Yusuf Mansur

Sigab Daqu untuk Banjarnegara dan Garut

 

 

Longsor melanda Desa Jemblung Banjarnegara. Ratusan rumah terkubur dan puluhan orang menjadi korban jiwa. Dalam hitungan kurang dari lima menit, desa tersebut lenyap. Ratusan warga tertimbun tanah, 24 orang tewas, dan belasan lainnya luka-luka. Kendaraan yang sedang melintas juga menjadi korban tanah longsor. Jalan Raya yang menghubungkan Pekalongan – Banjarnegara putus total.

“Semuanya begitu cepat. Seketika rumah-rumah tertimbun tanah” kata salah satu warga.

 

 

Tim Santri Siaga Bencana (Sigab) Daarul Qur’an Semarang bergabung dengan Tim SAR untuk melakukan evakuasi korban longsor di lokasi tersebut. Tim dibawah pimpinan Haris Halimi ini mendirikan posko di Desa Penci Karangtengah, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara.  Tim SIGAB Daarul Qur’an ikut menyiapkan kuburan bagi para korban tewas. Selain itu bantuan berupa kebutuhan bahan pokok dan pakaian disiapkan bagi para korban.

“Insya Allah kami menyiapkan bahan-bahan makanan pokok bagi para korban, Selain itu kami juga menyediakan sejumlah obat-obatan dan mobil ambulans” ujar Haris.

Sepuluh personil membawa bantuan ke desa terpencil Karangtengah, Kecamatan Wanayasa. Bantuan yang diberikan di antaranya beras, snack, susu UHT, pampers anak,  pembalut wanita, sandal dan pakaian pantas pakai.

 

 

Di lokasi berbeda, saudara-saudara kita di Garut juga sedang dilanda musibah banjir bandang. Saudara-saudara kita di Kampung Baru Bandung, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat rumahnya pada kerendem. Penyebabnya adalah Sungai Cibarengkok dan Cimanten meluap.

Daarul Qur’an, melalui program Santri Siaga Bencana (Sigab) mendirikan posko yang berlokasi di Pondok Pesantren Al Itihad, Kampung Baru Bandung, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Relawan Sigab membantu masyarakat dalam menyiapkan kantung-kantung pasir yang digunakan pembuatan tanggul darurat menggantikan tanggul yang jebol. Selain itu juga memberikan bantuan mesin air bagi ponpes dan masjid serta kebutuhan pokok lainnya.

Donasi Kemanusiaan Untuk Korban Banjir dan Longsor di Garut dan Banjarnegara bisa Saudara salurkan melalui Rekening Mandiri 101-00-9991999-3 a.n. Yayasan Daarul Qur’an Nusantara.

Exit mobile version