Yusuf Mansur

Shalat Isya di Masjidil Haram Meluber Hingga ke Jalan

 

Masjidil Haram tidak mampu lagi menampung seluruh jamaah haji dari seluruh dunia. Sebagian jamaah haji melaksanakan shalat Isya di jalan yang menghubungkan kompleks Masjidil Haram dan Terminal Bab Ali di sisi timur, Kamis (17/9) malam waktu Arab Saudi.

Masjidil Haram tidak pernah sepi dari jamaah satu pekan menjelang prosesi wukuf di Arafah. Kepadatan jamaah di dalam Masjidil Haram berlangsung hampir setiap saat. Untuk mendapatkan tempat di dalam Masjid ketika shalat wajib, jamaah harus datang dua hingga tiga jam sebelum azan.

Menjelang shalat Isya atau sekitar pukul 19.43 WAS, pelataran Masjidil Haram pun sudah dipadati oleh jamaah haji dari seluruh dunia. Masjidil Haram tidak dapat lagi menampung ratusan ribu jamaah yang mencoba masuk ke Masjidil Haram.

Di sisi timur Masjidil Haram, jamaah tampak menyemut untuk melaksanakan shalat Isya. Jamaah meluber hingga di dekat Maulid Nabi dan pintu keluar kompleks Masjidil Haram di bagian timur.

Ketika iqamat terdengar, jamaah yang baru turun dari bus di Terminal Bab Ali  langsung menggerakan kaki dengan cepat. Dua orang dengan baju bertuliskan Kazakhstan di bagian punggung mencoba berlari menjangkau pintu masuk.

Tidak hanya dari Kazakhstan, tampak juga jamaah dari Mesir, Turki, dan Iran. Namun, mereka dan sebagian jamaah lain harus tertahan di depan pintu masuk Kompleks Masjidil Haram. Sebab, pelataran Masjid terbesar di dunia itu pun sudah penuh dengan jamaah.

Mereka pun memilih menggelar sajadah di jalan ketika imam Masjidil Haram sudah mengumandangkan ‘Allahu Akbar’ tanda rakaat pertama dimulai. Sebagian jamaah shalat meggunakan alas, namun sebagian lagi shalat beralaskan aspal dengan hanya kain yang menutup tempat sujud.

Di sini akan terlihat dengan jelas, para jamaah berlomba-lomba dalam rangka menuju kebaikan. Karena hanya dalam musim haji saja, sebagian mereka mempunyai kesempatan menunaikan shalat di Masjidil Haram

Sumber news: republika.co.id

 

Sumber image: republika.co.id

 

 

Exit mobile version