Sebar Sejuta Buku

Sedekah berlipat, Berkah sepanjang hayat, Pahala dunia akhirat

 

Apa itu Sebar Sejuta Buku?


Sebar Sejuta Buku (SSB) merupakan sebuah gerakan sosial yang mengusung cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Gerakan ini berangkat dari kesadaran bahwa salah satu kunci untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa adalah melalui membaca. Sayangnya masih banyak tempat-tempat di Indonesia yang memiliki keterbatasan akses terhadap bahan bacaan dan tidak memiliki perpustakaan.

Karena itu, gerakan SSB yang diprakarsai oleh Dr. Deddi Nordiawan dan Ustad Yusuf Mansur ini, mengajak seluruh anggota masyarakat untuk berperan aktif menjadi penyambung kebaikan dengan cara mendistribusikan buku-buku berkualitas ke penjuru negeri.
Saat ini gerakan SSB telah diinisiasi oleh sekitar 5000 orang yang tergabung dalam 55 grup komunitas Selamat Morning Indonesia. Mereka membangun perpustakaan mini yang berisi buku-buku karya Ustadz Yusuf Mansur.

Kini, kami mengajak siapa saja yang tergerak hatinya untuk turut andil mewujudkan cita-cita ini dengan bergabung dalam gerakan SSB.

 

Bagaimana program ini bekerja?


Gerakan SSB memberikan kesempatan kepada individu maupun komunitas untuk berpartisipasi dengan cara memberikan donasi yang akan digunakan untuk membangun perpustakaan mini di berbagai daerah. Setiap Rp. 10.000.000 donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi buku dengan nilai hingga Rp. 25.000.000. Hal ini dimungkinkan karena SSB telah menjalin kerjasama dengan penerbit buku yang menjadi rekanan dalam program ini.

Paket buku tersebut akan didistribusi ke tempat-tempat strategis atau tempat-tempat pendidikan, seperti di sekolah, masjid, kampus, atau tempat-tempat yang memungkinkan orang memanfaatkan waktu secara cerdas. Bukan tidak mungkin, perpustakaan mini ini akan menjadi tempat belajar bersama, bedah buku, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Pada 2016, program ini akan dilaksanakan dengan target membuka 1000 perpustakaan di seluruh penjuru Indonesia.

 

Visi


Membangun Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, unggul dan bertaqwa

Misi


1. Membangun komunitas yang berkomitmen untuk mencerdaskan bangsa

2. Menebar buku inspiratif ke seluruh pelosok nusantara

3. Membangun program sebagai wadah membangun Indonesia unggul

 

Struktur Organisasi


struktur-organisasi

 

FAQ


  1. Apa itu gerakan sebar sejuta buku?

    Sebar Sejuta Buku (SSB) merupakan sebuah gerakan sosial yang mengusung cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Gerakan ini berangkat dari kesadaran bahwa salah satu kunci untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa adalah melalui membaca. Sayangnya masih banyak tempat-tempat di Indonesia yang memiliki keterbatasan akses terhadap bahan bacaan dan tidak memiliki perpustakaan. Karena itu, gerakan SSB yang diprakarsai oleh Dr. Deddi Nordiawan dan Ustad Yusuf Mansur ini, mengajak seluruh anggota masyarakat untuk berperan aktif menjadi penyambung kebaikan dengan cara mendistribusikan buku-buku berkualitas ke penjuru negeri.

  2. Apa tujuan gerakan sebar sejuta buku?

    Untuk mendistribusikan buku – buku inspiratif ke seluruh pelosok nusantara, agar masyarakat Indonesia memiliki kesadaran dalam mencerdaskan bangsa melalui membaca.

  3. Apa saja yang kami lakukan?

    Gerakan sebar sejuta buku merupakan gerakan yang mengumpulkan donasi dari masyarakat/kelompok, kemudian kami konversikan ke buku-buku inspiratif senilai hingga 25 juta yang kemudian kami distribusikan ke perpustakaan/lokasi-lokasi yang telah terpilih.

  4. Siapa saja yang terlibat dalam gerakan ini?

    Dalam pelaksanaannya gerakan ini melibatkan berbagai pihak, yaitu:
    (1) Target gerakan : daerah yang memiliki perpustakaan atau memiliki sistem perpustakaan. Bagi kami, mereka mempunyai peran penting dalam gerakan ini. Setiap daerah akan dilibatkan dalam pendistribusian buku-buku inspiratif yang disesuaikan dengan kebutuhan agar memberikan manfaat yang maksimal.
    (2) Donatur : program ini memfasilitasi para donatur untuk menyalurkan donasinya sesuai kebutuhan serta mampu memaksimalkan potensi. Selain itu, program ini dapat membantu perusahaan/organisasi bisnis untuk terlibat dan mendukung kami melalui program CSR sehingga memberikan dampak positif bagi perusahaan tersebut. Tentunya dukungan dari donatur sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan dari gerakan serta memaksimalkan potensi yang ada.
    (3) Relawan: gerakan ini mengajak masyarakat umum untuk terlibat dalam setiap gerakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda maupun masyarakat umum untuk terlibat dalam upaya pengembangan perpustakaan sekaligus menumbuhkan minat sedekah dan minat membaca. Selain itu keterlibatan dalam program ini akan meningkatkan kepedulian bagi masyarakat umum khususnya generasi muda sehingga mampu menciptakan generasi yang mempunyai empati sosial.
    (4) Wisatahati sebagai fasilitator program yang berfungsi memfasilitasi berbagai pihak terkait untuk mencapai tujuan-tujuan yang bersifat sosial. Kami menjadikan diri kami sebagai penghubung antara mereka yang membutuhkan bantuan dengan mereka yang dapat memberikan bantuan.

  5. Bagaimana cara bergabung dengan gerakan ini?
    Menyalurkan donasi
  6.  Apa yang menjadi keunggulan gerakan ini ?
    1. Penggalangan dana dapat dilakukan secara On-line maupun Off-line
    2. Melalui kerja sama dengan penerbit, donasi yang bernilai Rp. 10.000.000 dapat dikonversi menjadi buku senilai hingga Rp. 25.000.000; dengan kata lain terjadi multiplikasi nilai donasi dan multiplikasi nilai kebermanfaatan
    3. Output donasi yang berupa buku dan perpustakaan mini memberi masyarakat akses terhadap ilmu pengetahuan yang tidak ternilai harganya
    4. Pengelolaan dana dilakukan secara akuntabel dan transparan

 

Term of Service


Syarat dan ketentuan pada dalam halaman ini mengikat para Pengguna dan Pengunjung Situs www.sejutabuku.org  untuk tunduk dan patuh atas apa yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola situs.

Dengan menggunakan situs www.sejutabuku.org, maka Pengguna dianggap telah memahami dan menyepakati semua isi dalam syarat dan ketentuan di bawah ini. Pengelola berhak mengubah syarat dan ketentuan sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu dibawah ini sebagai berikut :

 

BAGI RELAWAN

Pengguna Situs yang merupakan pendukung ide dan/atau pendukung gerakan sosial dalam bentuk tenaga, pikiran, dan kapasitas berkewajiban untuk:

• Wajib menyatakan diri sebagai seseorang yang cakap di mata hukum sehingga dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan yang merupakan kelalaian dan/atau pelanggaran atas syarat dan ketentuan penggunaan Situs.

• Wajib memberikan data dan informasi dengan benar, tidak menyesatkan, dan/atau pemalsuan;

• Wajib membuat akun untuk dapat mengakses fasilitas tertentu yang tidak tersedia bagi Pengguna Situs pada umumnya;

• Wajib menggunakan Situs untuk keperluan-keperluan yang tidak bertentangan dengan hukum, melanggar kesusilaan, maupun melanggar hak Pengelola maupun hak pihak Pengguna Situs lainnya;

 

BAGI DONATUR

Pengguna Situs yang merupakan pendukung ide dan/atau pendukung gerakan sosial dalam bentuk donasi berkewajiban untuk:

• Wajib mencermati segala informasi mengenai ide dan/atau gerakan sosial yang dimuat di dalam Situs sebelum memberikan dukungan;

• Wajib tidak melakukan pencucian uang atau menggunakan uang yang berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum dalam mendonasikan uangnya untuk mendukung ide dan/atau campaign sosial yang ada di dalam Situs.

• Donasi yang masuk ke SSB tanpa melakukan konfirmasi, tercatat sebagai donasi umum yang akan disalurkan oleh SSB ke sedekah produktif.

1 Respon

  1. Yusron Fauzi berkata:

    Ayo dukung Program mulia Guru kita ini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: