• home ym com


Syarat Jaminan

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta.

Sebagai penghormatan (bagimu) dari (Allah) Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS Fushilat: 30-32)

Rabbunallah.

Tuhan kami adalah Allah. Ini penting. Dari kalimat inilah semua bermula. Tuhannya siapa? Uang 500 ribu? Kalau dia mengandalakan gajinya, mengandalakan teman, saudara, pekerjaan, perusahaan, tentu ayat ini tidak akan berarti apa-apa. Istilahnya tidak akan “bunyi”. INilah syarat utama seseorang mendapatkan jaminan. Allah satu satunya tempa bergantung. Satu-satunya Tuhan kita. Ini adalah syarat mutak untuk mendapatan jaminan Allah.

Sekali lagi kta cek ke dalam diri masing-masing. Jika kita mau mendapatkan jaminan dari Allah, sudahkah kita benar-benar hanya bertuhan Allah?

Hati-hati dengan ikhtiar! Seringkali kia secara tidak sadar menjadikan ikhtiar sebagai tuhan, bukan sebagai ibadah. Kapan ikhtiar jadi tuhan, kapan jadi ibadah?

Ketika saudara merasa kecewa karena tidak berhasil, merasa sdih, patah semangat, putus asa, lalu malah tidak jadi ibadah atau mengurangi ibadahnya. Mak bisa jadi ikhtiar saudara sudah menjadi tuhan.

Yang menentukan sebuah ikhtiar tidak menjadi ibadah adalah tidak adanya Allah. Jaminan Allah ga aka nada di sini. Maka urusan itu akan mejadi urusan sebab akibat baisa.

Terus apa yang bisa membuat ikhtiar ktia jadi ibadah? Seharusnya di awal ada Allah, di tengah ada Alllah, di akhir juga ada Allah. Kemudian lihat juga apakah di setiap ikhtiar kita, ada ga ibadahnya.

Begitulah bisa jadi ikhtiar Saydara terlihat ga berhasil. Tapi kalau jadi ibadah, Allah yang akan datangkan hasilnya dari arah yang tidak diduga-duga. Sebaliknya, bisa jadi ikhtiarnya rerlihat berhasil, tapi kalau tidak jadi ibadah, justru Allah akan menghanguskannya.

Istiqomah.

Istiqomahlah. Allah itu segala-galanya buat kita. Istiqomah itu lempeng. Ga miring kana atau miring kiri. Istiqomahlah dalam takwa dan tawakkal.

Begitu adzan menyeru, sini, sini sholat. Lalu kemudian kita ini, pekerja-pekerja, pedagang-pedagang, buruh, tani, nelayan sudah di shaf perama. Nah Allah demen yang begini. Tapi bagaiman kita mau dijamin, kalau kita ga kenal Allah. Pagi lewat dhuhanya, zuhur setengah tiga, ashar setengah lima. Gimana ceritanya mau dijamin sama Allah?

Kalau ente istiqomah, jaminan Allah itu akan datang. Appaun masalahnya, Allah akan jamin jalan keluarnya.

Kembalikan saja semua urusan kepada Allah. Barangsiapa yang kemudian bertawakkal kepada Allah, barangsiapa yang kemudian pasrah kepada Allah, maka kemudian Allah akan ngeberesin semuanya.

Innallah baalighu amrii ja’alallahu likulli syai’in qodroo. Allah menanamkan kita semua urusan udah ada ukurannya. Ga mungkin Allah nguji kita tanpa kemudian Allah tahu kalau kita itu mampu. Allah ga mungkin menimpakan kepada seseorang itu musibah, bala, bencana, kesusahan dan kesulitan kecuali Allah tahu kita tuh sanggup.

You may also like...

3 Responses

  1. Bismillaahirrahmaanirrahim.
    PAYTREN adalah PROYEK transaksi digital yg dibangun Ustad Yusuf Mansur,
    *BERBISNIS SAMBIL BERSEDEKAH*
    DAFTAR DI
    http://trenidigital.com/eddy86

    SMS; 081294269850
    WA : 0895345959499
    BBM : D76E41D7

  2. Dhika says:

    Sangat menguatkan hati,,
    semoga semua urusan ustad juga dipermudah, amiin

  3. Deni says:

    Go paytren hub wa 083820996633

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.