Sedekah Universal

 

kantong uang

Sedekah via sudutlancip.com

Oleh Tarmizi As Shidiq

Siapa tak kenal Abu Dzar Al Ghifary. Tokoh Bani Ghifar ini terkenal sebagai sahabat yang sangat membatasi dunia. Ia sengaja memilih jalan hidup yang begitu sederhana agar tidak terlena gemerlap dunia.

Walau demikian, tetap saja Rasulullah SAW menganjurkan Abu Dzar untuk istiqamah bersedekah. Pesan nabi ini membuat Abdu Dzar penasaran sehingga ia bertanya, “Ya Nabi Allah, engkau menyuruh kami bersedekah. Apa sih hakikat sedekah?”. Jawab Nabi, “Sedekah itu sesuatu yang ajaib.” Sampai tiga kali berturut-turut beliau berkata demikian.

Keajaiban sedekah dijelaskan nabi dalam berbagai hadits lain. Misalnya, ‘’Siapa mendapatkan kesedihan dalam hati, maka bersedekahlah.“ Bila dada terasa sempit, sedekah melapangkannya. Demikian Dr. Aidh Al Qarni menuturkan dalam bukunya La Tahzan.

Sedekah pun menjadi lantaran datangnya nashrullah. Kata Rasulullah SAW, “Allah senantiasa menolong seorang hamba, selama si hamba itu mau menolong saudaranya.” (H.R. Muslim). Ingin panjang umur? Inilah resep Rasul, “Sedekah dapat menolak musibah serta menambah keberkahan umur.”

Bila ingin harta terus bertambah, kurangilah sementara yang ada dengan sedekah. Sesuai nasihat Rasulullah, “Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan akan bertambah, bertambah, dan bertambah.” Keamanan harta pun terjaga oleh sedekah. “Bentengilah harta kekayaan Anda dengan zakat dan sedekah,” kata nabi.

Sakit, obatnya pun sedekah. Kata Rasul, “Obatilah penyakitmu dengan bersedekah.“

Ternyata, segala keutamaan dan manfaat sedekah di dunia bersifat universal. Sedekah tak pandang suku, agama, maupun ras. Ya, sedekah adalah universal path, meskipun bagi kaum muslimin tetap ada something different sehingga kalkulasi sedekah tidak berhenti di dunia semata.

Joe Vitale, penulis spiritual marketing, sampai pada kesimpulan bahwa semakin kita rela dan banyak bersedekah, semakin banyak pula yang kita dapatkan. “To give in order to get” menurut Vitale, adalah suatu hukum universal, seperti terangkum dalam buku The Greatest Money-Making Secret in History!

Sudah banyak contohnya. Menurut BusinessWeek edisi 1 Desember 2003, total dana sumbangan yang diberikan 50 dermawan terbesar di Amerika seperti Bill Gates dan George Soros sepanjang tahun 2003 adalah sekitar Rp 500 triliun. Mereka menyumbang rata-rata lebih dari 40 persen hartanya. Bahkan Warren Buffet, orang nomor dua terkaya di dunia tahun 2006 dengan kekayaan $42 miliar, menyumbangkan 80% kekayaannya untuk sosial.

Pendiri toko-toko duty-free yang terdapat di pelabuhan udara seluruh dunia, Charles Feeney, menyumbangkan 39 persen saham perusahaan kepada yayasan sosial yang saat itu bernilai lebih Rp 31 triliun. Kekayaannya sendiri saat itu tidak lebih Rp 12,7 miliar. Demikian sedikit bukti universalitas sedekah seperti dikutip dalam buku Senjata Kaum Beriman terbitan PPPA Daarul Qur’an.

Subhanallah, sedekah memang luar biasa. Bapak, Ibu, Saudara yang budiman, semoga kita tidak ketinggalan memanen fadhilah sedekah, dan mendapatkan semua yang kita hajatkan. Aamiin.

Rekening Sedekah PPPA Daarul Qur’an
BCA               :  6030 3080 41
BMI                :  303 003 3615
an. Yayasan Daarul Quran Nusantara
Alamat :
PPPA Daarul Qur’an
Graha Daarul Qur’an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21, Jl. Hos. Cokroaminoto, Karang Tengah, Ciledug, Kota Ciledug, 15157
Telp.  62-21-7345 3000
Faks. 62-21-7344 4858
www.pppa.or.id

You may also like...

4 Responses

  1. Nova Erita says:

    Insya ALLAH kalau usaha paytren saya lancar,saya akan bersedekah pake uang hasil usaha sendiri , gak harus ijin suami lagi,mohon doanya ust.

  2. bramadi rahmawan says:

    Assalaamu’alaikum……
    betul emang Gus Yusuf…..laa Raiba….dan memang sedekah bagi kaum Muslim adalah ibadah HATI..( muhlisin dan muhlasin ).dimulai dari hati dan akan kembali ke hati…dunia akhirat….dan bagi semua muslim tanpa batas status dan kondisi….selagi hati memang butuh untuk sedekah….ya langsung saja di amalkan…ndak usah nunggu2 dan jangan di-tunda2….mulai dari senyum…salam…uluran harta…tenaga…pikiran….nah semua bisa dijadikan komoditi sedekah….hasilnya…..ya yang Gus Yusuf sampaikan tadi …… keajaiban…..dan itu ALLAH yang urus dah….bisa langsung kita dapet ato bisa kapan aja sesuai kehendak ALLAH…..yang pasti langsung dicatat malaikat untuk cicilan pahala akhirat..( masih inget aja pesan Gus Yusuf ….3 tahun yang lalu tuh…)….memang nikmat jadi muslim…apalagi Ustadnya Gus Yusuf….ndak ada capek dan bosennye…….
    Moga Cinta ALLAH selalu pada Ustad dan keluarganya…juga pada saudara2 yang rajin menuntut ilmu dan mengamalkannya…….
    wassalaamu’alaikum…..
    ( moga bisa ketemu Gus Yusuf…..semoga beliau yang mencari saya…dengan Ridlo ALLAH…)

  3. saroji_adjah says:

    Niat bagus tapi caranya salah..
    ” Ga usah nunggu usaha lancar buat sedekah tapi sedekhlah maka insya Allah usaha akan lancar…”

    coba deh d praktekin ajah langsung g usah mikir2 ..

    #maaf sekedar mengingatkan aja

  4. rina rahman says:

    konfirmasi/utami/bri/1000000/05-12-2014/1900674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like