -Tidak ada target jualan
    -Tidak ada target rekrut
    -Tidak ada tutup point
    -Mau offline atau online juga bisa
    -Tidak perlu menyetok barang
    -Tidak ada kewajiban belanja bulanan
    Caranya silahkan klik websit http://treniuym.com/khasanah
    WA:/886955285449
    Bb:7B398CAD

  3. Hari geneee.. Masih aja ada yg tergiur bisnis yg menjanjikan bonus besar dengan iming-iming yg menggiurkan ?!

    √ Calon Mitra : Kalau saya gabung di PAYTREN Ust Yusuf Mansur, DIJAMIN sukses gak ?
    Bisa DIJAMIN bakal dapat penghasilan JUTAAN RUPIAH per bulan ?

    √Agent PayTren : TIDAK !!
    Paytren tidak memberi JAMINAN anda akan sukses.

    Tapi PayTren memberikan anda PELUANG untuk sukses, dengan cara yang murah-mudah dan cepat. Didukung oleh sistem jaringan berjamaah.
    Kesuksesan adalah milik orang yang mau bekerja keras dengan sungguh-sungguh. Sekali lagi, PayTren bukan Money Game dan bukan Easy Money.
    Pelajari dan jalankan sistemnya, inshaAllah anda akan mengikuti langkah para leader yang telah terlebih dahulu SUKSES bergabung di PayTren.

    Namun di PayTren, walaupun anda tidak mau mengajak orang untuk bergabung, anda TIDAK AKAN rugi. Karena untuk pemakaian sendiripun ANDA SUDAH UNTUNG. Lebih mudah, murah, dan mendapat cashback untuk setiap transaksi anda.
    Jadi tunggu apalagi ?
    Segera bergabung dengan kami.
    Pelajari dan jalankan sistemnya, in shaa Allah Manjadda wa Jadda.
    Siapa yang bersungguh-sungguh akan memetik hasil yang menjadi tujuannya, penghasilan jutaan perbulan, seumur hidup..!
    Info :
    WA : 085215476771
    BB : 5A864F2C
    Daftar sekarang :
    http://leadertreni.net/firmansupriyadi

  4. deni sutisna says:

    Assalamaualaikum.wr.wb.

    PayTren itu apa ?
    Seumur hidup kita belanja listrik, pulsa, tiket pesawat, bayar bpjs dll, ADA atau TANPA PayTren anda sdh melakukannya dan akan terus melakukan sepanjang hidup.

    PayTren hanya mengubah tradisi belanja anda….

    Belanja2 pulsa, listrik, tiket dll yg sebelumnya ke tempat lain PINDAHKAN ke hp/smartphone pribadi.

    Kenapa sy harus pindah belanja ke PayTren ?

    Beli pulsa dpt pulsa itu sudah biasa….

    Tapi beli pulsa dpt pulsa, dpt cashback, dpt pahala, kumpul dg komunitas positip, dpt tausyiah harian yg fresh lgs dr UYM dan dpt penghematan biaya, itu baru LUAR BIASAAA.

    Dan itu hanya ada di PayTren…

    Apa PayTren bisa menghasilkan income buat saya ?

    Jika anda sdh berhasil ubah tradisi belanja pribadi, silahkan ajak semua kawan2 anda pake aplikasi PayTren.

    Disini ada fee marketing yg sangat menggiurkan, pulsa gratis, listrik gratis, hp gratis, motor gratis, mobil gratis, rumah gratis dll, sdh menanti bagi anda yg serius pasarkan PayTren.

    Tanya saya bagaimana mendaftar PayTren !!

    Info tentang paytren klik http://www.leadertreni.net/denis90

    Chatt Me Now !!
    WA : 085693025519
    BB : 5CB8B40B

  5. Semangaattt Pagi Sahabat PAYTREN

    Paytren itu aplikasi pembayaran.
    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    YUK BURUAN GABUNG

    JANUARI INSYAA ALLAH SUDAH SIAP DI IPHONE, MOHON DOA NYA AGAR SLLU LANCAR DAN BERKAH

    Daftar & Upgrade hari ini..!
    http://treniuym.com/yuliani

    WA:+85295415037(hongkong)
    Bb,:5931ACC8

  6. Aamiin Yaa Allah
    Assallammuallaikum.Wr.Wb.

    Subhanallah…Alhamdulillah Semenjak didirikan TRENI oleh Ustadz Yusuf Mansur kini sudah mensejahterakan banyak umat.

    SAUDARAKU Raih Manfaat Dan BAROKAHNYA.

    1. Jangan BINGUNG NIATKAN Saja Bergabung di PAYTREN ini Untuk Sedekah, Sesuai dengan Motivasi Sang Pemilik, Ustadz Yusuf Mansur yang terkenal dengan PROGRAM SEDEKAHNYA.

    Apa yang kita jalankan adalah Mensupport Niat Beliau Untuk Membangun Sebanyak Mungkin Pesantren Bagi Anak-anak Penghapal Al-Qur’an dan Membangun Ekonomi rakyat Indonesia menuju lebih baik.

    2. Keuntungan Langsung kita Apa Dong?
    Kita Dapat Menggunakan Aplikasi PAYTREN Untuk kemudahan Transaksi-transaksi Keperluan Pribadi kita, Isi Pulsa HP (All Operator), Bayar Listrik (Pasca Bayar), Beli Token Listrik, Bayar Tagihan PDAM, Bayar Indovision/TV Berbayar, Telpon, Speedy, Indovision, Aora TV, Kartu Hallo, Bayar Cicilan Kredit Kendaraan : FIF, BAF, MAF, MCF, WOM, Pembelian Ticket Pesawat, Ticket Kereta Api,BPJS Kesehatan, SODAQOH,DLL.
    Semua transaksi bernilai cashback (bonus transaksi),bahkan sahamnya Disedekahkan 100% oleh Ustadz Yusuf Mansur hanya utk Umat.

    3. Bila Nantinya kita Dapat membentuk Jaringan Yg berkembang Melesat dan Banyak mendapatkan BONUS itu Berarti ALLAH SWT Ridho dengan Niat Kita.

    Ayo Kembalikan Bahwa Semua ini Milik ALLAH SWT, Kita hanya berproses untuk menjadi lebih Baik dengan

    Setelah isi form pendaftaran segera lakukan UPGRADE agar resmi jadi member aktif.

    BISMILLAH Kita Pasti SUKSES Dengan izin Allah SWT, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

    Info Hubungi:

    Whatsapp/Telp/Sms : 085781500654
    Pin Bb : 5C2295B1
    Semoga Yg bergabung di

    http://leadertreni.net/alidenih

    diberikan kesehatan, keselamatan dunia akhirat, dan dimudahkan rezekinya. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

  7. JANGAN PERCAYA !!..
    Jangan percaya begitu saja tapi silahkan dibuktikan sendiri.

    Bisnis Ini modal sangat terjangkau taping hasilnya woow.. Dasyaaat…

    Siapa yang nggak butuh pulsa atau token listrik? Siapa yang ga punya kewajiban bayar tagihan air, PLN? Atau bayar cicilan kendaraan, TV kabel, speedy, telpon rumah? Bahkan BPJS kesehatan ? Atau anda butuh tiket pesawat, tiket kereta ?

    Semua ada di ‪#‎Paytren‬. Cukup alihkan semua kebiasaan beli2 dan bayar2 melalui aplikasi #Paytren.

    Dan siap2 pengeluaran rutin anda akan berubah menjadi sumber penghasilan.
    Bersiaplah terima komisi, cashback, dan reward yg nilai nya WOW.
    .
    Daftar Free Member :
    leadertreni.net/day
    Bantuan Support : WA 6282234846947 . BBM 579F399A .

    Keputusan kecil untuk hadir adalah langkah awal untuk Sebuah Kesuksesan Anda

  8. Dea says:

    Assalamualaikum wr wb
    Hay sahabat semua,,,?
    Tau kan anda pengeluaran rutin anda tiap hari,,,?
    ~bayar tagihan air (PDAM)
    ~bayar tagihan listrik (token,,,pasca)
    ~beli pulsa
    ~dll
    Gabung atau tidak dengan paytren sama aja kan harus bayar tagihan” rutin tiap bulan,,,?

    Tapi beda ya jika qt gabung paytren
    ~dapet cashback dari setiap transaksi
    ~biaya administrasi lebih murah
    ~hemat waktu
    ~hemat tenaga
    ~hemat ongkos
    ~bisa bayar tepat waktu tanpa harus keluar rumah pagi,,siang,,malam
    ~hemat bensin kl loket pln y jauh
    ~hemat uang parkir
    Dan masih banyak lain
    Mau tau lebih lanjut,,,?kunjungi

    http://www.leadertreni.net/dea

    Info pendaftaran hubungi
    DEA
    PROFESIONAL PAYTREN
    WA/LINE: +886983410492
    BBM :58F41D15

  9. ahmad lubis says:

    Assalaamu’alaikum wrwb.

    TAHUKAH ANDA BAHWA…

    1⃣ Hp dan gadged yang ada ditangan anda bisa diubah menjadi “MESIN UANG” yg menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan perhari?

    2⃣ Tagihan rutin bulanan yg anda bayar setiap bulan, bisa diubah menjadi “LADANG UANG” yg bisa anda wariskan kepada anak cucu anda?

    3⃣ Anda bisa berpartisipasi “MEMBELI KEMBALI INDONESIA” tercinta ini hanya dgn mengalihkan pembayaran Rekening Tagihan bulanan anda ke Paytren melalui hp yg anda miliki?

    JIKA ANDA ADALAH…..

    ✅ Ibu rumah tangga, karyawan, pensiunan, mahasiswa yg sedang mencari bisnis yg benar” ingin MENGHASILKAN UANG baik online maupun offline.

    ✅ Orang yg sedang mencari PELUANG BISNIS yg bisa dikerjakan dirumah atau dimana saja yg anda suka.

    ✅ Orang yg SEDANG MENCARI peluang bisnis yg akan mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik,terbebas dr hutang atau bebas dari beban finansial.

    ✅ Orang yg INGIN MEMILIKI passive income yg bisa diwariskan.

    MAKA YAKINLAH…

    Peluang bisnis Paytren bersama ustad yusuf mansur PANTAS ANDA AMBIL
    Tidak ada alasan untuk tidak bergabung dgn bisnis Paytren, siapapun bisa menjalankan bisnis ini, orang kantoran, pensiunan, mahasiswa, pria, wanita bahkan ibu rumah tangga yg tidak kenal internet pun bisa sukses menjalankan bisnis ini.

    Mari bergabung dgn Paytren, kami siap membantu anda

    �� Hallo… Tunggu apalagi, semakin lama menunda ya semakin ketinggalan…

    Ayo daftar di http://leadertreni.net/bintang702
    Klik DAFTAR SEKARANG

    Perlu bantuan, hub :
    ��BB : 24e8e2dd
    ��WA : 0895331790154
    SMS: 0895331790154
    salam sukses

  10. alikha says:

    Mas mbsk klo comment ya comment aja. Ini kok conmentnya pada promosi paytren

  11. Hera says:

    Sedekah kok ngarep
    Ustad gemblung

  12. fres says:

    kalo mau berbuat baik ya langsung aja
    ngapain harus pamrih

    kalo pamrih, itu namanya tanpa ganjaran

    lha kalo gurunya aja udah seperti ini, gimana lagi sama muridnya

    wah, menyesatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial