Yusuf Mansur

Wisuda Kampung Menuju Wisuda Akbar

 

Bagi santri-santri yang ingin belajar bahasa Arab di Sudan, kesempatannya kini telah terbuka.

‘’Insya Allah, santri-santri kita ini bisa melanjutkan pendidikan ke Sudan untuk mempelajari Bahasa Arab yang masih murni di sana,’’ kata Ustadz Ahmad Jameel dalam taushiyah pada tasyakuran wisuda santri Rumah Tahfidz Al Azmi di Bogor, Jumat (20/11) malam.

Ketua Daarul Qur’an itu menambahkan, pihaknya sudah membuat kerjasama beasiswa dengan tiga universitas negeri di Sudan. Dengan perjanjian ini, para santri tahifdz binaan dan mitra Daarul Qur’an yang memenuhi syarat, berpeluang untuk kuliah di Sudan secara cuma-cuma.

Kabar gembira ini disambut senang para santri Rumah Tahfidz Al Azmi yang terletak Kampung Pondokmiri, Desa Rawakalong, Kec Gunungsindur. Misalnya Miftahul Hamdi Al Haddar (11), santri yatim putra pasangan Ny Wratineli dan (alm) Choliq. Biarpun terkenal sebagai ‘’santri ngantukan’’, Hamdi sudah menghafal 8 juz Qur’an dengan lumayan baik.

Hamdi dan kawan-kawan pekan lalu baru saja merampungkan Ujian Komprehensif Kwartal V. Dalam tes hafalan dan bacaan yang diselenggarakan setiap 9 bulan ini, setiap santri Al Azmi harus melafalkan seluruh hafalannya di hadapan penguji dan kedua orangtua masing-masing.

Hasilnya, untuk tahun ini, santri terbaik adalah Nia Fitriana (14). Putri dari pasangan Dilit-Tamih ini hafal 14 juz. Ia mendapat hadiah bingkisan dan piala bergilir Al Azmi.

Santri terbaik berikutnya berturut-turut adalah: Satria Bilal Ramadhan (15) putra Rahmat Hidayat-Iriyanti, Renisa Mahasti (16) putri pasangan Udin-Suhartini, Elsa Berliani (14) putri pasangan Tukijo-Hariyani, dan Syauqi Rifqi Al Afghan (19) anak dari Nadi Firdaus-Handayani.

Ustadz Muslihan Bashri, pembimbing Rumah Tahfidz Al Azmi, mengatakan, wisuda kwartalan tingkat kampung ini juga dalam rangka persiapan menuju Wisuda Akbar 6.

‘’Kami sedang mempersiapkan para santri untuk mengikuti Wisuda Akbar 6 untuk hafalan Surat Al Baqarah ayat 101-157, As Shaff, dan Surat Al Qaf,’’ tutur Ustadz Muslihan, mahasiswa S-2 yang sudah hafal 30 juz Qur’an.

Wisuda Akbar 6 digelar Ahad ini, 22 November, serentak di lima provinsi di Tanah Air. Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya di Masjid Istiqlal, Jawa Timur di Masjid Agung An Nuur Kota Pare Kediri, DI Yogyakarta di Masjid Kampus UGM, Sumatera Selatan di Masjid Raya Taqwa Palembang, dan Sulawesi Selatan di Masjid Al Markaz Makassar.

Muhammad Zuzali, Ketua Panitia Wisuda Akbar 6, mengatakan, acara ini diperkirakan bakal diikuti sekitar 200.000 peserta. Mereka berasal dari pesantren, rumah tahfidz, TPQ, madrasah, dan masyarakat umum di 5 kota dan sekitarnya.

Mengikuti Wisuda Akbar 6 di Masjid Istiqlal Jakarta, juga merupakan ajang refreshing bagi para santri Al Azmi. ‘’Asyik, kita jalan-jalan. Pingin naik ke tugu Monas nih,’’ kata Aldo, santri kelas 1 SMA Al Amanah Tangsel.

sumber news: http://www.wisudaakbar.com/

sumber image: http://www.suara-islam.com/

 

Exit mobile version