• home ym com


Sukabumi Longsor, 46 Kecamatan Lainnya Rawan

 

Ilustrasi Longsor Sukabumi

Ilustrasi Longsor Sukabumi

 

Hari Ahad pertama di bulan Januari tahun 2015 mungkin menjadi hari yang tidak terlupakan bagi warga Kampung Linggamanik, Desa/Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Siang itu, hujan turun dengan deras dan mengakibatkan tanah longsor di wilayah tersebut.

Tidak ada korban jiwa memang. Tapi setidaknya, lima rumah rusak berat tertimbun tanah longsor.

Setahun yang lalu, wilayah ini pun pernah mengalami pergerakan tanah. Sehingga sebelum terjadi bencana longsor Ahad kemarin, para warga telah mengungsi terlebih dahulu. Mereka telah mengenali gejala akan terjadinya tanah longsor.

Walau warga di kecamatan Bantargadung dapat mengenali gejala akan terjadinya tanah longsor, akan tetapi alat pendeteksi dini longsor atau early warning system.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berharap adanya bantuan alat tersebut dari pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kami sudah mengupayakan bantuan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi Irwan Fajar, Ahad (4/1).

Semua kecamatan di Sukabumi yang berjumlah 47 itu, termasuk daerah rawan longsor. Menurut Irwan yang membedakannya hanya dari klasifikasinya saja, ada yang rendah, sedang dan tinggi.

Oleh karenanya, Irwan sangat berharap alat itu dapat diterima dengan segera, sehingga warga dapat meningkat kewaspadaan. Terlebih sekarang, intensitas hujan cukup tinggi di hampir seluruh wilayah Sukabumi.

 

(Sumber image: http://www.rimanews.com)

You may also like...

1 Response

  1. Bismillaahirrahmaanirrahim.
    PAYTREN adalah PROYEK transaksi digital yg dibangun Ustad Yusuf Mansur,
    *BERBISNIS SAMBIL BERSEDEKAH*
    DAFTAR DI
    http://trenidigital.com/eddy86

    SMS; 081294269850
    WA : 0895345959499
    BBM : D76E41D7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.