• home ym com


Yuk, Belajar Bahasa Dunia

271014- 9.jpg

Satu hari belajar satu kosakata bahasa Arab. Supaya bisa bahasa Qur’an. Bahasa surga. ODOA untuk Qur’an kan udah. Sekarang, One Day One Arabic.

Semua bahasa bakalan musnah. Ga kepake. Kapan? Saat masuk alam kubur. Apalagi di akhirat sana. Satu-satunya, ya bahasa Arab.

Maka nggak ada salahnya dan bakal banyak manfaatnya jika kawan-kawan, dengan latar belakang apapun, berkenan belajar bahasa Arab. Satu hari satu kosakata per kalimat. Cukup.

The Newest - 24102014

Ucapkan misalnya: Terima kasih. Tapi tambahin, “Terima kasih. Syukron. Jazaakumuwllooh.” Syukran = Terima kasih. Dalam arti yang lebih dalam lagi.

Jazaakumuwllooh = semoga Allah membalas kamu. Ahsanal jazaa=dengan balasan yang lebih baik.

Ucapkan, “Bye... Ma’assalaamah.” Ma’assalaamah = Semoga selamat, menyenangkan, ga ada masalah apa-apa. Keren kan bahasa Arab itu? Kerener.

Good Morning. Shobaahus Suruur. Pagi yang menyenangkan.” Banyak ungkapan dalam bahasa Arab yang juga mengandung doa2dankebaikan.

“Apa kabar? Kef haalukum? Bagaimana keadaan kamu? Alhamdulillaah?” Jawabnya, “Bikheir, shih-hah wa ‘aafiyah. Alhamdulillaah.”

Bikheir = Baik. Tapi baik yang bermakna lahir batin. Shih-hah wa ‘aafiyah. Sehat yang enak dibawa taat dan ibadah.

271014- 17.jpg

InsyaaAllah saya bantu kawan-kawan untuk bisa ngakrabin bahasa Arab sehari-hari. Dan siapa aja yang bisa bantu yang lain, bantu ya. Bahasa Qur’an, bahasa surga.

Ucapin, “Morning all…”. Gapapa. Tapi tambahin, “Morning all… Pagi. Assalaamu’alaikum warohmatuwlloohi wabarokaatuh.” Dobel-dobel kerennya dah.

One Day One English. Ok. One Day One Caina. Ok. One Day One Arabic. One Day One Bahasa Dunia dah. It’s Kerenest. Paling keren. Mumtaaz.

2019 mudah-mudahan kita-kita dah bisa minimal 7 bahasa. Aamiin. Satu hari satu percakapan, maka satu 365 percakapan. Lima tahun? Wuih… 1825 percakapan.

Slow but sure. Mahlan mahlan. Laakin, ‘ajiib

Slide10

Ucapkan ini ke istri. “Uhibbuki, Yaa Nuuro Qolbii… Saya cinta Kamu, Duhai Cahaya Hatiku.” Sambil ngasih 10 juta. Dijamin istri senyum lebar.

Pelajari bahasa dunia. InsyaaAllah suatu saat bahasa itu dengan izin Allah membawamu ke tempat asalnya. Siapa tau dengan belajar bahasa Qur’an, yakni bahasa Arab, bisa membawamu ke surga. Asal dengan niat ikhlas. Pengen nuntut ilmu karena Allah.

Jangan berpikir kayak the loser ya. Ga demen saya. Dan diskusi ini jgn dibawa ke diskusi negatif. Be positif.

Jangan sampe ada kalimat, “Emangnya kalo bisa bahasa Arab pasti bisa masuk surga?” He he he. Ga begitu. Tapi mempermudah, insyaaAllah iya.

Lagian belajar bahasa lain, insyaaAllah menyenangkan kok. Once, marroh, suatu saat, ketemu orang, dari negeri asal tuh bahasa, wuih… Seneng.

Kalo orang saleh, bertaqwa, masuk kubur, sedangkan dia ga bisa bahasa Arab, gimana? Menurut saya, kejauhan nanyanya.

Let’s talk. Hayya natakallam. That’s all. Haakadzaa. Mulai aja. Start it. Ibda-‘ faqod. ziyaadah insyaaAllah kulla yaum. Bakal nambah tiap hari.

Yusuf Mansur

 

Jangan bawa ke diskusi yang aneh-aneh. Segaris. Senafas. Supaya frekuensinya positif. Okkay? Akiid? Muwaafiq? Agree? Setuju? Sepuluh, he he he.

Kecup keningnya suami… dankatakan… “Habiibiie… ghodan shoum ‘asyuuroo… muwaafiq…? Kekasihku… besok kita puasa asyuro yuk?”

Suami jawab, “Habiibatii… insyaaAllah ana ma’aki filjannah… kekasihku… kalo begitu, aku akan bersamamu di surga…”

Washoltu fi baitii… I have already nyampe-ed at home. Syukron li jamii’i followerii… Makasih buat follower-ku. Follower, followerii, hehehe.

Yang penting dirememberi, yang penting diinget, ketika berbahasa Inggris, Arab, bahasa Indonesia tetap harus dipake. Sebab kita ini orang Indonesia.

Bila ada yang baik dari saya, ambil. Silakan. Bila ada yang kurang baik, tinggal. Ga usah diambil. Saya ga bakalan kecewa. I’m the Woleser. Kalemer.

Pamit dulu. See you. Assalaamu’alaikum warohmatuwlloohi wabarokaatuh.

 

You may also like...

6 Responses

  1. Muhsin Effendi says:

    Semua bahasa bakalan musnah. Ga kepake. Kapan? Saat masuk alam kubur. Apalagi di akhirat sana. Satu-satunya, ya bahasa Arab.
    —————————————————————–
    Dasarnya apa ya? Surat berapa, ayat berapa?

  2. Ucok Akbar says:

    Aya aya wae ustadz nih. Berarti besok yang ga bisa bahasa Arab asyik donk ga dihisab karena pasti omongannya ga nyambung sama malaikat. Heehee

    Malaikat : “Maa Robbuka?”

    Bule ; “Excuse me sir?”

    Melayu ; “Apaa?”

    Betawi ; “Lu ngomong ape sih?”

    Jepang : “Arigatou..!?”

    Haaha.. bisa puyeng itu malaikat nanti kalo nemu yang ga bisa ngArab ustadz.

  3. Ucok Akbar says:

    idealnya pak Malaikat dari sekarang mesti belajar bahasa isyarat untuk mengantisipasi kasus seperti diatas nantinya ustadz. Titip salam ya..bilang ane yg nganjurin.

  4. Komar says:

    Saya juga sedang belajar bahasa Arab, Ustadz. Agar bisa selalu praktek, saya buatkan latihan interaktif di blog sendiri. Jadi, kapanpun mau belajar kosakata bahasa Arab, saya tinggal buka blog sendiri.

    Targetnya hebat banget, 7 bahasa….! Saya mah bahasa Inggris dan Arab aja dulu. Ini enggak rampung-rampung. Sebagai hiburan, saya belajar sedikit-sedikit bahasa Jepang dan Mandarin. Syukran ya ustadz.

    MQ TV شاهدتك فى التليفزيون

  5. M.RIFAI says:

    Jika kau tidak pernah bertanya,
    Kau tidak akan pernah tahu jawabannya.
    Jika kau tidak pernah meminta,
    Kau tidak akan pernah diberi.
    Jika kau tidak pernah melangkah maju,
    Kau akan selalu berada di tempat yg sama.
    Jika kau tidak pernah mengejar yang kau inginkan,
    Kau tidak akan pernah mendapatkannya.
    Jika kau tidak pernah berjuang,
    Kau tidak akan pernah berhasil.

    Mulai dr sekarang,,👇
    KENALI PAYTREN
    GUNAKAN PAYTREN
    BERBAGI BERSAMA PAYTREN
    Hub,
    WA. : 08980424771
    Bbm : 54CEAB64

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.