Tak berbatas pada umur orang tua

23,648 Views

Ada tiga kewajiban anak terhadap orang tua setelah wafatnya; bayarkan hutangnya jika ada, jalin hubungan dengan sahabat dan keluarganya, dan mendoakannya.

09_24_09_4abb21094a7a1Sudah menjadi rahasia umum, bahwa jarang ada anak yang ‘tahan lama’ berbakti kepada orang tuanya setelah orang tuanya wafat.

Kata seorang kawan, paling banter cuma sampai 40 hari setelah kematian anak-anak akan ingat orang tuanya.

Setelah itu, lepas, seperti tidak pernah ada orang tua dalam kehidupannya.

Sementara kawan yang lain lagi berkata, diziarahi pun paling satu dua tahun saja setelah kematian.

Setelah itu, jangankan ditengok kuburannya, dikirimkan Fatihah (dibacakan doa) pun tidak.

Anak yang bakti, tak berbatas pada umur orang tua.

Setelah lepas pun seharusnya tetap berkhidmat.

Kata Rasul, khidmatnya anak kepada orang tua yang sudah meninggal itu ada tiga,

bayarkan hutangnya jika ada,

jalin hubungan dengan sahabat dan keluarga orang tua,

dan mendoakannya.

Dan ini adalah bakti yang harusnya tidak berhenti hanya pada hitungan 7 hari, 40 hari, seratus hari, satu dan dua tahun saja.

Selamanya, sepanjang sisa hidup kita.

Meskipun semua berasal dari Tuhan,

kita sama tahu, tanpa adanya orang tua, kita tidak akan lahir ke dunia ini.

Sebab orang tualah kita menjadi ada.

Masa kemudian kita melupakannya?

Apalagi bila kita mengingat perihnya mereka, deritanya mereka,

ketika kita masih dalam kandungan, ketika kita masih kecil, dan seterusnya.

Patut diperhatikan juga ungkapan berikut ini, sebagaimana perlakuan kita terhadap orang tua kita, begitu jugalah kelak kita akan diperlakukan oleh anak kita kelak.

Coba-coba saja durhaka kepada orang tua, maka kita akan didurhakai anak kita kelak. Mau?

Sebagaimana perlakuan kita kepada orang tua, begitu juga kelak kita akan diperlakukan.


Article written by Admin

37 Responses

  1. suzy
    suzy March 18, 2013 at 1:56 am | | Reply

    Menginspirasi bgt nasehatnya Ustadz untuk tetap sayang, patuh sama orang Tua
    memang peran orang tua bagi kita besar sekali, sudah semestinya kita berbakti selamanya kpd orang tua

  2. dewi yana
    dewi yana March 18, 2013 at 1:56 am | | Reply

    Semoga dewi bisa istiqomah, selalu ingat untuk mendoakan almarhum ke dua orang tua dewi, setiap selesai sholat, aamiin. “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau DOA anak yang sholeh” (HR. Muslim)

  3. Aziz
    Aziz March 18, 2013 at 1:59 am | | Reply

    Subhanallah. Menyentuh sekali

  4. Eris kafitri
    Eris kafitri March 18, 2013 at 2:02 am | | Reply

    bener bgt tadz ngingetin aq klo suatu hari nanti insya Allah aq jd orang tua dan apa yg aq lkukan pda ortu ku akan kembali kepadaku

  5. imam junaidi
    imam junaidi March 18, 2013 at 2:20 am | | Reply

    :( belum bias bahagiain orang tua… Ya Alloh…. jangan pisahkan kami sebelum saya puas membahagiakan dunia mereka.. Amiiin…

  6. siti khotijah
    siti khotijah March 18, 2013 at 2:21 am | | Reply

    Subhanalloh…kedua org tua kita penuh perjuangn utk kt,, ibu mengandung, melahirkn,, menyusui,menjaga kt, mencucikan pakaian, memasak..dan mengajari kt mulai dari nol….ayah bekerja mencari nafkah, berangkt pagi pulang sore, mereka tak mengenal lelah demi anak2nya… Ya Alloh…sayangilah mereka, ampuni dosa2 mereka, cukupkan segala keperluan mereka..Amiin

  7. apang
    apang March 18, 2013 at 2:39 am | | Reply

    ya alloh semoga amal obadah orang tua kami d terima d si2mu aamiin yaa rob..

  8. elok khumairoh
    elok khumairoh March 18, 2013 at 9:47 am | | Reply

    Astagfirullah, ampuni kami ya ALLAH yg serng mengatakan kata “ah” ketika kami disuruh…padahal kami tahu mengatakan kata tersebut dosanya sangat besar.

  9. Yelli
    Yelli March 18, 2013 at 10:46 am | | Reply

    Waduh Ustadz… Alhamdulillah, sudah13 tahun kami ditinggal Bapak. Insya Allah kami sllu membawa beliau, keluarga besar dan kaum muslim yg sdh wafat dlm setiap do’a2 kami… mg Allah SWT menjauhkan mereka dr siksa kubur, melapangkan kuburnya, menerangi kuburnya, dan menjadikan kuburnya jannati… Aamiin Ya Rabbal alamin

  10. wiwiek pebrina
    wiwiek pebrina March 18, 2013 at 2:19 pm | | Reply

    Doa dari orang tua tak pernah putus untuk anaknya..Ya Rabb ridhoi lah hamba untuk bisa membahagiakan mereka dunia dan akhirat..menjadi anak yang berbakti dan selalu mendoakan mereka dalam setiap sujud hamba padaMu.Amin

  11. ivana
    ivana March 18, 2013 at 2:29 pm | | Reply

    Assalamualaikum pak ustad. Bagaimana dengan doa anak pungut. Saya diasuh oleh ibu yang sudah mengangkat saya dan beliau sudah wafat. Ketika ibu angkat saya wafat saya baru diberitahu kalo saya bukan anak kandungnya. Saya marah pada semuanya yg sudah membohongi saya selama 25 than . Apa yang hrs saya lakukan pak ustad. Ibu kandung saya masih ada dan dia adalah kakak mama saya.saya masih belum bisa menerima kenyataan ini.

    1. yusuf mansur
      yusuf mansur April 30, 2013 at 7:35 pm | | Reply

      hilangkan kemarahan dengan menumbuhkan rasa syukur. dan berterima kasih serta bersyukurlah untuk semua keadaan. saya doakan buat semuanya. salam.

  12. Muhammad yusuf al mansur
    Muhammad yusuf al mansur March 19, 2013 at 10:16 am | | Reply

    YA ALLAH, Engkaulah yang maha pengasih dan maha panyayang, Engkaulah yang maha pengampun, maka kami mohon kasihanilah kedua orangtua kami sebagaimana mereka mengasihani kami diwaktu kami kecil, dan ampunilah segala dosa-dosa kedua orangtua kami YA ALLAH, amin

  13. witri
    witri March 21, 2013 at 12:09 am | | Reply

    Yang namanya berbakti kepada orangtua itu adalah kewajiban setiap anak, tapi knapa terkadang kita merasa benci dengan sebuah keadaan atau suatu sikap orangtua yg menurut kita salah dan membuat kita kesal dan terlintas membenci mereka. Dengan dalam hati ber’istighfar dan bertanya tanya. Terkadang sayapun selalu bingung sebagai anak melihat sikap kedua orangtua saya. apalagi menginjak umur saya yg smakin bertambah.merasa beban saya semakin besar dan bertambah. Tapi yakin saya terus berserah Pada Allah SWT dalam menghadapi kedua orantua,4 adik saya dan 1 kakak saya.

  14. ahmad
    ahmad March 21, 2013 at 4:57 am | | Reply

    orang tua adalah segala-galanya bagi kita

  15. herna
    herna March 21, 2013 at 6:01 am | | Reply

    pak ustd apakah benar baiknya anak laki2 kpd orangtuanya itu tergantung isterinya yg bertanggung jawab bukankah suami itu imam dlm klg? bukankah isteri itu hanya berkewajiban mengingatkan sj kalau sdh mengingatkan itu dikembalikan kpd suaminya, tolong penjelasannya pak ustd masalahnya saya sll disalahkan mertua sy dan ipar saya. sy sdh mengingatkan setiap gajian untk mberi orangtuanya tp suami sy sll ada alasan krn kt jg msh kekurangan ktnya. tolong penjelasannya pak ustd terima kasih

  16. aku..
    aku.. March 22, 2013 at 4:33 am | | Reply

    Mama.. sbtulnya 2 tahun ini kami (aku dan kaka) hampir lelah (terutama kaka), menghadapi tingkah mama yg smakin jauh dari kesan seorg ibu,
    Jujur kami sakit hati, sudah sgt kecewa, kami malu mah… knp mama tega sama kami..
    Apa kurangnya kami, mama mau kmn kami antarkan, mama mau apa kami usahakan, kadang kami harus berdusta pada suami dan lainnya agar bisa mama senang, Tapi kenapa mama tega…
    Ya Allah… kenapa aku dilahirkan dengan mama yg seperti ini. Mungkin mama aku juga ga mau kami makanya mama selalu menghidar dari kami.
    KENAPAAAAAAAA….. lalu dimana aku harus cari Surga yg katanya ada di telapak kaki ibu sedang ibuku slama ini menghindar terus dan tak pernah mau berbagi dengan kami.

    1. GarawangsaKomputer
      GarawangsaKomputer March 22, 2013 at 7:25 am | | Reply

      sahabat muslimku :)

      curhatkan smua ke ALLAH SWT berdoalah utk kebaikan mamah tercinta
      tanda bakti anak ke ortu.

      Ikuti riyadoh 40hari saran ustd Yusuf Mansur dan rasakan KEAJAIBAN dari Yang Maha Kuasa

      :)

      1. aku..
        aku.. March 26, 2013 at 8:22 am | | Reply

        “40hari saran ustd Yusuf Mansur” saran apa?

  17. GarawangsaKomputer
    GarawangsaKomputer March 22, 2013 at 7:17 am | | Reply

    Yaa Robbi

    mohon ampuni almarhum ayahku, keluargaku dan smua muslimin + muslimat sejagat raya.

    Aamiin

  18. pratiwi utami
    pratiwi utami March 27, 2013 at 10:05 am | | Reply

    insyaalloh saya istiqomah mendo’akan bapak…bapak slalu menjadi inspirasi dalam mendidik putra putrinya…bukan hanya sebagai orangtua tapi juga kawan curhat stiap ad masalah…saya akan berusaha menjadi orangtua yg bisa menjadi pengayom & kawan setia buat anak2….meski anak2 tidak merasakan arti sbuah pelukan ayah tak apa…masih ada kasih dan do’a buat kalian ber-5

  19. mochammad hanafi
    mochammad hanafi March 28, 2013 at 8:56 am | | Reply

    alhamdulillah ana tdk lupa untuk mendoakan almarhum (Allahu ya arham) orang tua kami,cuma ana memang kurang silaturahmi ke keluarga & sahabat beliau (karna faktor jarak ),mudah2an Allah selalu melindungi kita smua,amin

  20. Santi
    Santi April 1, 2013 at 10:24 am | | Reply

    Mohon doanya untuk Almarhumah Bundaku tersayang yang 3 minggu lalu meninggal. Ibu dan saya selalu nonton acara Ust. Yusuf Mansyur (Chatting with YM), saya sudah berkeluarga dan rutin mengunjungi orang tua setiap hari jumat, Ibu selalu masak spesial setiap saya dan suami datang. Kami selalu berdoa bersama didalam acara tersebut. Sebelum Ibu meninggal,beliau bertanya kenapa acara Ust. Yusuf Mansyur sudah tidak ada dan saya tidak dapat menjelaskan kepada Ibu kenapa acara itu sudah tidak ada karena saya memang sudah cari dan belum ada jawabannya. Saya sangat dekat dengan Ibu dan benar-benar kehilangan karena beliau hanya 8 jam di RS karena serangan jantung. Ibu suka sekali acara mamah Dede dan Ust. Yusuf Mansyur. Pak Ustad mohon doanya untuk Almarhumah Ibu dan kami sekeluarga agar diberi kekuatan, kesabaran dan keikhlasan menerima ketetapan Allah SWT. Amin Ya Rab.

  21. Tak berbatas pada umur orang tua |
    Tak berbatas pada umur orang tua | April 2, 2013 at 7:38 am |

    [...] Source : http://yusufmansur.com [...]

  22. suhendang ar razak
    suhendang ar razak April 8, 2013 at 9:18 am | | Reply

    pak ustadz Yusuf Mansyur yang terhormat,

    Mohon doanya untuk istri saya, Siti Marfuah binti H.Saadih yang insyaallah di akhir juni ini akan melahirkan.
    Mudah – mudahan di berikan kemudahan dan kelancaran dalam melahirkan,
    Dan dapat melahirkan secara normal, serta diberikan anak yg tahfidz Alquran.
    Aamiin……………….
    Mohon doanya pak ustadz.

  23. Agus Mahrudin
    Agus Mahrudin April 17, 2013 at 8:35 pm | | Reply

    Subhanallahiladzim, bener banget ustaj, saya mohon untuk ustaj dan para santri dan siapa saja yg membaca tulisan ini sudi kiranya membacakan surah Alfateha dengan keikhlasannya untuk kesembuhan Ibu kami “Ny. Saanah Bt H. Muhammad” yang sedang sakit keras sampai saat ini dan sudah berusaha berobat kemana saja namun Allah belum memberikan kesembuhan, dan kami pada saat ini gak tau gimana lagi cari biaya untuk kerumah sakit….zajakumullaokhaironkasiron

  24. Tak terbatas Pada Umur Orangtua | LEMBAGA H. SOEKASPAN HADI

    [...] dikutip dari yusufmansur.com [...]

  25. aishafrillpaix'x
    aishafrillpaix'x April 21, 2013 at 12:19 am | | Reply

    ya allah ampunilah dosa dosaku kpada orang tuaku.ya allah berilah kesehatan jasmani dan rohani buat ibuku ..dan trimalah arwah bpaku d sisimu..yang sudah mndahului ibu ..

  26. Adi Darmansyah
    Adi Darmansyah May 14, 2013 at 8:11 am | | Reply

    Ya Allah. ampunilah smua dosa”ku,&dosa”kedua ortuaku.tmptkanlah beliau disisiMu,SurgaMu yaAllah.aamiin

  27. iman
    iman June 30, 2013 at 2:16 am | | Reply

    Subhanallah.
    Bisa jadi nasehat yg baik

  28. kaka
    kaka July 25, 2013 at 1:23 am | | Reply

    Assalamualaikum ustad,

    Ustad, suami saya itu single parent, sejak kecil hidup dgn ibunya saja. Saya tau kalau ayah dan ibunya bercerai, tapi hingga skr suami saya sangat membenci ayahnya dan tidak pernah memberitahu keberadaan ayahnya,bahkan dibilang ayahnya mati dimakan binatang. sodara2 kandungnya jg membenci ayahnya yg sdh menikah dgn wanita lain. Apakah hukumnya bagi ibu yg sudah menjauhkan dan mendoktrin anak2nya dgn memutus hubungan ayah dan anak?

  29. Renungan Orang Tua
    Renungan Orang Tua August 23, 2013 at 3:04 pm | | Reply

    astagfirullah…. terharu….

    ampuni dosa orang tua hambamu ini ya Allah…

    ijin share ustad…

  30. Nandang
    Nandang August 26, 2013 at 4:50 pm | | Reply

    Asalamualaikum ustad

    Semasa bapak saya hidup saya sering menyakiti perasaanya
    Kini setelah beliau wafat saya sangat menyesal telah berbuat durhaka kepada bapak saya,
    Pertanyaan saya, Apakah dosa-dosa saya dapat diampuni Allah?
    dan bagaimana cara saya berbakti pada orang tua saya yang telah meninggal?
    Mohon jawabanya Ustad
    Wasalamualaikum

  31. Aqidatul I.T.
    Aqidatul I.T. January 22, 2014 at 10:21 pm | | Reply

    Astaghfirulloh..
    MasyaAllah.. selalau pengen nangis kalau inget sama orang tua.

  32. welly agustin
    welly agustin February 14, 2014 at 8:11 am | | Reply

    Assalaamu ‘alaikum ustad

    Saya mau konsultasi nih …..
    Permasalahan saya ada hubungannya dengan orang tua, boleh minta pin BB or emailnya ustad ga??

  33. Les Privat Jakarta
    Les Privat Jakarta July 24, 2014 at 7:53 am | | Reply

    subhanallah ustad terima kasih pencerahannya jadi teringat almarhumah nenek

  34. Les Privat
    Les Privat July 24, 2014 at 7:54 am | | Reply

    Bagi anda yang membutuhkan jasa les privat di area Jakarta, kunjungi website http://lesprivatsmp.net

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like