UNS Akomodasi Mahasiswanya Jadi Hafizh Hafizhah

  Al Qur'an

 

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi siswa penghafal Al Qur’an yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut. Kemudahan ini juga bisa dirasakan oleh peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Khusus di UNS, kami mempertimbangkan dan memberi nilai tambah bagi penghafal Al Qur’an, baik itu 10 juz hingga 30 juz,” ujar staf Pembantu Rektor I UNS, Aas Rohmat di Jakarta, Senin (16/2).

Khusus untuk Fakultas Kedokteran, maka calon mahasiswa yang bisa menghafal 30 juz akan mendapat nilai tambah. Menurut Aas, kebijakan ini bukanlah kewajiban.

“Pihak universitas beralasan karena menghafal Al Qur’an tidak mudah, apalagi sampai 30 juz. Jadi siswa penghafal Alquran, mempunyai kecerdasan dan nilai akademik yang bagus,” imbuhnya.

Meskipun demikian, kata Aas, penghafal Al Qur’an juga harus memiliki nilai bagus sesuai persyaratan SNMPTN. “Jadi harus ada bukti kalau anak tersebut memang penghafal Al Qur’an, bisa dengan surat maupun tes langsung,” kata Aas.

Aas menjelaskan, pemberian nilai tambah bagi penghafal Al Qur’an tersebut, sudah dilakukan sejak 2012. Pada 2014, UNS menerima lima penghafal Al Qur’an dan indeks prestasi mereka saat ini memuaskan.

Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan sejak 2012, sudah diterima 6 orang penghafal Al Qur’an. Tiga orang diantaranya sudah berhasil menghafal 30 Juz, dan selebihnya minimal 15. Masing-masing mereka berada di Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Kini, ada 24 mahasiswa yang khatam 30 juz, tersebar di berbagai fakultas MIPA, Teknik, Pertanian, Kedokteran, Sastra, Seni Rupa, Fisip dan lain-lain,” tambah Rektor UNS

Selain hafal Al Qur’an, ternyata rata-rata IPK mereka 3,3. Bahkan ada yang mencapai 3,73 ini yang paling tinggi di UNS. Padahal di UNS, IPK 3,51 sudah dinilai cumlaude. Subhanallah, Walhamdulillah, Wa laa ilaaha illallah, Wallahu akbar

(Sumber berita: http://news.okezone.com,  http://radiosilaturahim.com)

(Sumber image: http://data.whicdn.com)

 

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. refillatul berkata:

    subhanallah…semoga anak anak ku..menjadi hafiz dan hafizah dan bisa kuliah univ faporit…doain ya ustaad…

  2. Paytren Kuningan berkata:

    Subhanallah….semoga bisa diikuti oleh Universitas lainnya.

  3. marwandi berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    SEMANGAT PAGI

    Ini bisnis DAHSYAT loh!!!

    Mau tau kenapa PAYTREN BISNIS YG DAHSYAT DAN KEREN DAN NGETREN????!!!

    Simak baik2 ya dan cermati.

    Klik http://www.bestpaytren.com/marwandi

    Mau bayar tagihan ini itu, biaya administrasinya balik lagi ke kita, coba lewat bank, biaya admin utk siapa??? Buat bank khan??!! Ayo,,untung mana???

    Isi pulsa ke orang, pasti bukan pas harga pulsa,ada lebihnya, coba isi sendiri tentu dapat harga agen. Klo hal itu dilakukan berbulan2 dan bertahun2 gmn ya? Sebulan brp kali isi pulsa trus kalikan deh untung mana coba? Jd agen /isi sendiri atau sama org lain??

    Trus yg hebatnya lagi diPAYTREN, semua transaksi yg kita lakukan, bayar ini itu dapat CASHBACK alias BONUS dari perusahaan dan sudah dihitung bersedekah. WOW, keren kan??!

    Mau tau hebatnya lagi hanya dengan modal yg sangat terjangkau, modal 350rb udah bisa join..
    Anda bisa mendapatkan penghasilan /minggu

    Pendirinya ust. Yusuf Mansur, pada kenal beliau kan, perhitungannya sesuai syariat Islam dan tiap transaksi bernilai sedekah, krn 100% keuntungan disedekahkan..

    So, tunggu apalagi, jgn banyak mikir,, karna diluar sana ribuan bahkan jutaan ngantri mau daftar paytren…

    Makin cepat anda join, semakin cepat nikmati KEMUDAHAN, MANFAAT DAN KEUNTUNGANNYA.
    Karena kami sudah menyiapkan panduan2 facebook marketingnya.

    Info pendaftaran inbok
    WhatsApp/Telegram 089637111991
    Bbm 56A5707F

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: