• home ym com


Semua Akan Punah

punah
Setiap suku hampir pernah dikuasakan oleh Allah, kekuasaan di muka bumi. Ganti berganti. Dulu, ada Prabu Siliwangi, misalnya. Atau malah kayak Kerajaan Sriwijaya, yang mendunia. Pada saat itu armada laut dan perdagangan internasionalnya disegani banyak bangsa di dunia.

Suku Betawi juga hebat. “Sedekah” buat Indonesia, tanahnya. Hingga sekarang sedikit sekali penjaga tanah Betawi yang tinggal di Betawi. Semua suku, semua bangsa, semua negara, ga akan ada yang abadi.¬†Wa wajhu robbika dzul jalaali wal ikroom. Tinggal soal waktu.

Pompei… Romawi… Persia… Maya… Dan banyak lagi suku-suku dan bangsa-bangsa yang melegenda, benar-benar jadi legenda saja.

Sebagian suku dan bangsa, ada yang tidak ditinggalkan jejaknya oleh Allah. Sebagiannya lagi ditinggalkan jejaknya. Kaum Sodom misalnya, termasuk yang ditinggalkan jejaknya atau tidak…? Dan siapa Kaum Sodom itu…? Bagaimana perlakuan Allah terhadap mereka…?

Apa yang kelak akan dikenang oleh satu bangsa besar? Keburukannya? Atau keindahan budi pekerti dan akhlaknya? Prestasinya? Sejarah kelamnya?

Mau apapun usaha satu kaum, untuk tidak akan punah, ia akan punah juga. Untuk tidak akan hilang, ia akan hilang juga.

Ada yang Allah percepat. Ada yang dibiarkan-Nya sesuai Sunnah dan Perhitungan-Nya. Dan Ada yang Allah jelmakan jadi bangsa besar. Baru kemudian dipunahkan. Ibarat kita, manusia, maka pasti akan mati. Ga ada anti aging yang sempurna. Tinggal gimana saat dia hidup, dan gimana nanti matinya, dan apa kesudahannya?

Wujud kecil satu kaum, satu bangsa, satu suku, satu negara… adalah FAM… Keluarga. Coba liat. Lama-lama punah juga. Asli. Benar-benar ga ada yang dibiarkan abadi. Allah lah sebaik-sebaiknya Pelindung dan Penolong untuk semua diri, keluarga, suku, kaum, bangsa, negara…

Bahkan, ga ada satu akun pun yang akan selamat dari kepunahan, he he he… Dan tidak ada juga yang benar-benar mati, punah, musnah, kecuali akan dibangkitkan lagi dan dimintai seluruh pertanggungjawaban atas segala amalnya.

You may also like...

4 Responses

  1. tiyah says:

    Subhanallah. Allah Maha Perkasa, Maha Adil

  2. subhanallah, terimakasih atas share nya pak,

  3. PayTren says:

    Subhanallah…

  4. kamila says:

    Gabung paytren nya ustad yusuf mansur…
    berbisnis juga sedekah…dunia dapet akhirat dapet. Ayuk gabung skrg di http://leadertreni.net/kamila
    Wa 081939430454

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.