• home ym com


Wirda: Mengajar Al Quran di Negeri Paman Sam

 

wirda

 

Wirda Salamah Ulya, putri dari Ustadz Yusuf Mansur berkesempatan di wawancarai oleh VOA Indonesia. Wirda yang menetap di negara bagian Marryland ini sudah dua bulan tinggal di Amerika. Ia berada di Amerika dalam rangka belajar bahasa Inggris dan turut membantu mengajar Al Quran di madrasah daerah setempat.

Wirda mengaku tidak hanya mengajar murid yang berasal dari Indonesia. “Ada yang bukan dari Indonesia, tapi rata-rata orang Indonesia. Ada juga orang Indonesia yang lahir di sini.” ungkapnya.

Hal yang menjadi tantangan tersendiri adalah ia harus mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris. “Ini pertama kalinya ngajar pakai bahasa Inggris. Kendalanya, kadang muridnya ngomong, akunya gak ngerti atau sebaliknya, aku yang ngomong, muridnya gak ngerti. Akhirnya kita pakai bahasa tubuh karena sama-sama gak ngerti.”

Namun, Wirda tetap bersyukur menjalani ini proses balajar mengajar ini. “Alhamdulillah.. Aku kan juga nerima setoran mereka, hafalan mereka, terus nanti kalau ada yang salah baca, aku perbaiki.. Walau ilmu aku masih sedikit, tapi alhamdulillah bisa bantu..”

Bagi Wirda, mengajar Al Quran adalah salah satu pengalaman terbaik seumur hidup lah. “Ngajar Quran di Amerika.. MasyaaAllah..”

Sebelumnya, anak sulung dari lima bersaudara ini sudah datang ke Amerika untuk jalan-jalan. Namun, ada perbedaan yang ia rasakan sebelum dan setelah menetap di Amerika. “Awalnya, suka ada perasaan takut bakal didiskriminasi karena aku pake jilbab. Tapi alhamdulillah ternyata nggak. Beda banget sama yang selama ini aku lihat di berita. Orang di sini fine-fine aja aku pake jilbab. Semacam terserah gitu.”

Rencananya, Wirda akan stay di Amerika hingga Maret 2016. “Aku ngga ada rencana untuk lebih lama tinggal di sini. Aku emang gak mau lama-lama bekembang di negara orang. Nanti yang maju malah negara orang. Terus Indonesia siapa yang majuin? Tujuan tinggal di suatu tempat adalah untuk belajar, meresapi, kemudian mengamalkan ilmunya di Indonesia. Kalau begini kan Indonesia bisa bersaing sama Amerika.”

Selepas kepergiannya dari Amerika kelak, gadis berusia 16 tahun ini ingin membagikan pengalamannya selama tinggal di negeri Paman Sam ini kepada para remaja Indonesia. “Persepsi remaja muslim Indonesia terhadap Amerika itu masih kurang baik, kayak misalnya ada yang nanya, ‘Kenapa sih, Wir, milih Amerika sebagai tempat belajar? Bukannya Amerika kesel banget sama muslim?’ Aku akan menjelaskan kepada mereka bahwa gak semua orang amerika kayak gitu. Yang kita lihat di media itu beda sama kehidupan asli.”

Terakhir, Wirda berharap agar para temannya sesama muslim di Amerika tetap dekat dengan Al Quran. “Aku juga masih belajar cara mendekatkan diri sama Quran. Aku pengen ngajarin remaja-remaja di sini untuk lebih dekat lagi sama Qurannya. Apalagi mereka tinggal di Amerika. Jangan sampailah agama dipengaruhi oleh budaya yang kurang baik.”

 

You may also like...

3 Responses

  1. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur.
    Info klik http://goo.gl/Z2vdi7
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  2. MARI KITA BANTU….
    INSYA ALLAH AKAN MEMETIK HASILNYA…

    Berkah bisnisnya, Berkah hidupnya bersama ust Yusuf Mansur… ({})

    Dapatkan Penghasilan rutin seumur hidup…!(Ya…! Seumur hidup, bahkan bisa diwariskan ke anak cucu kita). Dengan hanya Mengalihkan transaksi rutin bulanan kita melalui Aplikasi pembayaran Paytren, serta mempaytrenkan orang2 disekitar kita.

    Hampir setiap orang pasti memiliki pengeluaran rutin yg Terus Berulang seumur hidup, seperti utk pembelian pulsa, token, bayar listrik, BPJS, bayar PAM, beli Tiket KA/pesawat, bayar cicilan kendaraan/elektronik dan lain2…

    Selain mendapatkan penghasilan rutin, dengan mengalihkan semua transaksi rutin kita ke Aplikasi Paytren, kita juga mendapatkan kemudahan, efisiensi, kenyamanan, dan keamanan dlam tiap transaksi. Krna kita Tidak perlu keluar rumah/ruangan, apa lagi antri dikonter atau loket pembayaran utk membeli pulsa, token, tiket atau yg lainnya. ({})

    Langsung aja Download dan instal aplikasinya di Link goo.gl/c79t6o Setelah instal klik Daftar, lalu isi data diri sesuai yg diminta, dan untuk pengisian serial number Hubungi Saya…

    Dan utk Info lebih lengkap klik http://goo.gl/Vm3yqT
    Bisa juga SMS/WA ke 081548612603, PIN BB: 529D1E06.
    Tersedia juga Grup WA bagi yg ingin belajar lebih banyak tentang PayTren. GRATIS…!

    Salam penuh barokah utk kita semua… smile emotikon

  3. andy says:

    saran dan masukan buat anaknya istad yusuf mansur, wirda, mungkin sebaiknya poto yg di instagram nya yg di manyungin itu didelete aja ya, jgn ikut ikutan sm ank lain, selfie selfie g jelas, mulailah jd wanita yg tumbuh jd contoh sm ank ank yg lain,, klo foto nya di save sm akhwat kt bgmn dong, kan ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.